Ilustrasi Blogger
Ilustrasi Blogger

Blog itu….

Blogging itu….

Blogger itu …..

Setelah satu tahun lebih aktif berkutat didepan netbook terkoneksi dengan internet yakni tulis-menulis artikel dan mempublikasikan di media dunia maya atau yang biasa disebut blogging, sedikit-banyak tau akan menjadi seorang blogger. Awalnya sih tidak tau apa itu istilah-istilah dalam sebuah situs atau blog, kini sedikit demi sedikit tau apa itu tag, domain, post, link visitor/pegunjung, stats, dan lain sebagainya.

Ya walaupun satu tahun belumlah seberapa dibandingkan dengan para pendahulu di dunia per-bloggingan ini, namun tidak ada salahnya saya mngutarakan isi hati untuk mendefinikan apa itu Blogging, blogger.

Menurut saya aktifitas blogging itu ya ibaratnya mempunyai sebuah media atau sebuah perusahaan berita, namun apa-apa dikerjakan sendiri, mulai dari mencari sumber berita, menulisnya dan menerbitkannya hingga menyuguhkannya kepada pemirsanya. Jadi blogger itu merupakan gabungan antara wartawan, photografer, editor dan penyiar dan sekaligus penjaja berita atau surat kabar. Hebat yach menjadi seorang blogger itu, apa-apa dilakukannya sendirian, hal ini diperkuat oleh salah seorang blogger otomotoif roda dua papan atas tanah air boleh lah kita sebut mbah Dukun Satar (entah siapa nama sebenarnya) seorang pemilik blog otomotif sepeda-motor papan atas http://www.indobikermags.com, yang memyebutkan bahwa saat melakukan peliputan berita di luar negeri maka hanya sendirian.

Hanya saja sebuah blog itu lebih spesifik dalam memberikan berita, semisal mengupas tentang dunia otomotif sepedamotor, maka ruang lingkupnya ya hanya seputar sepedamotor, semisal tentang review motor baru, launching, tes ride, dan lain hal-ihwal tenteng sepedamotor, ya walaupun dalam kenyataannya diselingi juga akan artikel lainnya sih.

Tentang etika sebuah blog dan administratornya=blogger, menurut saya adalah bertanggung jawab akan semua artikel yang dia terbitkan, boleh dibilang benar-benar paham, mengetahui akan artikelnya. Bilamana para pemirsanya atau para pembacanya sewaktu-waktu menanyakan akan tulisan/artikel di blog-nya. Meskipun artikel atau tulisan yangditerbitkannya hanya didapat dari media lain/situs/blog lain. Akan tetapi setidaknya si blogger bisa menjawab bilamana ada yang menanyakan tentang artikel terebut. Ya walaupun saat ini sebuah situs berita juga tidak akan menjawab semua akan pertanyaan mengenai berita yang ditampilkan oleh sebuah situs berita. Malahan situs berita banyak yang pasang ‘warning’ lepas tanggung jawab dari isi komentar. Ini memang ada benarnya juga terkadang para pemberi komentar atau biasa kita sebut komentator hanya asal saja berkomentar dan malahan para komentator tidak bertanggung jawab akan komentarnya.

Kembali ke blog, Saat ini blog dunia otomotif terlebih otomotif roda dua sepertinya lagi ‘booming’, mengalahkan blog-blog maupun situs-situs yang memunculkan artikel atau berita tentang dunia yang lainnya, semisal berita aktual, dunia gadget, fotografi, berita dari dunia selebriti, berita traveling, kesehatan dan yang lainnya, kecuali detik.com tentunya hehehee..

Dan para blogger otomotif roda dua pun boleh dibilang menjadi administrator yang teraktif dibandingan dengan blog atau situs lainnya, setidaknya dalam sehari mereka mampu menerbitkan setidaknya 5-1o bahkan lebih, atau setidaknya setiap 3 jam mereka bisa memunculkan sebuah artikel.

Dunia otomotif saat ini memang sedang banyak digandrungi, digemari baik pria maupun wanita, tua ataupun muda. karena hal itu menyangkut tunggangan siapa saja. Tunggangan saat ini yang bisa kita sebut kuda besi menjadi hal nomor satu ditanah air Indonesia, bahkan dimana pun, dibelahan dunia manapun bersaing dengan  dunia gadget tentunya.

Pesatnya perkembangan dunia maya atau internet amat sangat membantu apa yang dilakukan oleh produsen otomotif (dalam hal ini sepedamotor), disinyalir penyebaran berita tentang sebuah produk baru akan sampai ke masyarakat (yang suka update pengetahuan tentunya ) hanya daalm hitungan jam saja. Begitu produk baru di perkenalkan/di launching, saat itu juga/beberapa detik berikutnya masyarakat juga mengetahuinya.

Bahkan baru sebuah teaser atau pra produksi saja sudah bisa tersebar berkat adanya blogger., berkat mata-mata juga sih. Produk-produk sepedamotor yang pra produksi atau yang lazim baru dalam masa proses pengujian menjadi sebuah berita yang amat sangat menarik bagi para penggemar otomotif. Foto-foto hasil spyshot/bidikan sembunyi-sembunyi menjadi bumbu penyedap berita yang menjadi sebuah berita yang teramat lezat untuk di konsumsi publik, dan menjadi daya pikat blogger untuk mengikat pelanggan pembaca setianya.

Blogger dan produsen otomotif sepertinya‘ bisa disebut sebuah tanaman parasit yang hidupnya menumpang, namun apalah arti produsen yang produk-produk-nya tidak dikenal oleh masyarakat luas secara cepat yang mana cepat juga pastinya meningkatan daya beli masyarakat.

Tepatnya antara blogger dan produsen otomotif adalah mempunyai sebuah hubungan yang ‘ber-simbiosis-mutualisme’ yakni sebuah hubungan yang saling menguntungkan. Blogger mendapat berita, dan produsen mendapatkan pembeli, cukup fair.

Maka dari itu bilamana sebuah blog yang mempunyai rating pembaca tinggi atau banyak, maka para produsenpun saling berlomba untuk memikat hati para blogger untuk ; memberitakan produknya, memasang iklan produknya, mengundang ke acara launching produknya, menjadi akses/sponsor kegiatan peliputan berita, dan masih banyak lagi tentuya. Dan keuntungan bagi blogger pasti blognya ada dititipi banyak iklan/dikontrak pasang iklan., dan memperoleh banyak bayaran tentunya.

Ya ibarat seperti sebuah stasiun televisi(swasta) yang ternama dan mempunyai banyak acara atau tayangan menarik, pastilah banyak produsen ber-sponsor atau memasang iklan di televisi tersebut.

…………………………………..

Bersambung dengan tema yang berbeda….

 

 

 

 

Advertisements