“Nggaleng” Pekerjaan Tambahan Lagi Bagi Petani

sawah

sawah

Ya setelah sebelumnya saya menuliskan tentang “tamping” sebuah pekerjaan tambahan bagi petani, kini kembali saya akan menuliskan kepada anda semua akan sebuah pekerjaan tambahan juga yakni, “Nggaleng” entah kalo dibahasakan indonesia apa ya, saya belum tahu. Yang jelas “nggaleng” adalah suatu upaya perbaikan pematang yang telah tipis maupun rusak. Tipis karena telah lama di tamping atau rusak karena dirusak oleh kepiting, atau tikus.

Nggaleng sama seperti halnya “tamping” merupakan istilah bahasa jawa, Nggaleng sebenarnya dari istilah galengan, sedang galengan dalam bahasa Indonesia-nya adalah pematang. Jika dikaitkan memanglah berkaitan antara nggaleng dan galengan, kalo nggaleng artinya memperbaiki galengan, dan galengan artinya pembatas sawah atau pematang.

Perbaiki disini adalah penambahan tanah pada pematang tersebut, dikarenakan lebar dan besar pematang sudah tidak layak lagi, semisal lebarnya sudah kurang dari satu jengkal telapak tangan dan atau tingginya sudah hampir rata dengan tanah lahan sawah.

Manambah masa tanah pada pematang memang membutuhkan keahlian, karena pada posisi samping, posisinya miring, tanah bisa melorot. namun jika berprinsip segala pekerjaan yang kelihatan jika ada niat pasti bisa di kerjakan oleh siapa saja. Seperti halnya nggaleng ini, menambah tinggi dan besar pematang. Saya yakin akan bisa hanya dengan melihatnya saja.

pematang yang sudah tipis , saatnya di galeng

pematang yang sudah tipis , saatnya di galeng

Terus sisi yang mana yang wajib kita perbaiki pematangnya? yupz ‘nice question‘. Sawah kita mempunyai 4 sisi pematang, kanan-kiri; depan dan belakang, biasanya kita bertanggung jawab akan ke dua sisi (namun tidak menutup kemungkinan kita mempunyai tanggung jawab terhadap 3 sisi pematang, jika ada parit) terserah sisi mana saja yang akan kita perbaiki dan menjadi tanggung jawab kita, yang penting atas kesepakatan dengan tetangga kita tadi, karena kita berbagi pematang dengan tetangga sawah kita, maka kita hanya mengurusi dua sisi pematang saja.

pematang yang telah selesai di galeng

pematang yang telah selesai di galeng

Karena pematang merupakan hal yang vital untuk sawah, alangkah baiknya selalu dijaga selalu dirawat, dan selalu diperbaiki, toh dalam sekali proses perbaikan pematang/ nggaleng akan bertahan lama, bisa sekitar 10 tahun.

Oiya, parit juga tak kalah pentingnya bagi petani, parit merupakan jalan masuk, maupun jalan keluar air dari lahan sawah. Air akan lancar masuk maupun lancar keluar bilamana parit bersih dari rerumputan maupun sampah, denan tingkatan kemiringan tertentu tentunya. Mak sebisa mungkin parit diusahakn selalu bersih.

membersihkan parit

membersihkan parit

parit yang bersih, air jadi lancar

parit yang bersih, air jadi lancar

Demikin sedikit tentang nggaleng satu diantara beberapa taambahan pekerjaan petani , semoga bermanfaat

2 thoughts on ““Nggaleng” Pekerjaan Tambahan Lagi Bagi Petani

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s