Wajah Baru Pantai Samas : Pesona Pengklik

Laguna Pantai Samas

Laguna Pantai Samas

Libur tlah tiba …hore…hore…libur tlah tiba…hore…hatiku gembira…

Saat ini (akhir Desember 2015) waktunya liburan sekolah mid-semester, juga libur tanggal merah yang berjejer menjadikan liburan panjang, waktu yang asyik buat berwisata.

Nah sebagai salah satu destinasi tempat wisata pantai di Yogyakarta, ini nih sebuah pantai yang sudah cukup lama ada dan terkenal dari sejak jaman dulu, dialah Pantai Samas.

Pantai Samas merupakan pantai yang telah lama dikenal, baik oleh masayarakat lokal maupun manca. Seumuran dengan terkenalnya Pantai Parangtritis, juga Pantai Pandansimo, iya dahulu (sewaktu saya kecil), kami mengenal pantai di Bantul , ya 3 pantai tersebut.

Seiring berjalannya waktu pantai Parangtritis-lah yang hinggasaat ini menjadi paling terkenal dan menjadi kan kawasan wisata bertaraf internasional. Seiring berjalannya waktu pantai Samas kian redup, seakan tertelan oleh wisata pantai baru yang mulai terkenal semisal pantai Depok, pantai Kuwaru,  pantai Goa Cemara, dan Pantai Baru. sungguh merananya pantai Samas, ibarat hidup enggan matipun tak mau..

Namun kini sepertinya pemerintah setempat mulai tanggap akan keadaan ini, dan ingin kembali menghidupkan Pantai Samas, maka mulailah dimanfaatkan keadaan situasi dan kondisi yang ada.

Memanglah kalo mengandalkan melulu akan wisata pantai mungkin wisatawan akan merasa bosan, yang hanya itu-itu saja, akan tetapi panta Samas punya Laguna, friends…laguna yang berada di sisi timur pantai. Dan sepertinya Laguna pantai Samas merupakan suatu alternatif dan pengiring bila kita berkunjung ke pantai Samas.

Menurut saya juga begitu, pantai Samas mempunyai sebuah Laguna yang begitu eksotik. itulah keadaan yang akan diangkat, maka terciptalah Pesona Pengklik – Pantai Samas, *saat ini masih pada tahap pembangunan.

Awalnya Pesona Pengklik ini merupakan dermaga kecil Laguna Samas, dimana juga sudah ada bangunan bertingkat yag digunakan sebagai tempat melihat dari ketinggian/gardu pandang melihat Laguna maupun pantai.

Di Pesona Pengklik dibangunlah Wahana Permainan Anak, Kuliner Apung, wisata air (naik perahu), minimarket, dan disediakan teropong. Saat ini masih dalam tahap pembangunan 90%, kurang sedikit waktu lagi selesai, maka anda bisa menikmatinya. Bagi yang hobby mancing pun sisi timur dari Pesona Pengklik ini menjadikan area spot yang perlu dicoba.

Dan berikut beberapa view-angle hasil jepretan kamera saya :

Pesona Pengklik- Pantai Samas

Pesona Pengklik- Pantai Samas

Laguna pantai Samas, diambil dipagi hari saat cuaca mendung

Laguna pantai Samas, diambil dipagi hari saat cuaca mendung

Tulisan Selamat datang di Pesona Pengklik

Tulisan Selamat datang di Pesona Pengklik

Tulisan indah Pesona Pengklik - pantai Samas

Tulisan indah Pesona Pengklik – pantai Samas

Kuliner Apung "Pesona Pengklik - Pantai Samas

Kuliner Apung “Pesona Pengklik – Pantai Samas

Gardu Pandang di Pesona Pengklik -- Pantai Samas

Gardu Pandang di Pesona Pengklik — Pantai Samas

Gardu Pandang Pesona Pengklik - Pantai Samas

Gardu Pandang Pesona Pengklik – Pantai Samas

Wahana Permainan Anak di Pesona Pengklik - Pantai Samas

Wahana Permainan Anak di Pesona Pengklik – Pantai Samas

juga menjad spot bagi para pecinta mancing

juga menjad spot bagi para pecinta mancing

 

Oiya untuk menuju Pantai Samas maupun laguna Pesona Pengklik dari Yogyakarta, mulai saja dari pojok Beteng Kulon lurus saja ke arah Selatan tanpa belok kanan maupun kiri, lurus sekitar 20km maka sampailah kita di Pantai Samas, dan untuk ke laguna  atau Pesona Pegklik – Pantai Samas, maka sebelum masuk ke pantai Samas yakni setelah gapura retribusi, dan masuk ke Jalan Jalur Lintas Selatan(JJLS) kita lurus saja masuk ke sisi timur sungai ada jalan kecil, lurus ke arah selatan nah itulah jalan menuju ke Pesona Pengklik, tapi ingat jalan tersebut hanya muat mobil, untuk bus tidak bisa masuk ke jalan tersebut, cukup di di parkir di pinggir JJLS saja yach.

Oke, demikian saja sedikit ulasan tentang wajah baru dari pantai Samas, semoga bermanfaat…dan selamat berlibur….!!!!

Advertisements

17 thoughts on “Wajah Baru Pantai Samas : Pesona Pengklik

  1. wah apik yo mas saiki.. aku ndono pertengahan oktober wingi rung enek tulisan pesona pengklik ngono.. nembe enek gardu pandang ro wong do mancing.. berarti meh dikembangke serius.. nek nggak salah krungu pengklik malah sengojo dipisahke ro samas mas, reti dewe to citrane samas koyo ngopo.. :mrgreen:

    iki artikelku pengklik malah nembe terbit 4 hari lalu tapi fotone luwih lawas mbangane nggone sampeyan.. 🙄
    http://dolanotomotif.com/2015/12/30/gowes-pagi-melihat-aktivitas-pemancing-di-dermaga-pengklik-bantul/

    Liked by 1 person

    • Iya betul sekali, banyak juga pantai-pantai yang eksotik juga disepanjang kabupaten Gunungkidul, dan sekarang selain pantai juga sedang banyak dikembangkan wisata alam pegunungan. Terimakasih, salam kenal First Lombok Tour

      Like

      • Tepat sekali, tempat wisata sekarang dikelola oleh masyarakat sekitar (Pokdarwis=kelompok sadar wisata) dengan begitu masyarakat/rakyat langsung bisa menikmati hasilnya, dan kucuran dana dari pemerintahan juga cukup membantu, disamping usaha pendamping (warung, souvenir, pengginapan) warga sekitar juga ikut menggeliat.

        Liked by 1 person

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s