Arti Dari WSBK (World Superbike Championship)

Banyak gelaran kejuaraan balap motor kelas dunia, salah satunya ialah  kejuaraan superbike (SBK) atau sekarang disebut dengan World Superbike Championship(WSBK). Dan World Superbike (WSBK) adalah kejuaraan balap motor menggunakan motor-motor produksi massal yang dijual dipasaran. Bila dibandingkan dengan model standard, motor yang berlaga di WSBK diperbolehkan untuk bagian-bagian tertentu dimodifikasi: Engine management, knalpot, suspensi, rem dan beberapa bagian mesin. Untuk berat motornya harus minimum 168kg, dengan kapasitas berkisar antara 750cc dan 1200cc, tergantung dari jumlah silinder pada mesinnya. Sejak pembatasan modifikasi teknikal diperkenalkan pada 2015, kini untuk memodifikasi motor lebih dibatasi dibanding tahun-tahun sebelumnya.

WSBK yang kini bernama lengkap Motul FIM Superbike World Championship yang sejak 2013 diorganisasi dan dipromosikan oleh DORNA ini, dibagi dalam beragam kelas untuk mendorong persaingan sengit dari beragam pilihan produsen dan pengendara dari berbagai kelompok usia. Usia minimum untuk berpartisipasi pada kelas Superbike adalah 18 tahun.

Keseluruhan konsep dari WSBK tidaklah berubah semenjak digelar pada tahun 1988: kompetisi balap motor menggunakan motor-motor produksi massal yang dijual dipasaran. Tim Kawasaki Racing menggunakan motor Kawasaki Ninja ZX-10R.

Tom Sykes

sumber : Kawasaki Indonesia at http://kawasaki-motor.co.id/read/world-superbike-championship-wsbk

Advertisements

2 thoughts on “Arti Dari WSBK (World Superbike Championship)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s