Batas Toleransi Masa Perpanjangan SIM Adalah 3 Bulan

https://i0.wp.com/infopku.com/wp-content/uploads/2015/03/sim-ilustrasi.jpg

SIM (Surat Ijin Mengemudi) merupakan syarat wajib bagi kita saat mengendarai kendaraan bermotor. Seiring perkembangan jaman dan tingkat kemampuan masyarakat pada daya beli kendaraan bermotor yang kian pesat, sesuai kemampuan, mereka ada yang mampu membeli sepeda motor maupun mobil. Anak-anak mereka pun baik secara sendiri sudah mulai belajar mengendarainya. Jika dibawah pengawasan para orang-tua tidaklah mengapa, jika anak berkendara selalu dalam dampingan orang tua itu adalah yang terbaik.

Usia untuk bisa memperoleh SIM adalah saat usia 17 tahun, lazimnya pada saat anak berada pada tingkatan pelajar kelas 2/3 SLTA. Jika usia telah sesuai, alangkah baiknya si anak segera saja di dampingi untuk dibuatkan SIM di kantor Polres terdekat di kota anda. Dengan telah memiliki SIM disamping telah resmi bisa mengendarai kendararan bermotor, juga akan lebih mengetahui etika dan norma apa saja yang harus di jalani saat di jalan melalui proses pembuatan SIM tersebut.

Sedangkan untuk masa berlalu SIM adalah 5 tahun dari awal pembuatan, jika masa berlaku SIM sudah habis, baiknya juga kita segera memperpanjangnya. Berdasarkan Surat Telegram dari Korlantas no 271/II/2015, perpanjangan SIM dapat dilakukan mulai 14 hari sebelum masa berlaku SIM habis. Perpanjangan SIM dapat dilakukan hingga maksimal 3 bulan dari habisnya masa berlaku SIM. Artinya, jika melebihi 3 bulan, pemohon harus membuat SIM baru. Pembuatan SIM baru hanya dilayani di Polres sesuai domisili.

Adapun syarat pembuatan SIM baru antara lain :
1. KTP sesuai domisili
2. Surat Keterangan Dokter
3. Membayar PNBP
4. Ujian praktek

AKP Sri Wahyuni
Kasi SIM Ditlantas Polda DIY

388 thoughts on “Batas Toleransi Masa Perpanjangan SIM Adalah 3 Bulan

  1. Saya Lupa Perpanjang SIM,pas ada operasi saya kena tilang…tp batas maksimal Perpanjang SIM 3bln…apa dalam tenggang waktu tsb.saya tetap kena tilang?….benar – benar lupa perpanjang,bukan sesuatu yg disengaja…karena prinsip saya disiplin aturan.Terima kasih.

    Disukai oleh 1 orang

    • Iya memang peraturannya begitu, sim yang telah habis waktu berlaku khan berarti SIM yang tidak memenuhi syarat, dan bisa ditilang segera saja perpanjangan SIM anda. Iya betul dan benar prinsip anda disiplin aturan, termasuk hal ini.

      Suka

      • Mungkin dikira setelah masa tenggang, kita akan jadi goblok lagi nyetirnya. Rem mana, kopling mana, bisa lupa semua tuh. Makanya bapak bapak polisi suru kita perpanjang sim. Mungkin begitu kira. -_-“

        Suka

  2. Masa berlaku sim A saya habis tanggal 5 kemarin, karena habis libur panjang ke luar kota, saya baru bisa perbarui sim besok (7 hari setelah masa berlaku sim saya habis). Itu saya harus ikut prosedur bikin baru atau perpanjang ya? Soalnya ada indo masuk katanya harus diperpanjang sebelum masa berlaku habis, ga boleh telat satu hari pun. Ad juga yang bilang batas toleransi keterlambatan nya 3 bulan. Yang mana yang benar ini 😦
    Saya berniat perpanjang di satpas sim Jakarta Timur..

    Suka

    • Memang santer kabar terbaru tentang perpanjangan SIM begitu, saya belum dapat konfirmasi resmi dari Polres setempat. Memang sebelum masuk bulan ini peraturannya ada toleransi selama 3 bulan. Ya silahkan datang ke satpas polres Jak Tim.

      Suka

  3. saya ambar. saya ingin bertanya, jika masa perpanjangan batasnya 3 bulan sedangkan sim saya ternyata mati 3 bulan lebih 10 hari apakah harus membuat sim baru? terimakasih

    Disukai oleh 1 orang

    • Silahkan kunjungi dulu ke satpas Jak-Bar, karena saat ini sedang ada ketancuan peraturan baru akan perpanjangan SIM, jika di wilayah saya/Bantul masih ada batas toleransi selama 3 bulan, tapi untuk wilayah lain saya tidak tau.

      Suka

  4. mohon informasi. sim saya terlambat hampir tiga bulan tepatnya tgl 28 mey pas terlambat 3 bulan, kl besuk pagi saya perpanjang apa masih bisa. Kemudian tempat perpanjangan pura wisata masih dipergunakan sampai sekarang, jam berapa sampai….

    Disukai oleh 1 orang

  5. Maaf tanya lagi,sim saya dari polda yogja, untuk perpanjangan di pura wisata kelengkapan surat cek kesehatan apa sudah disiapkan dilokasi, dan beaya berapa

    Disukai oleh 1 orang

  6. Sim c saya habis masa berlakunya tgl 6 maret 2016,apakah masih bs di perpanjang,lokasi palembang dan dimana bisa mengurus perpanjangan sim c saya?

    Disukai oleh 1 orang

  7. kalau di sekitar jakarta, dimana ya pak yg msh bisa terima toleransi 3 bulan ? Sim saya habis 22 mei kmaren, pas peralihan aturan baru. Peraturan baru ini kurang ada sosialisasi dan seharusnya ada masa tenggang 3 atau 6 bln dr tgl berlakunya aturan baru tsb.

    Disukai oleh 1 orang

    • Maaf mbak Wulan saya kurang tau untuk wilayah Jakarta, ya sepertinya begitu kurang sosial isasi dan tidak wajar, jika tidak ada toleransi. Sebab untuk wilayah Bantul Yogyakarta peraturan masih berlaku toleransi perpanjangan SIM selama 3 bulan.

      Suka

  8. Sim c saya mati tgl 9 juni pas hari kamis dan saya tidak bisa ijin untuk keluar buat perpanjangan, posisi saya dijogja aedang sim saya sukoharjo, saya bisa perpanjangan hari sabtu tgl 11 karna paa libur kerja, prosedur kir dokter dah bayar 50rb, begitu daftar perpanjangan langsung ditolak dan disuruh ikut prosedur seperti bikin baru, kalo dijogja ada tenggang ampe 3bln dr matinya sim, emang aturan polri itu perdaerah atau tersentral to??? Kok beda polres beda aturan, lha mau jadi warga yg baik malah dipersulit

    Disukai oleh 1 orang

  9. Anak saya bekerja di Singapura. SIM A nya akan habis pada tgl 26 November 2016. Pada awal Agustus ini (3 bulan lebih sebelum habis masa berlakunya SIM nya) anak saya cuti pulang ke Semarang. Apakah anak saya ini sudah boleh memperpanjang SIM A nya, mengingat masa berlakunya masih ada lebih dari 3 bulan? Dan setelah itu anak saya harus kembali bekerja di Singapore dan baru akan mendapat cuti pada lebaran 20017 yad. Terima kasih.

    Disukai oleh 1 orang

    • Baiklah pak Gunawan, Waktu perpanjangan SIM, baru bisa dilakukan 14 hari sebelum batas masa berlaku. Tapi pernah dengar bisa dilakukan sebelumnya, silahkan di konsultasi kan ke satpas/ polres setempat yang menangani proses perpanjangan SIM, dengan alasan yang tepat, pasti ada toleransi/ bisa.

      Suka

    • Maaf untuk wilayah Klaten saya tidak tau Maverick, apa masih berlaku toleransi perpanjangan SIM. Baikny segera dikonfirmasikan ke polres saja siapa tau masih seperti Bantul & Yogyakarta.

      Suka

    • Jika hilang proses/ prosedurnya melakukan pelaporan kehilangan di kantor polisi sektor/polsek, nanti ada langkah 2 selanjutnya meliputi membuat iklan kehilangan di 2 media berbeda, dan nantinya akan diberikan surat kehilangan dari Polres untuk penerbitan kembali SIM anda.

      Suka

  10. maaf mau tanya,sim saya tgl 15 juni besok sdh hbis waktu,umpama sya perpanjang tgl 20 juni apa bisa,soalnya ini masih di luar kota,pulang tgl 19,gmn pak

    Suka

    • Sekarang sudah tidak ada waktu toleransi meskipun 1 hari, jadi segera saja diperpanjang SIM nya, mungkin bisa di layanan SIM keliling yang biasanya melayani SIM Online untuk sebaian besar wilayah di Indonesia

      Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s