Puskesmas Jetis II Bantul
Puskesmas Jetis II Bantul

Siapa sih yang ingin sakit? Pastinya kita tidak meginginkannya bukan? Namun begitu, nanaya juga manusia biasa  kita juga tak bisa lepas dari sakit, dengan begitu kita perlu perawatan sewaktu kita sakit. Dan tempat yang resmi dan murah serta mudah di jangkau oleh masyarakat umum adalah Puskesmas. Dimana Puskesmas setidaknya ada di setiap 1 wilayah kecamatan serta ada 1Puskesmas  pembantu. Jadi dalam ruang lingkup 1 kecamatan ada 2 Puskesmas. Dengan begitu pastinya lebih bisa menampung warga masyarakat.

Pada kesempatan ini  saya akan menceritakan sebuah Puskesmas di wilyah Bantul sisi Tenggara Yakni Puskesmas Jetis II Bantul. Puskesmas ini berada di wilayah dusun Girselo Desa Patalan Kecamatan Jetis Kabupaten Bantul. Berada tepat dibelakang gedung serba guna Graha Purba Buana Patalan Jl. Parangtritis Km 15.

Puskesmas Jetis II membawahi atau melayani 2 desa yaitu Desa Patalan dan Desa Canden. Dimana Desa Patalan terdiri dari 20 Pedukuhan dan 89 RT dengan jumlah rumah 2.884, sedangkan Desa Canden terdiri dari 15 pedukuhan dan 76 RT dengan jumlah rumah 2.243, sedangkan luas wilayah : 11,01 Km/2. (sumber akun Puskesmas Jetis II)

Namun begitu karena secara geografis letak Puskesmas ini berada di wilayah perbatasan antar kecamatan yakni dengan kecamatan Bambanglipuro, maka bagi warga dari selain dari dua desa tersebut juga akan dilayani.

Termasuk saya yang mengantar kerabat juga mertua yang sebenarnya masuk di wilayah Bambanglipuro, dikarenakan terlalu jauh jika ingin ke Puskesmas Bambanglipuro, maka saya pindah ke Puskesmas Jetis II ini, bukan karena paksaan atau apa hanya memilih yang lebih dekat.

Ada beberapa kemajuan yang saya rasakan saat berkunjung ke Puskesmas ini, menyangkut pelayanan yang saya maksudkan. Ya boleh di bilang sesuai slogan atau motto mereka yakni ” MELAYANI DENGAN SEPENUH HATI “, mulai dari pendaftaran, pemeriksaan kasir, dan loket obat, serta parkir.

Saat pendaftaran di Puskesmas Jetis II, kita akan di tuliskan oleh petugasnya, untuk pengisian formulir pendaftarannya, lalu kita menunggu yang disediakan cukup temapt duduk yang banyak, adanya kipas angin penghilang rasa gerah, ada tv (sepertinya malah tv kabel) sebagai hiburan serta ada jaringan wifi/hotspot gratisnya juga (password bisa minta ke bagian pendaftaran),  jadi kita bisa berinternetan ria disaat menunggu panggilan periksa.

Saat pemeriksaan pun di tanyakan dengan ramah oleh para Dokter yang bertugas, lalu kita ke bagian kasir, juga dilayani dengan baik dan cepat.

Selanjutnya kita ke bagian loket obat, nah ini memang kita kudu sabar, karena bagian ini memanglah butuh ketelitian keseriusan, dan sebenarnya juga tidak terlalu lama sih.

Dan akhirnya kita bisa pulang setelah mendapatan obat, dan membayar parkiran sebesar seribu rupiah.

Untuk tampilan Puskesmas Jetis II bisa dibilang bagus, bersih, dan nyaman. Ditambah ada jaringan internet yang gratis, serta tambahan hiasan tanaman hidup yang kecil di setiap meja meja pelayanan menjadikan menambah asri. Jadi kita bisa merasa senang berada disana, bgi yang sakit tetunya bisa sedkit mengurangi rasa sakit mereka.

Itulah cerita saya sewaktu mengantar periksa kerabat ke puskesmas Jetis II Bantul, dan bukan hanya sekali dua kali namun saya terbilang sering mengantar kan periksa ke Puskesmas ini.

Sekian dan semoga bermanfaat.

Puskesmas Jetis II Bantul
Puskesmas Jetis II Bantul

 

 

Advertisements