Ilustrasi -
Ilustrasi –

Pesan singkat ya memang dibuat sesingkat mungkin, dengan dalih hemat tenaga dan bisa cepat bisa digunakan dalam dunia percakapan internet atau istilah bahasa Internasionalnya (bahasa Inggris) “Chatting”.  Ialah sebuah Akronim , yakni kependekan yang berupa gabungan huruf atau suku kata, atau bagian lain yang ditulis dan dilafalkan sebagai kata yang wajar, Semisal #LOL, #FYI, #IMHO, #CMIIW dsb-dsb. Ya seperti itu akronim yang saya maksudkan, yang sering kita jumpai didunia chatting via facebook-lah, BBM-lah Whatsapp-lah dan yang lainnya. Namun begitu tidak menutup kemungkinan para penulis/blogger juga sering mempergunakan akronim tersebut. Terkadang saya juga bingung apa sih kepanjangannya yang mana kebanyakan memanglah akronim berbahasa Inggris.
Nah untuk lebih mengetahui istilah-istilah/akronim dalam dunia maya mari kita simak bersama-saya beberapa akronim dibawah ini :

1. Afgan
Istilah afgan kerap kali ditemukan dalam situs jual beli atau dalam transaksi jual beli secara online. Istilah ini merujuk pada lagu penyanyi Afgan yang berjudul sadis. Istilah afgan kemudian kerap kali dipertukarkan dengan kata sadis. Misalnya, harga nego no afgan yang artinya boleh ditawar asal penawarannya jangan sadis.

2. #Eeeaaaa
Istilah ini banyak ditemukan di timeline media sosial. Biasanya untuk merespon status-status gombal. Istilah ini merujuk pada teriakan-teriakan yang kerap kali muncul dalam acara talk show yang dipandu Tukul Arwana.

3. Hoax
Istilah hoax merujuk pada berita palsu atau kabar yang tidak benar.

4. PM
Ini merupakan singkatan dari Private Message atau pengiriman pesan secara pribadi. Biasanya digunakan untuk berkirim pesan yang tak ingin diketahui banyak orang. Istilah ini juga banyak ditemukan di situs jual beli. Misalnya, harga nego PM langsung. Sementara di twitter, biasanya menggunakan istilah DM atau direct message. Ini merupakan dua istilah yang maknanya sama.

5. #LOL
Laugh out Loud biasanya disingkat LOL dengan atau tanpa hashtag. Artinya tertawa terbahak-bahak

6. #ROTFL
Ini hampir sama dengan LOL hanya saja untuk mengungkapkan hal yang lebih lucu dibandingkan LOL. Ini merupakan singkatan dari Rolling on the Floor Laughing, atau tertawa terbahak-bahak sampai ‘guling-guling’.

7. #OOTD
Istilah ini biasanya digunakan bersamaan dengan unggahan foto pakaian yang sedang dipakai. OOTD ini merupakan singkatan dari Outfit of The Day.

8. #ASAP
Istilah ini merupakan singkatan dari As Soon As Possible atau sesegera mungkin. Biasanya digunakan dalam percakapan langsung di forum, maupun media sosial. Permintaan #ASAP, biasanya direspon dengan jawaban #ASAIC yang merupakan singkatan dari As Soon As I Can, atau secepat yang saya bisa.

9. #ASL
Di dunia pesan instan tampaknya istilah inilah yang paling banyak digunakan terutama ketika memulai percakapan dengan orang yang belum diketahui. ASL merupakan singkatan dari Age, Sex and Location atau menanyakan usia, jenis kelamin dan lokasi lawan bicara.

9. #BBS
Biasanya digunakan ketika seseorang meninggalkan lawan chatingnya. BBS merupakan singkatan dari Be Back Soon, atau akan segera kembali secepatnya.

10. #Throwback
Istilah ini populer di instagram untuk menunjukan postingan yang sudah pernah diposting sebelumnya atau postingan yang sudah lama.

11. #Latepost
Biasanya digunakan bersamaan dengan unggahan foto yang kejadiannya sudah lama terjadi.

12. #SWAG
Istilah ini merupakan singkatan dari Style With A Little bit Gangsta, untuk menunjukan gaya seseorang yang dianggap keren, seperti seorang gangster.

13. #QOTD
Ini merupakan singkatan dari Quote of The Day. Berisi kutipan-kutipan atau kata-kata mutiara.

14. #FAQ
Merupakan singkatan dari Frequently Ask Questions atau pertanyaan yang paling sering ditanyakan. Biasanya digunakan di website-website layanan konsumen.

15. #IMHO
Ini merupakan singkatan dari In My Humble Oppinion. Biasanya digunakan dalam diskusi online, untuk menunjukan rasa hormat ketika akan berpendapat. Adapula yang hanya menggunakan istilah #IMO atau In My Oppinion.

16. #CMIIW
Ini merupakan singkatan dari Correct Me if Iam Wrong, atau artinya tolong koreksi jika saya salah. Biasanya digunakan setelah memberikan pendapat dalam diskusi di dunia maya.

17. #EOD
End of Discussion digunakan ketika menutup sebuah diskusi.

18. #OOT
Out of Topic, biasanya digunakan dalam sebuah diskusi di dunia maya, ketika seseorang peserta diskusi mengeluarkan pendapat yang berada di dalam topik yang tengah dibicarakan.

19. #FYI
Merupakan singkatan dari For Your Information, biasanya digunakan diawal kalimat pemberitahuan. Misalnya, untuk anda ketahui bahwa ….

20. #OMG
Atau singkatan dari Oh My God, digunakan untuk mengungkapkan perasaan kagum, terkejut, maupun ungkapan emosi lainnya. Biasanya juga ada yang menggunakan istilah #OMFG untuk menunjukan ungkapan yang lebih dalam akan tetapi lebih kasar.

21. #WTF
Ini merupakan bahasa yang kasar digunakan untuk mengungkapkan perasaan jengkel, marah, maupun ungkapan emosi negatif lainnya.

22. W/ dan W/o
Ini biasanya digunakan untuk menggantikan kata With dan without.

23. M/F
Biasanya digunakan dalam percakapan melewati pesan instan dengan lawan bicara yang belum diketahui. Istilah ini digunakan untuk menanyakan jenis kelamin lawan bicara, Male atau Female.

24. F9
Ini merupakan singkatan dari kata Fine.

25. BF atau GF
Merupakan singkatan untuk menyebut pacar, Boy friend atau Girl Friend.

26. BFF
Best friend forever atau sahabat sejati

27.#DAQ
Biasanya digunakan oleh seseorang yang tak mau ditanya lebih jauh mengenai informasi yang ia berikan. Ini merupakan singkatan dari Dont Ask Questions.

28. #AFAIK
Merupakan singkatan dari As Far As I Know, atau sejauh yang saya ketahui.

29. #IYDMMA
Biasanya digunakan untuk meminta persetujuan menanyakan sesuatu, yang lebih personal atau sifatnya rahasia. IYDMMA artinya if you don’t mind me asking.

30 #OIC
Merupakan singkatan dari Oh I see, biasanya untuk mengungkapkan bahwa sudah paham atau sudah mengetahui.

Selain 30 istilah ini, masih banyak lainnya istilah yang bermunculan di dunia maya.

 

sumber ; http://www.tribunjogja.com

Advertisements