Plat Nomor Menumpuk, Samsat Bantul Antar ke Kelurahan-Kelurahan

Ilustrasi

Ilustrasi

kusnantokarasan.com – Ada sisitem managemen baru nih dari Samsat Bantul, yakni “Antar bola” hehehe..baru khan,. Maksudnya pihak kantor Samsat Bantul, mengantar Plat Nomor Kendaraan (dalam kesempatan ini kendaraan roda dua) ke sejumlah Kelurahan. Hal ini dilakukan dikarenakan plat nomor yang sudah jadi menumpuk banyak di kantor Samsat.
Yupz, kurun waktu 5 tahun terakhir ini pihak kantor Samsat Bantul mengalami keterlambatan yang sangat akan penyediaan atau pelayanan akan penerbitan plat nomor kendaraan baik baru maupun perpanjangan. Bahkan bisa sampai satu tahun penerbitan plat baru bisa terlayani. Bisa terjadi penupukan dikarenakan  sang pemilik kendaraan telah jemu mondar-mandir ke kantor Samsat untuk ambil plat, tapi plat nomor belum jadi juga, hingga akhirnya para pemilik agak males. Dan  ternyata saat ini banyak plat yang telah jadi,  hingga banyak dan menumpuk.
Nah ini etiket baik dari pihak Samsat Bantul yakni mengantar plat-plat  nomor kendaraan tersebut  ke kelurahan-kelurahan dimana banyak penduduknya sebagai pemilik plat yang telah jadi.

Sekitar 25.000 pasang plat nomor kendaraan roda dua masih menumpuk di gudang Samsat Bantul. Plat tersebut belum diambil oleh pemiliknya meskipun sudah selesai dikerjakan semenjak beberapa waktu lalu.

Bagian Urusan (Baur) Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) Samsat Bantul, Aiptu Nanang Purnomo menjelaskan, tanda nomor kendaraan bermotor (TNKB) yang belum diambil merupakan pendaftaran yang dilakukan tahun 2014 lalu.

Warga yang memperpanjang pajak dan butuh ganti plat tak dapat memperolehnya karena keterlambatan dari pusat.

“Untuk perpanjangan yang tahun 2014, yang belum jadi platnya mulai tanggal 15 Agustus hingga September saja. Lainnya sudah,” papar Anang saat akan melalukan sosialisasi pengambilan TNKB di Kantor Kelurahan Tamantirto, Kasihan, Bantul, Kamis (12/3/2015).

Meskipun sudah jadi, tetapi belum banyak warga yang mengambil. Menurut Anang, ini karena warga belum tahu jika plat nomor sudah dikirim ke Polres Bantul.

Agar plat nomor tidak menumpuk semakin banyak di gudang, maka pihaknya gencar melakukan sosialisasi langsung ke kelurahan. Sejauh ini, Anang sudah melakukan sosialisasi ke Baturetno di Kecamatan Banguntapan, serta tiga desa di Kecamatan Kasihan yakni Tirtonirmolo, Bangunjiwo dan Tamantirto.

“Pesertanya kepala dukuh agar mereka memberitahukan pada warga saat ada pertemuan di dusun masing-masing,” tambahnya.

Daerah yang menjadi sasaran sosialisasi merupakan desa yang warganya paling banyak belum mengambil plat nomor. Meskipun belum ada target waktu, tetapi Nanang mengupayakan agar semua wilayah di Kabupaten Bantul dapat terjangkau sosialisasi.

(tribunjogja.com)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s