9 Tahun Refleksi Gempa : Simulasi Gempa Di Lapangan Paseban Bantul

Simulasi gempa di lapangan paseban Bantul

Simulasi gempa di lapangan paseban Bantul

Mungkin sebagian warga masyarakat Bantul hari Rabu (27 Mei 2015) kemarin ada yang bertanya-tanya ada apa di lapangan Paseban Bantul? Ada apa pula siang kemarin dijalanan banyak iring-iringan mobil bersirine? Adakah hubungannya dengan tanggal 27 Mei? Dimana terjadi gempa 9 tahun yang lalu?
Iya betul, kemarin jika anda warga Bantul sekitar jam 1 siang mendengar bunyi sirine dari jalan-jalan utama, itu merupakan defile atau pawai dari mobil-mobil dari badan penanggulangan bencana, juga TNI maupun Polri. Dan defile tersebut merupakan rangkaian awal dari Simulasi Gempa yang diadakan di lapangan Paseban Bantul, guna memperingati 9 tahun gempa.

Acara yang dipusatkan di lapangan Paseban Bantul (depan Kantor PemKab Bantul) tersebut terdiri dari defile, apel siapa dan simulasi gempa. Dikuti oleh 528 pasukan relawan yang terlibat dalam penanganan bencana di Bantul, seperti FPRB dari 15 desa, SAR Bantul, Basarnas, Tagana, PMI, RAPI, PKPU, Pemadam Kebakaran, ambulan RSUD Panembahan Senopati Bantul, ambulan RSU PKU Muhammadiyah Bantul, serta TNI dan Polri.

Dimana acara pertama yakni defile/pawai di jalan, lalu apel siapa dan dilanjutkan dengan simulasi bencana menggambarkan kejadian gempa 9 tahun lalu serta dilanjutkan simulasi penambahan bencana.

Oke, demikian lah sebuah informasi dari apa yang terjadi kemarin di Bantul, semoga menjawab rasa penasaran anda warga Bantul khususnya, dan semoga bermanfaat bagi yang lainnya.

 

Sumber informasi & gambar : tribunjogja.com

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s