Sepeda Wanita Gazelle buatan tahun 1945 – wikipedia

Belum sempat saya tanyakan kepada bapak maupun kakek kira-kira kapan sepeda hebat buatan Belanda ini masuk di Jogja, keburu beliau-beliau meninggal. Namun jika melihat-lihat di museum -museum perjuangan kemerdekaan (tahun 1945-an) terdapat banyaknya sepeda onthel klasik. Ya iseng-iseng buka di jendela google, nulis gazelle, ee yang muncul lapak jual-beli online yang menjual sepeda ini, bukan menuliskan tentang sejarah sepeda Gazelle, lalu saya tulis Gazelle bike dan muncullah beberapa hallaman, beberapa web/situs berbahasa inggris yang menunjukkan sebuah alamat resmi pabrik pembuat sepeda Gazelle yang ternyata sampai saat ini masih memproduksinya dengan model dan teknologi terkini tentunya.

Sebelum lebih jauh melangkah ke sejarah sepeda Gazelle, jika ada yang bertanya mengapa saya memilih merk Gazelle sih? Ya Karena sepanjang sepengetahuan saya, sepeda Gazelle ini merupakan sepeda klasik (atau awam menyebutnya sepeda kuno, sepeda jawa, sepeda onta) yang paling familiar, paling digemari, paling terkenal{bisa dikatakan sepeda klasik nomer satu}, yang juga jika senang berbisnis jual beli sepeda, sepeda klasik Gazelle mempunyai nilai jual paling tinggi.

Bukan tanpa sebab sepeda Gazelle menjadi terkenal digemari dan mempunyai nilai jual tertinggi(bisa jadi karena nilai historikalnya) karena ;

  1. Sepeda Gazelle baik tipe untuk pria maupun wanita merupakan sepeda yang begitu nyaman dikendarai, ibarat sekali kayuh bisa melaju panjang dan lebih panjang dari yang diperkirakan.
  2. Bahan materialnya begitu kuat, yang bisa jadi merupakan besi pilihan yang awet akan keausan, awet dari kerusakan, juga tahan akan benturan.

Itulah sedikit alasan mengapa saya begitu tertarik untuk lebih jauh, lebih dalam mengenal sejarah akan sepeda terkenal ini, yang pastinya saya tau sendiri karena almarhum bapak selaku bengkel sepeda yang telah berkutat dengan dunia sepeda cukup lama, jadi saya sedikit banyak juga mengamati akan sepeda berlambang kijang atau menjangan ini yang memanglah bernama Gazelle serumpun dengan antelope.

Lanjut googling….Dan….Sampailah saya pada wikipedia (sang ahli sejarah apa-saja) berbahasa Inggris yang mengupas tentang sejarah sepeda Gazelle, mari kita simak bersama-sama sejarah akan sepeda Gazelle.

 

Gazelle(sepeda)

Royal Dutch Gazelle adalah sebuah pabrik sepeda yang terbesar dan yang terkenal di Belanda. Gazelle mempekerjakan 550 orang di sebuah pabrik di wilayah Dieren, Netherlands (Belanda), membuat 300.000 sepeda di setiap tahunnya. Hingga saat ini jumlah keseluruhan sepeda yang telah dibuat/diproduksi mencapai 13 juta sepeda.

 

Sejarah

1892-1919

Perusahaan didirikan pada tahun 1892 oleh Willem Kölling dan Rudolf Arentsen. Awalnya mereka menjual sepeda mendatangkannya dari Inggris. Lalu mereka memulai buatan mereka sendiri di tahun 1902 dengan nama Gazelle.

 

1920-1949

Selama masa tahun 1920-an hingga tahun 1940-an, Gaelle telah berhasil mengekspor hingga ke Hindia Timur. Banyak sepeda Gazelle bertahan di seluruh wilayah Indonesia hingga saat ini dan menjadi kan sepeda paling dicari setelah kolektor barang antik dari Belanda. Selama masa ini, Gazelle menggunakan karakter kartun Piet Pelle pada banyak di sepanjang kampanye pengiklanan. Video ini dari tahun 1925 menunjukkan sebuah pabrik Gazelle dan teknis pembuatan.

Pengembangan-pengembangan termasuk sebuah sepeda lipat di tahun 1930 dan sepeda tandem di perkenalkan pada tahun 1935. Sedangkan sepeda listrik dibuat di tahun 1937 bekerja sama dengan Philips.

 

1950-1979

Di tahun 1954 Gazelle menjadi sebuah perusahaan umum dan membuat sepeda yang kesejuta. Tahun 1959 Gazelle mematenkan sistem perpindahan gigi 3-percepatan yang pertama kalinya.

Gazelle merupakan pabrik sepeda Belanda pertama yang memperkenalkan “Kwikstep” sepeda lipat pada tahun 1964. Rem tromol pada poros/hub depan dikembangkan di tahun 1968 dan masih di buat hingga sekarang.

Pada pertengahan tahun 1960an Gazelle membangun sebuah bengkel ” Divisi Khusus Balap” di dalampabrik mereka di Dieren. Di dalam bengkel ini frame balap di buat dengan tangan oleh orang yang mempunyai keterampilan teknis. Di puncak dari kesuksesan penjualan mereka (sekitar 1980-85) sekitar 35 orang pekerja. Gazelle berhasil dengan frame baja sepeda “Champion Mondial” dan disponsori sekarang bernama TVM racing team. Namun tem ini gulung-tikar di tahun 2000 karena ada ksandal doping.

 

1980-2009

Setelah satu-abad lamanya  di tahun 1992 yang  bertepatan dengan produksi sepeda ke delapan juta, Princess Margriet memberikan penghargaan kepada perusahaan “Megah” Gazelle di hari jadinya. Dari waktu itu satu juta sepeda mampu di buat selama  tiga hingga empat tahun di 2009, Gazelle memenangi “Dutch Bike of the Year” bersama dengan sepeda listrik Chamonix Innergy. Ini menjadi pertamakalinya dalam  sebuah sejarah kompetisi sepeda listrik yang memenangkan hadiah bergensi.

 

2010-Now

Di tahun 2010, Gazelle telah terpilih sebagai merk sepeda yang paling dipercaya di dalam sebuah majalah Readers Digest survei merk tahunan di Eropa. Tahun 2011 Gazelle telah di akuisisi oleh Pon Holdings, wakil pemilik dari sepeda Cervélo juga importir dari Volkswagen di Belanda.

 

Baiklah, demikianlah sejarah dunia dari sepeda Gazelle yang melegenda hingga sekarang, sejarahpun mencatat bahwa Indonesia merupakan pemakai dan pengkolektor sepeda Gazelle, semoga bermanfaat.

Advertisements