Mahindra Racing unveil all-new MGP30 Moto3™

Moto3 tidak bisa dipisahkan begitu saja dari ajang balap motor dunia MotoGP, dimana Moto3 merupakan kelas paling bawah dan pastinya setiap pebalap yang ingin berlaga di motogp harus melewatinya, lalu di kelas Moto2, setelah itu baru boleh berlaga di motogp.

Adalah Mahindra Racing satu-satunya konstruktor asal India yang ikut berkompetisi di Ajang Balap Dunia MotoGP kelas Moto3. Kemarin lusa( ) Mahindraa Racing memperkenalkan motor balap baru-nya yakni MGP30 di New Delhi Auto Expo. MGP30 terbaru merupakan motor yang di -upgrade secara khusus oleh Mahindra Racing yang ditujukan untuk bertarung di garda depan kompetisi-tertinggi Kejuaraan Dunia kelas Moto3 2016.

Motor baru ini di kembangkan oleh Mahindra Racing Eropa yang berpusat di Besozzo dekat dengan Varese-Italy, yang merupakan bagian dari ‘jaringan saraf’ raksasa otomotif dan teknologi India dari pusat riset dan pengembangan yang ada diseluruh dunia.

Beralih ke 2016-spesifikasi dari MGP30 berfokus pada peningkatan akselerasi dan power delivery, top speed dan peningkatan lagi pada handling motor. Peningkatan juga pada rancangan untuk membuat motor lebih mudah bagi team dan teknisi yang bekerja dibawah tekanan akhir pekan balap MotoGP. Mesin baru, gearbox dan paket aerodynamic digabungkan menjadi beberapa perbaikan pada sasis dan komponen elektroniknya. Seluruh perubahan tersebut dikombinasikan ke dalam performa lebih besar dalam penala dalam sistem double gas buang baru  yang di pasok oleh Arrow.

Anand Mahindra, selak u petinggi Mahindra Group
berujar,” Kami gembira bahwa motor baru MGP30 2016 dari Mahindra Racing adalah menjadi debut global di Auto Expo. Sepedamotor baru ini merupakan yang pertama kali muncul dari pengembangan Mahindra Racing yang berpusat di Italia. Ini juga merupakan bukti dari tumbuh kkembangnya ketrampilan Mahindra dari performa-tinggi-kelas-dunia mesin balap. Kami juga sangat bangga membawa kembalinya Nama sepedamotor Peugot ke balap Internasional.”

Motor baru MGP30 dari Mahindra akan bergabung dengan team pabrikan Aspar denagn diperkuat pembalap muda bertalenta yakni Francesco ‘Pecco’ Bagnaia dan Jorge Martin. Tiga team-sponsor Mahindra akan terpajang di enam motor MGP30 di sisi sampingnya yakni; eam CIP, the Outox Reset Drink Team, and MTA Team Italia, dan pada pakaian kedua pembalap.
Dan yang baru pada keluarga Mahindra di MotoGP adalah team pabrikan sepedamotor Peugeot, ialah SP Racing. Yang mengesankan pada lini-depan ada Alexis Masbou and Briton John McPhee asal Perancis akan tampil dalam Kejuaraan Dunia Moto3 di dalam MGP3O-asal Peugeot.
Mufaddal Choonia, CEO dari Mahindra Racing, ” Kami memiliki dua lini-depan yang sangat kuat di lintasan 2016, kami didukung oleh teknisi kami sendiri dibawah kepala R&D Davide Borghesi, meninggikan usaha kami lebih berarti. quality control dan vendor partnershipssampai pemimpin team oleh Michele Ciappina. Sebuah ramuan dari kesinambungan talenta muda di lini-depan kami menjadikan saya percaya diri bahwa kami akan mendapatkan hasil yang bagus dari team kami. Kami optimis pada kemajuan sesi test pramusim dan akan berlanjut menjadi langkah positif dalam rencana balap sepedamotor 2016.”
Dan berikut spesifikasi teknis dari MGP30 :

Kapasitas bahan Bakar : 10 liter
Tipe Mesin : Silinder-tunggal, 249cc, DOHC, 4 tak, with finger follower valve train
Suspensi : Depan : Ohlin TTX UpsideDown Front Fork, Belakang : Ohlin TTX Shock Absorber
Rem Depan : Brembo radial kaliper dengan piringan brembo ganda
Rem Belakang : Brembo dengan piringan brembo tunggal
Ban Depan : Dunlop 95/70 R17, ukuran velg : 2.50 x 17″
Ban Belakang : Dunlop 115/70, ukuran velg : 3.50 x 17″
Sistem gas buang : SC – Project Exhaust for Mahindra
Tipe sasis : Alumunium perimeter frame with adjustable steering head and adjustable swing arm privot position

Jorge Martin- diatas MGP30
Francesco Bragnaia – diatas MGP30

Demikian sedikit ulasan mengenai MGP30 motor kompetisi di ajang balap Moto3 persembahan dari Mahindra Racing,semoga bermanfaat.

sumber ; http://www.motogp.com  & http://www.mahindraracing.com

Advertisements