Sebelum Beli Helm, Baca Dulu 7 Tips Berikut

ilustrasi helm

Helm merupakan sarana vital bagi para rider, dan rider juga tak akan kemana-mana (berkendara ) tanpa helm tentunya. Vital disini bisa diartikan penting bagi keelamatan sang rider/pengendara, setidaknya melindungi kepala dari terpaan angin,  dan pastinya melindungi kepala dari benturan kepala saat terjadi hal-hal yang tidak kita inginkan (terjatuh/tabrakan).

Disamping itu helm memanglah wajib dikenakan bagi para pengendara sepeda motor baik yang didepan maupun yang dibelakang sesuai Undang Undang No.14 tahun 1992, helm ditetapkan sebagai perlengkapan wajib bagi para pengendara motor. Untuk itu bagi pengendara pemula pasti belum punya helm, maka akan membelinya, juga para pngendara yang telah lama helmnya juga akan rusak atau usang dan perlu BBB (Buang Beli Baru) eh maksud saya perlu membeli lagi. Nah sebelum sampeyan semua pergi ke toko helm baiknya anda simak 7 tips memilih helm disaat membelinya :

1. Pastikan memilih helm yang sesuai dengan ukuran kepala, tidak terlalu sempit atau terlalu longgar. Bila ukuran helm terlalu sempit, pengguna helm  akan merasa sakit dibagian kiri, kanan dan atas kepala. Apabila terlalu longgar, pengguna tidak akan merasa nyaman  karena helm akan bergerak  pada saat tertiup angin. Selain itu helm yang longgar  akan berbahaya pada saat terjadi benturan.

2. Pilihlah helm yang bahan shellnya keras/tidak lentur, bahan keras pada luar helm sangat penting untuk perlindungan maksimal.

3. Pilihlah helm yang melindungi seluruh bagian tempurung kepala, pilihlah helm full face atau minimal open face karena tipe helm ini yang paling maksimal melindungi kepala anda saat berkendara.

4. Pilihlah helm dengan bagian dalam/inner yang lembut, pilihlah bahan dari kain yang sangat lembut dengan kemampuan maksimal untuk menyerap keringat. Bahan yang lembut akan membuat anda menjadi lebih nyaman memakai helm walaupun dalam waktu yang lama.

sumber : http://www.detik.com

5. Pilihlah helm dengan lapisan pengaman dalam  yang tebal, hal ini untuk mengimbangi bagian luar helm yang keras, bagian dalam yang tebal dapat meredam benturan dengan benda keras lain yang mungkin saja terjadi.

6. Pilihlah helm dengan tali pengikat yang kuat, tali pengikat yang kuat sangat penting agar helm tidak mudah terlepas dari kepala pada saat  pengendara terjatuh ataupun terjadi benturan.

7. Pilihlah helm yang sudah memenuhi standar yang ditentukan. Helm yang sudah memenuhi standar keamanan berarti sudah melewati proses uji, sehingga anda akan merasa lebih aman menggunakan helm tersebut.

Advertisements

4 thoughts on “Sebelum Beli Helm, Baca Dulu 7 Tips Berikut

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s