Apa Sih Kepanjangan CB pada Honda CB, Hayo Tau ga Lur?

honda CB (www.blar-blar.com)

honda CB (www.blar-blar.com)

kusnantokarasan.com – Bagi para pecinta motor retro (baca klasik) pastinya mempunyai segudang kisah tentang kebanggaan pada tunggangannya. Dimana pasti akan terjalin chemistry yang erat antara penunggang dan tunggangan. Ini dikarenakan sebuah kuda besi (baca sepedamotor ) yang tua, dimana apa-apa kalo sudah tua, sudah udzur ya pastinya sudah mengalami kemunduran performa bahkan perlu diganti sparepartnya. karena sparepart tadi sudah aus dan rusak, begitulah yang terjadi pada motor retro, (tapi yang bener-bener klasik loh ya), dimana mereka akan sering melakukan perawatan dan perbaikan, modifikasi tiada henti pada motor klasiknya.

Saat ini untuk segmen ‘retro’ hanyalah dikuasai oleh pabrikan berlambang sayap mengepak, tak lain dan tak bukan adalah pabrikan Honda, yupz betul sekali hanya Honda CB lah sang penguasa segmen retro/ segmen klasik kelas menengah bawah, hanya Honda CB lah yang dimiliki para biker di tanah air yang demen turing…blar…blarrrr.

Well, Honda CB, kita ga akan ngebahas yang berat-berat ya lur ..(lur=sebutan antar biker kepanjangan dari sedulur=saudara/kerabat/famili -is IMHO)

Yess, so kira-kira para biker tuh tau ga sih arti atau kepanjanagan dari CB dari Honda CB itu? Saya jadi penasaran akan kepanjangan CB maka saya mencoba mencari tau ke Om  google dan ternyata banyak juga yang telah mengartikannya. Salah satunya adalah blogger ‘roiscbi’ di situs roiscbi.wordpress.com, doi mengatakan kepanjangan dari CB=Contack Breaker (platina), CB=Cub penamaan seri keluaran Honda: super cub

Namun saya masih penasaran dan lalu menemukan lagi kepanjangan CB  dari situs manca yakni sebuah komunitas sohc4 dalam forums.sohc4.net mereka mengatakan bahwa kepanjangan CB= City Bike. Sedangkan slah satu teman blogger ‘kang Choiril Huda’  di situs orongorong.com pun mengamininya dalam artikelnya,.

Wel ge duwel…apapun itu, pihak Honda pun tidak mencoba mendefinisikannya koq, ya banyak yang mengatakan CB itu merupakan kode produksi/kode penamaan motor Honda  saja, jadi terserah orang mau mengartian apa. Ini di amini oleh blogger kang Ericko Anderson pada tulisannya, bisa sampeyan baca lagi disini, iya klik di s i n i.

Eh kang Ericko ngartikan CB= Commuter Bike alias Sport Naked ding. bisa diartikan motor harian kali ya kang?

Upz…ternyata Honda CB banyak arahnya ya, ada yang ke CBF, CBR, dan CBX.

So, jika ditarik kesimpulan, maka kepanjangan dari CB = Contact breaker (platina),ban CB= Cub ; CB= City Bike atau CB= Commuter Bike. monggo lah terserah sampeyan semua yang ingin mengartikannya.

Tapi yang jelas Honda CB adalah cikal bakalnya, patutlah para biker yang memiliki motor klasik Honda CB berbangga, dengan segala kepuasan memodifikasi, merawatnya, yang mengantar touring kemana-mana. Karena untuk saat ini kelas retro di nusantara ya hanya miliknya Honda CB, “sing klasik luwih asyik” = “yang klasik lebih asyik”,

terbukti Honda CB memang raganya motor klasik motor retro di tanah air,terbukti kebanyakan teman di facebook adalah para pengendara dan pemilik Honda CB, ada juga yang kaum wanita juga.

Mari dulur pecinta-pemerhati, pemilik , dan penunggang Honda CB klasik, keep safety riding ya, ga perlu bising-ga berisik karena liat tampilan motor CB sampeyan, pastinya semua sudah mengakui merasa asyik-unik lebih menarik….salam blarr-blarr !!! sedulur sadayana- semuanya se-nusantara…keep touring.

modifikasi honda CB www.blar-blar.com

modifikasi honda CB http://www.blar-blar.com

Advertisements

9 thoughts on “Apa Sih Kepanjangan CB pada Honda CB, Hayo Tau ga Lur?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s