ilustrasi knalpot racing
ilustrasi knalpot racing
Ilustrasi knalpot racing
Ilustrasi knalpot racing

kusnantokarasan.com – Knalpot Racing? kebanyakan knalpot racing efeknya sangat bising, namun ada juga yang terdengar merdu (jika kubikasi mesin besar mesin ganda plus ga terlalu menggeber/membetot gasnya -IMHO), Sebelum anda memasang knalpot racing pada motor anda, baiknya dengarkan dulu petunjuk dari sang ahli mesin berikut ini…
Penggunaan knalpot racing pada motor standar sebenarnya tidak direkomendasikan, karena efek positifnya tidak banyak, malah lebih banyak efek negatif terutama masalah suara berisik yang bikin kesal tetangga. Hehehe.

Kalau efek negatif untuk mesin tentu saja ada apalagi kalo mesin masih standar, karena dengan penggunaan knalpot yang free flow (knalpot racing) dibutuhkan campuran bensin yang lebih banyak agar tenaga mesin lebih baik sedangkan pada motor yang masih standar aliran bahan bakar sudah diatur sedemikian rupa untuk knalpot standar.

Alhasil biasanya dengan knalpot racing mesin bisa jadi lebih cepat panas, karena pembakaran kering.

Kalau ini dibiarkan tentu akan mempercepat keausan pada komponen mesin, mesin bisa saja ngelitik karena pada suhu panas karena terjadi pemuaian sehingga celah klep akan menjadi lebih longgar dan mesin akan lebih ngelitik

Oleh sebab itu jika Anda ingin menggunakan knalpot racing, Anda harus melakukan beberapa modifikasi pada mesin misalkan, dilakukan porting polish, celah klep diubah setelannya dan spuyer diperbesar.

Dengan begitu tenaga yang dihasilkan motor juga akan lebih baik, dan tentunya yang harus direlakan adalah pemakaian bahan bakar menjadi lebih boros.

Sebagus apapun knalpotnya tetap ada efek samping kalau mesin dan saluran bahan bakar masih standar, jadi kalo ingin performa lebih baik sebaiknya modif sedikit mesinnya supaya enggak mubadzir beli knalpotnya.

Demikian pendapat saya, semoga bermanfaat.
Salam
Andriyanto
Bintang Motor

 

konsultan mesin
konsultan mesin

Konsultasi Mesin Motor Bersama

Andriyanto
Bintang Motor

PT. Bintang Niaga Jaya
Jl. Mayor Oking No.102 Ciriung, Cibinong, Bogor
Telp. 021-8765447
Fax. 021-8765446

Advertisements