“Ow Ini Tow Stiker ICJ” Sebuah Group di Facebook Dari Jogja

Ada sebuah group di facebook di Jogja yang bisa disebut ‘fenomenal’ saat ini, mengapa begitu? Ya karena setiap ada kiriman/postingan dari member/anggotanya akan selalu ‘rame=ditanggapi/dikomentari oleh anggota lainnya seketika/saat postingan dimunculkan, tanda suka/like  atau acungan jempol dan komentar berdatangan dengan segera. Itulah ICJ= Info Cegatan Jogja, ya sebuah nama group/  komunitas dari Yogyakarta tentunya. Saat ini sudah memasuki tahun ke dua ICJ eksis di ranah media/jejaring sosial facebook seputaran Jogja, bahkan merambah ke Magelang,klaten, Solo dan kota sekitar sesuai domisili anggotanya.

Mungkin sudah lama ICJ telah mengeluarkan sebuah stiker untuk membernya, yang bisa jadi menjadi tanda pengenal, mampu menyatukan rasa persaudaraan antar anggota bahkan menggali rasa empati mereka terhadap warga kurang mampu dengan ikut melakukan aksi sosial. Sesuatu yang luar biasa sekali menurut saya karena saya yakin walaupun belum tentu kenal satu sama lain tetapi saat berpapasan di jalan sebisa mungkin mereka akan berusaha untuk saling menyapa dan mengakrabkan diri layaknya persaudaraan yang sudah mereka bangun di jejaring social.

Lucunya bagi saya adalah belum lama / hanya baru-baru ini saja saya mengetahui bahwa itu adalah stiker ICJ, lha bentuknya warnanya yang sederhana dan hanya bertuliskan ICJ, plus ada gambar tugu pal putih/tugu Jogja, tulisan putih dengan latar belakang hitam seperti ini…setiap melihat stiker tersebut, batin saya selalu bertanya,”ini stiker apa sih?” masih dalam kebingungan hingga suatu saat dikala group ICJ ada yang memposting stiker itu, ..ow walah iini tow stiker ICJ…” (Oiya say juga sudah tergabung dalam group ICJ di facebook beberapa bulan lalu, tapi belum terdaftar di dunia nyata sebagai anggota aktif.)

stiker ICJ di motor- http://www.cahyogya.com

Seperti sebuah kode dimana huruf I nya disamarkan atau diganti dengan gambar tugu, jadi wajar bukan kalo saya telat pahamnya hehehe…

Sepintas ICJ (Info Cegatan Jogja) jika didefinisikan(dikonotasikan) tentunya menginformasikan akan adanya ‘Cegatan’ yang diartikan sebuah razia/operasi penertiban lalulintas dari Kepolisian, namun ternyata tidak pemirsa, group ICJ ini selalu menegaskan ICJ bukanlah tempat bagi para pelanggar aturan lalu-lintas, Melainkan suatu wadah untuk saling berbagi dan mengingatkan satu sama lain untuk tetap waspada dan selalu taat aturan lalu-lintas ketika berkendara di jalan.

Saat ini (saat saya menulis artikel ini) setidaknya tercatat Anggota ICJ ada 182.499  Anggota(6.000 baru), saking banyaknya anggota yang selalu meng-update berita apa saja menyangkut lalu lintas, sang pemrakarsa ICJ sekalugus admin ICJ yakni Bro Antok membuat regulasi yang ketat bila ingin memposting di dinding facebook ICJ, berikut aturannya;

Dengan bergabung di ICJ, berarti anda setuju pada semua ketentuan dibawah ini.
Bila merasa keberatan , di persilakan meninggalkan Group ICJ.

Postingan sosial di persilakan, namun bila ada pengumpulan DONASI atau mencantumkan nomer REKENING silakan hubungi pengurus,

Postingan seperti tersebut di luar sepengetahuan pengurus akan di hapus sekalipun untuk kepentingan sosial atau bahkan bencana sekalipun.
Bila masih memaksa mohon maaf akun anda kami keluarkan

* Mohon tidak memposting link, sekiranya ada informasi berguna, silakan di copy paste kesini. Kecuali memang dengan pertimbangan dan alasan yang logis.

* Dilarang posting lalu kabur begitu saja, bila ada pertanya’an dan keluhan tentang postingan anda wajib menanggapi, kalau terjadi polemik dan posting di hapus tidak akan kami respon bila anda protes, namun silakan posting ulang.

* Dilarang jualan, termasuk link referral, lowongan pekerjaan, auto like, spam, BO, MLM. dan sejenisnya.

* Dilarang membahas tentang sepak bola, skor, suporter, dan segala urusan yang terkait dengan basis masa tertentu.

* Posting atas nama komunitas lain atau mempromosikan group/komunitas lain tidak di perkenankan, bila ada kepentingan silakan posting sebagai member ICJ.

* Gunakan bahasa yang sopan dan mudah di mengerti.

* Dilarang memposting hal – hal yang dapat menimbulkan ke-tidak nyamanan Group.

* Dilarang melakukan tindakan provokasi yang dapat menyinggung member lain.

* Hindari posting dengan Tema/Topik yang sama dengan Post yang dibuat sebelumnya dalam waktu berdekatan.

* Dilarang posting gambar yang mengandung Hak Cipta Orang Lain, Pornografi, SARA, dll.

* Untuk info lakalantas cukup di lampiri gambar kendara’an/TKP saja, jangan gambar korban. ( terutama untuk korban meninggal )

* Boleh berkeluh kesah, tapi mohon jangan terlalu vulgar , yang sewajarnya.

* Pro dan kontra monggo, hindari obrolan tentang SARA,bully membully, ribut, saling memaki, komentar gambar ( kecuali memang informasi ), dan sejenisnya.

* Pelanggaran posting dalam group akan ada tindakan Delete Post atau Banned ID

Admin berhak menghapus tanpa konfirmasi posting/komentar dengan alasan melanggar ketentuan di atas.

Group tidak mengajarkan melawan aturan, bukan tempat untuk mencari sensasi, gosip dan permusuhan.

Group ini selalu di pantau oleh banyak pihak ,
jaga sikap dan komentar anda…………….!!!
Segala efek dari posting dan komentar anda sepenuhnya tanggung jawab anda masing-masing.

Semoga dengan bergabung disini dapat menambah wawasan kita,
meningkatkan kedisiplinan, dan ada manfa’at bagi kita semua.

Rules Dapat Berubah – Ubah / Update Sewaktu Waktu Oleh Admin ICJ.
Trims…!!!

Foto Antok.

Itulah beberapa Regulasi / aturan-aturan bilamana kita ingin memposting sebuah berita di dinding facebook ICJ.

Memang seakan terlihat begitu  ketat akan aturan main di ICJ, karena kebanyakan group di facebook akan amburadul, menjadi ajang bully-membuly(caci-memaki), tempat promosi dan penyalah gunaan tempat yang tidak semestiya tentunya, bila mana tidak dengan aturan yang ketat.

Menurut pengamatan saya hampir setiap menit pada jam-jam sibuk selalu saja ada yang mempositing di dinding ICJ, dan selalu ramai akan acungan jempol dan komentar, tidak malam-tidak siang, tidak pagi- tidak sore, partisipasi anggota-anggota ICJ selau memberi acungan jempol, dan memberi tanggapankomentar sebagai respon dan rasa peduli, maupun memberi jawaban, maupun kesanggupan pertolongan bila postingan tersebut bernada pertanyaan maupun minta pertolongan. Selalu saja ada anggota ICJ yang selalu terjaga, meskipun itu tengah malam, jam 3 hingga shubuh, itulah menurut pengamatan saya.

Sungguh suatu kepedulian yang tinggi dari para member ICJ.

Well, saya kira hanya ini saja sedkit tulisan saya mengenai sebuah group atau komunitas yang bernama ICJ, yang mana tentunya masih buanyak hal-ihwal kegiatan sosial dari ICJ yang belum bisa saya hadirkan, saya mendoakan semoga group ICJ semakin solid, semakin jaya, semakin memberi warna Jogja, dan tetap low profile para anggotanya…dan tak lupa salam SAG (konon singkatan dari Salam Aspal Gronjal)…..

Advertisements

2 thoughts on ““Ow Ini Tow Stiker ICJ” Sebuah Group di Facebook Dari Jogja

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s