Komisi Grand Prix mengambil beberapa keputusan dalam beberapa hal, termasuk Pimpinan Balap/ Race Direction, MotoGP™ electronics & Moto2™ quickshifters.

Komisi Grand Prix  yang terdiri dari Mr. Carmelo Ezpeleta (Pimpinan Dorna), Ignacio Verneda (petinggi FIM), Herve Poncharal (IRTA) dan  Takanao Tsubouchi (MSMA) juga dihadiri oleh Vito Ippolito (Presiden FIM), Javier Alonso (Dorna) dan Mike Trimby (IRTA, sekretaris dari pertemuan), dalam sebuah rapat yang dtelah di gelar pada  4 February 2016 di Geneva, membuat beberapa keputusan sbb:

Aturan Balapan – Berlaku segera

Pimpinan Balap dan beberapa Pengurus (Race Direction and Stewards)

Komposisi dari Race Direction tidak berubah yakni tetap dengan tiga anggota Mike Webb (Race Director), Franco Uncini (FIM) and Javier Alonso (Dorna). Namun begitu disana akan ada pengangkatan baru yakni Graham Webber sebagai wakil Pemimpin Balap yang akan mewakili Pemimpin Balap disaat dia sedang sibuk.

Pimpinan Balap akan melanjutkan sebagai  penanggung jawab utama untuk tetap efektif dan efisien keselamatan selama berlangsungnya balapan. Bagaimanapun juga wewenang dari Race Direction menguasai permintaan dari sanksi dan penalti yang dibatasi oleh pelanggaran tersebut yang mana bisa menjadi benar-benar dipertimbangkan sebagai hal yang di sangkal/dibantah oleh fakta. Ini termasuk pelanggaran semisal melewati batas kecepatan di pit lane, menyalip di bawah bendera kuning, dan sebagainya.

Semua persoalan tersebut diperlukan analisa lebih lanjut dari apa yang terjadi, termasuk beberapa insiden membalap dengan berbahaya, akan di lihat ulang oleh beberapa pengurus yang akan khusus bertanggung-jawab untuk persoalan beberapa persetujuan dan penalti dalam masalah tersebut. Beberapa pengurus/Stewards juga akan bertanggung jawab untuk mendengarkan dari beberapa banding dan menerima dari beberapa protes.

Juri dari pengurus akan terdiri dari tiga anggota; Mike Webb dan dua anggota yang ditetapkan oleh FIM. Mike Webb akan bertanggung-jawab untuk ber ko-ordinasi atas kegiatan dari para pengurus/Stewards mengurus catatan catatan dan menyampaikan beberapa keputusan.

Kedepannya, beberapa persetujuan dijatuhkan oleh Race Direction atau beberapa pengurus/Stewards akan berkomunikasi kepada team yang bersangkutan dengan mengirim E-mail yang terjamin keamannya yang sendirinya/otomatis konfirmasi dari pesan tersebut telah dibaca.  Konfirmasi penalti juga akan dimunculkan pada layar catatan waktu dan di beritahukan ke media.

 

Kewajiban Promosional Bagi para Pembalap

Jumlah kewajiban dari para pembalap untuk turut berperan serta dalam aktifitas promosi, telah termuat dalam Perjanjian Keikutsertaan antara IRTA dengan team, yang sekarang juga termasuk dalam Peraturan-Peraturan Grand Prix. Begitu juga beberapa kewajiban termasuk sebuah persyaratan bagi para pembalap untuk berperan-serta pada sesi tandatangan perjanjian, konferensi pers, parade laps, dan lainnya. Jika para pembalap tidak memenuhi hal tersebut sekarang maka akan berakibat mendapatkan penalti dalam tambahan pada hukuman keuangan yang termuat dalam Perjanjian Kepersertaan/ Participation Agreements.

 

Aturan Teknis – Segera Berlaku

Kelas MotoGP – Elektronika

Prosedur yang memperbolehkan  Technical Director untuk meneliti spesifik saluran komunikasi/kanal pada internal Datalogger, berbarengan dengan daftar tepat dari kanal wajib disediakan oleh nya, telah disetujui.

Persamaan prosedur untuk sensor teredia dari pemasok pihak ketiga sebaik yang dibuat oleh pabrikan sepedamotor maka disetujui.

Kelas MotoGP – Minimal Tekanan Ban

Peraturan yang ada pada masalah ini telah diperkuat membolehkan Direktur Teknis dan staffnya, diwakili oleh teknisi dari pemasok resmi ban, untuk meneliti tekanan minimal ban telah dipatuhi.

Akhirnya, informasi seperti itu akan otomatis direkam melalui datalogger dan akan tersedia melaui downlaod oleh staff teknis. Bagaimanapun juga sebagai perlengkapan dan metode dari perekaman elektronis sebuah informasi yang masih digodok oleh staff teknis dan staff dari pemasok resmi dari ban yang sekarang tekanan ban masih resmi diperiksa setiap waktu secara manual.

 

Kelas Moto2 – Perlengkapan Quickshift

Ini sedang dalam tahap teridentifikasi bahwa gearbox tertentu mengalami malfungsi, pemasok mesin Kejuaraan yang sebagian besar yang diakibatkan oleh beberapa komponen quickshift yang dibuat oleh pemasok pihak ketiga.

Pimpinan Teknisi/Tehnical Direction dalam konsultasinya dengan Extrempo, akan menetapkan sebuah merk dan model dari pemilik produk quickshift dari pemasok pihak ketiga yang akan dikuasakan untuk kelas ini. Pelaksanaan/implementasi yang sebenarnya dari aturan ini akan dijalankan saat Pemimpin Teknis/ Teknical Director meyakinkan bahwa seluruh team telah memiliki kecukupan waktu untuk belajar dengan bahan baru.

Versi Perbaruan secara tetap dari Peraturan FIM Grand Prix yang berisi rincian teks dari perubahan aturan ini , bisa dilihat segera di http://www.fim-live.com/en/sport/regulations-and-documents/grand-prix/

Demikian tentang peraturan baru dalam MotoGP 2016, semoga bermanfaat.

sumber : http://www.motogp.com

Advertisements