H+2 Keraton Yogyakarta Masih Libur Untuk Wisatawan

Keraton Yogyakarta

Keraton Yogyakarta

Hari ini Minggu 19 juli 2015 yang bertepatan dengan H+2 Idul Fitri 143 H, Keraton Ngayogyokarta Hadiningrat yang mana biasanya dibuka untuk umum sebagai tempat wisata, namun hingga hari ini masih tertutup untuk para wisatawan. Dimana dalam dua hari ini (Sabtu dan Minggu) digunakan sebagai sebuah acara adat Ngabekten, yakni Sembah Bhakti kepada Raja Kraton Yogyakarta yang dilaksanakan di kompleks Kraton tepatnya di Bangsal Kencono.

Prosesi tersebut memang dilakukan selama dua hari yakni 18-19 Juli 2015 dan bertepatan dengan Tradisi Grebeg Syawal yang yang siang tadi dilakukan di halaman Masjid Gede Kauman. Kekecewaan para wisatawan tak tampak pada hari ini karena prosesi budaya Grebeg Syawal pun menjadi daya tarik tersendiri meskipun wisata Kraton ditutup untuk umum.

Menantu Sultan HB X, KPH Purbodiningrat kepada wartawan, Sabtu (18/7/2015) mengatakan bahwa Ngabekten biasanya memang digelar sebanyak dua kali yakni untuk abdi dalem laki-laki pada hari pertama dan abdi dalem perempuan untuk hari kedua. “Besok 19 Juli giliran abdi dalem perempuan termasuk dua bupati Bantul dan Gunungkidul yang saat ini dijabat oleh wanita ikut serta dalam Ngabekten,” ungkapnya.

Sementara itu sepanjang pagi hingga sore hari tadi, banyak wisatawan baik domestik maupun mancanegara yang ‘kecele’ dan terpaksa pulang. Lokasi Kraton yang akan dibuka hanya sepanjang Pagelaran saja pada esok hari mengingat lokasi Ngabekten berada di sisi tengah Kraton setelah Bangsal Sri Manganti yang biasanya digunakan untuk menerima tamu penting.

Menurut para abdi dalem yang sempat ditemui KRjogja.com siang tadi, wisata Kraton akan kembali dibuka pada 20 Juli 2015 nanti mulai pukul 08.00 WIB hingga sore hari. Nah, silahkan datang dan merasakan liburan di kompleks Kraton Yogyakarta di libur Idul Fitri 1436 H ini.

(sumber :  M-1 krjogja.com)

One thought on “H+2 Keraton Yogyakarta Masih Libur Untuk Wisatawan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s