“Geplak” – Mbok Tumpuk, Makanan Khas Bantul

Geplak Mbok Tumpuk

Geplak Mbok Tumpuk

kusnantokarasan.com – Geplak merupakan sebuah panganan/kudapan khas dari Bantul. Geplak terbuat dari campuran parutan kelapa dan gula.

Yach aneka masakan dan aneka panganan dari Bantul, memang berciri khas ‘manis’, pernah saudara dari Cilegon, Banten Jawa-Barat menilai bahwa masakan atau sayur pun terasa manis [sebagai contoh: sayur Gudeg]. Begitulah lidah orang bantul, lidah orang jogja memang suka dan condong ke rasa manis. Begitu juga panganan atau kudapan khas dari Bantul ini yakni Geplak hmmm nyummy bener-bener legit.

Dan yang paling familiar di Bantul adalah Geplak Mbok tumpuk. Geplak Mbok Tumpuk mempunyai ciri dan cita rasa khas tersendiri. Berbentuk bulat kepalan kecil, segenggam tangan, berbentuk padat, namun bila dikunyah terasa empuk, terasa berserat hasil parutan dan yang pasti rasa manis langsung memenuhi mulut, benar-benar berasa asli gula baik gula pasir maupun gula jawa. dan komposisi komplitnya meliputi Gula, Kelapa, Aroma dan Pewarna.

Untuk menjamin kualitas dan keasliannya, dan jaminan rasa maka toko Mbok Tumpuk tidak membuka cabang. Disamping geplak, yang menjadi ikon dari Mbok Tumpuk adalah cemilan Peyek-nya, yang bentuknya agak  unik, yang peyek/rempeyek lazimnya bulat dan pipih/tipis, tapi peyek hasil buatan dari Mbok tumpuk dibuat bertumpuk-tumpuk, namun bisa matang semua.

Geplak di jual dalam satuan kilogram, dan telah dikemas dalam wadah yang dibuat dari bambu  dinamakan besek, satu kemasan besek kecil diisi geplak seberat 0,5 kilogram. Saat ini Geplak Mbok Tumpuk dalam satu kilo berharga Rp 30ribu, sedangkan untuk harga peyek dalam satu kilogram adalah Rp 40ribu.

Geplak Mbok Tumpuk yang mana merupakan sentra oleh-oleh khas Bantul. ya, disamping Geplak dan peyek sebagai ikon Toko Mbok tumpuk, di toko ini juga menjajakan aneka cemilan, aneka roti basah dan roti kering.

Geplak Mbok Tumpuk beralamatkan di Jl KH Wahid Hasyim No. 104 Bantul, Jika anda dari kota Jogja, anda bisa menuju  ke Pojok Beteng Kulon, lalu ke arah Selatan terus sampai kurang lebih 10 Km maka anda akan sampai pada Toko Mbok Tumpuk. Jika anda kebetulan berlibur atau sedang berada atau lewat kota Bantul atau kota Yogyakarta, silahkan berbelanja oleh-oleh di sana.

Demikianlah sekilas pandang tentang sebuah panganan khas dari Bantul yakni Geplak dan salah satu pembuatnya yang terkenal ialah Mbok Tumpuk, semoga bermanfaat.

5 thoughts on ““Geplak” – Mbok Tumpuk, Makanan Khas Bantul

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s