Ini contoh kartu Jamkesda Bantul
Ini contoh kartu Jamkesda Bantul

Jamkesda benar-benar diandalkan oleh warga masyarakat kurang mampu di Bantul, lebih dari 100 pendaftar baru per-hari mengajukan bantuan dana kesehatan tingkat kabupaten ini. Bagi warga yang kurang mampu/miskin yang tidak ter-cover oleh Jaminan kesehatan Masyarakat(JAMKESMAS) ataupun JAMKESOS maka bisa memperoleh bantuan pembiayaan perawatan kesehatan dari pemerintah daerah/kabupaten yakni JAMKESDA. Untuk memperoleh bantuan dari Jamkesda syarat utamanya adalah  si pasien telah masuk ke rumah sakit dan mendapatkan perawatan/opname, untuk proses dan cara pengurusan bisa anda baca klik disini.

Selanjutnya selang waktu 1 tahun, si pasien yang telah tercatat di Jamkesda dan memperoleh bantuan pembiayaan perawatan kesehatannya maka akan mendapatkan Kartu JAMKESDA. dan bukan hanya si pasien saja yang terdaftar namun seluruh anggota keluarga dalam 1 KK juga akan mendapatkan kartu Jamkesda.

Setelah tahun berganti yakni tahun 2016 ini, dimana kartu Jamkesda bisa digunakan untuk pemeriksaan kesehatan si pasien pemegang kartu di seluruh Puskesmas se kabupaten Bantul, pelayanan Rumah Sakit, maka perlu di lakukan Verifikasi tahun 2016.   Jadi bagi pemegang kartu Jamkesda Periode 2014, saat pemeriksaan di Puskesmas pasti akan di suruh untuk melakukan verifikasi atau pembuktian ulang di Kantor Jamkesda Bantul. Juga yang belum diberi kartu, yang masih berupa berkas maupun lembaran kertas porto folio.

Syarat verifikasi kartu Jamkesda cukuplah mudah yakni fotocopy Kartu Keluarga serta menyertakan Kartu Jamkesda asli, namun dikarenakan keterbatasan petugas atau karena banyaknya pemohon baru Jamkesda , maka verifikasi Kartu Jamkesda 2016 di Bantul diproiritaskan/diutamakan yang sakit terlebih dahulu. Dijelaskan  oleh petugas bahwa seperti halnya penerimaan Kartu Jamkesda terdahulu, maka kartu baru  verifikasi tahun 2016 juga akan dibagikan melalui birokrasi pemerintah yakni melalui kepala dusun masing-masing, jadi bila sekiranya tidak segera digunakan warga masyarakat  bisa menunggu. Namun bila sekiranya dibutuhkan ya bisa  dilakukan lain waktu verifikasi kartu yang lainnya.

Dan perlunya kesabaran dalam proses verifikasi ini, untuk ketelitian, maka saat verifikasi di butuhkan waktu sekitar 10menit, jadi tinggal kita mengkalikan dengan nomor urut kita.

 

 

Advertisements