Kita Tunggu Gerhana Matahari Total 2016

Yang Terjadi Ketika Gerhana Matahari Total

Enter a caption

Dalam 2 bulan  atau sekitar 57 hari mendatang yakni tanggal 9 Maret 2016, insyaALLAH akan ada fenomena alam perodik yakni Gerhana Matahari Total. Dan menariknya Gerhana Matahari Total(GMT) terjadi di Indonesia.

Sayang jika dilewatkan begitu saja bukan? sebuah fenomena yang jarang sekali terjadi. Lha terus apa sih Gerhana Matahari Itu? Gerhana Matahari terjadi tatkala bulan berada di antara matahari dan bumi, sehingga bayang-bayang bulan akan jatuh dipermukaan bumi. Daerah-daerah yang dilewati bayang-bayang tersebut akan mengalami gerhana.

GMT tanggal 9 Maret mendatang hanya Indonesia yang satu-satunya negara yang dilintasi bayangan tersebut. Namun tidak semua wilayah di Indonesia dilalui oleh bayangan tersebut hanya sekitar 10 provinsi yang sepertinya luar pulau jawa.

Dan berikut 10 provinsi yang mana ada 11 daerah yang akan dilewati oleh GMT :

Wilayah di Indonesia yang Dilintasi Gerhana Matahari Total

Menurut penjelasan dari Kepala Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) Thomas Djamaluddin, Gerhana Matahari Total terjadi ketika piringan bulan menutupi seluruh piringan matahari. Saat itu matahari terlihat gelap total karena pancaran cahaya ke bumi terhalang oleh bulan.

“Pada saat itu matahari terlihat menjadi gelap total karena piringan matahari yang bersinar terang itu tertutupi oleh bulan, maka atmosfer matahari yang disebut sebagai korona itu terlihat dengan indahnya,” ucap Thomas.

Dan yang salah kaprah /persepsi yang selama ini saya ketahui adalah akan sangat berbahaya bilamana kita melihat langsung saat terjadi gerhana matahari, bahkan mata akan mengalami kebutaan, padahal tidak. Berikut penjelasan dari bapak Thomas, “Gerhana Matahari Total menjadi istimewa karena atmosfer matahari atau korona  yang berwarna indah itu bisa dilihat dengan mata langsung, selama menggunakan kacamata pelindung ultraviolet. Sebab bila bukan saat gerhana, korona itu tidak bisa dilihat.”

“Pada saat matahari tertutup, korona atau mahkota matahari bisa terlihat dengan indah. Kalau hari-hari biasa nggak bisa dilihat karena kalah oleh cahaya matahari yang terang. Warnanya indah sekali, merah, hijau, kuning gitu,” jelas Thomas.

“Gerhana matahari tidak memancarkan radiasi yang berbeda dari pada radiasi yang ada pada matahari. Gerhana matahari total itu radiasi matahari tertutup oleh bulan tidak berbahaya sama sekali,” tambahnya.

Kepala Lapan Thomas Djamaluddin (Foto: Grandyos Zafna/detikcom)

Peristiwa fenomenal ini sudah dinanti dan diberitakan sejak 2009 lalu. Astronom Riser Fahdiran bahkan sudah menginfokan peristiwa ini saat gerhana matahari cincin melewati Indonesia 2009 lalu.

“Setelah gerhana cincin, akan terjadi gerhana matahari total pada 9 Maret 2016. Dan peristiwa ini dapat dilihat di Jakarta,” kata Riser Fahdiran, di Planetarium, Jl Cikini Raya, Jakarta, Senin (26/1/2009) lalu.

Demikian seputar Gerhana Matahari Total sebuah fenomena alam periodik, selamat menantikan yach bagi teman-teman yang berada di lintasan…!!

 

sumber : http://www.detik.com

Advertisements

10 thoughts on “Kita Tunggu Gerhana Matahari Total 2016

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s