screenshot of Regulus theme
Tampilan tema Regulus -sumber : Binary Moon at

https://www.binarymoon.co.uk/projects/regulus/

Tema di blog/situs ibaratnya sebuah model bangunan rumah, dan tema bisa diartikan tampilan blog. Sedangkan tema sudah tersedia dan disediakan oleh platform baik blogspot/blogger maupun wordpress. Tersedia dengan gratis maupun berbayar. Tema menjadikan menariklah tampilan blog kita, beragam tema disediakan, tinggal kita memilihnya, ya walaupun jika kita berganti tema maka kita harus melakukan pengaturan/ settingan tampilan widget-nya yakni tampilan pendukung di blog, di sisi-sisi artikel kita/sidebar-nya. Seperti kolom pncarian kategori artikel arsip artikel, ata statistik pengunjung, kalender, data administator blog, dan yang lainnya.

Menurut pengamatan saya, kebanyakan blog otomotif roda dua memilih menggunakan tema yang bernama Regulus yang ber platform wordpress. Tema ini juga dipilih olehblog otomotif roda dua nomor satu di Indonesia yakni http://www.tmcblog.com milik kang Taufik ‘Taufik of BuitenZorg’ dari Bogor, dan tidak terkecuali blog-blog lainnya yang senada(blog otomotif roa dua/sepedamotor) dengan tmcblog.

Terus alasannya mengapa ya mereka memilih regulus? Secara kasat mata, tema Regulus terlihat mungil/kecil, yakni tampilan di full screen layar komputer/laptop/netbook/smartphone tidak secara penuh menutupi layar, jadi ‘background’ masih bisa terlihat dari sisi samping kanan maupun kiri. ada jeda terbuka di kedua sisi tersebut sekitar 20% persenlah , jadi jika ‘background’ dipasang gambar maka akan jelas terlihat dari kedua sisi tersebut, juga di sisi atas dan bawah walaupun prosentasenya hanya sedikit.

Dengan tampilan yang mungil dan banyak dipakai oleh blog otomotif roda dua, saya sebenarnya juga tertarik ingin memasanganya, akan tetapi saat ingin memasangnya ternyata sudah tidak bisa lagi dipasang di blog saya dengan alasan tema tersebut telah di afkirkan/non aktif atau sudah pindah ke tema yang berbayar,..

Di blog tmcblog.com ‘background’ ada gambar yang sepertinya merupakan gambar sponsor dari sebuah iklan dari produsen motor. Terlihat jelas sekali gambar nya.

Jadi menurut pendapat saya mengapa mereka memilih tema Regulus, adalah sisi belakang/backgound bisa disematkan/dipasang gambar yang bisa terlihat jelas disela-sela tampilan blog.

Disamping itu Tema Regulus memanglah terlihat begitu menarik , kecil/mungil, sepertinya juga enak dipandang oleh mata=eye catching, sederhana namun menawan,dan perpaduan dual warna yang serasi antara biru dan kuning.

Jadi sekali lagi kalo boleh ber-opini sepertinya tema Regulus mendukung untuk dipasangi gambar di sisi belakangnya, ini bisa mendukung bagi pihak sponsor yang ingin memasang iklan di sebuah blog dengan tema Regulus. Ya tentunya bagi blog-blog yang dikelas atas yang telah terkenal, dan dipercaya para produsen sepeda motor.

Oiya kalo di blog http://www.tmcblog.com mengapa bisa tampilan terbalik ya, sisi kanan bisa tampil di sisi kiri??*

*Maksudnya sidebar berada di sisi Kiri, padahal lazimnya side bar itu ada di sisi kanan dari pembaca.
Advertisements