Membedah Teknologi Idling Stop System (ISS) pada Motor Honda

Mas dan mbak sekalian, Honda mengikuti komitmennya sebagai rodusen motor yang peduli terhadap lingkungan dengan menggunakan teknologi Idling Stop System (ISS) pada produk sepedamotornya. Seiring dengan suksesnya penerapan teknologi ISS pada Honda PCX 150, kini produsen sepedamotor kelas dunia ini mulai menggunakannya kembali pada Honda BeAT dan Honda Vario.

Teknologi Idling Stop System

Teknologi Idling Stop System

Pengertian Idling Stop System

Teknologi Idling Stop System (ISS) adalah sistem untuk mematikan mesin secara otomatis pada saat motor berheti sejenak atau berhenti di lampu merah. Teknologi ini dapat mengurangi konsumsi pemakaian bahan bakar yang tidak perlu dan menurunkan emisi gas buang. Kinerja mesin lebih efisien , hemat bahan bakar dan ramah lingkungan.

 

Cara Kerja Idling Stop System (ISS)

Pastikan posisi tombol ISS sudah ditekan dan lampu indikator pada spedometer sudah menyala. Dan setelah motor dijalankan maka sensor akan memberitahu ECM (Engine Control Module) untuk mengaktifkan Idling Stop. Apabila motor berhenti minimal 3 detik maka ECM akan memerintahkanmesin untuk berhenti. Dan saat mesin mati, lampu indikator akan berkedip yang menandakan bahwa Idling Stop System sedang aktif dan sedang digunakan.

Saat handle gas (throttle) kita buka, maka Throttle Position Sensor (TP Sensor) akan memberi sinyal ke ECM untuk memberitahu alternator untuk menghidupkan mesin tanpa perlu menekan tombol starter, maka mesinakan otomatis menyala. Kejadian ini akan terus-menerus berlangsung selama tombol ISS di aktifkan. Namun jika tombol ISS tidak diaktifkan maka ISS tidak bekerja.

Berikut ini adalah urutan cara kerja Idling Stop System

cara kerja Idling Stop System

cara kerja Idling Stop System

Syarat agar Idling Stop bekerja :

  • Tekan tombol ISS pada posisi “Idling Stop”
  • Putaran mesin standar 1700 rpm +/- 100
  • Temperatur mesin melebihi 60 derajat Celcius
  • Motor telah mencapai kecepatan melebihi 10 kilometer
  • Handle gas dalam posisi tertutup penuh
  • Motor dalam kondisi berhenti setidaknya 3 detik, maka lampu indikator akan otomatis berkedip, dan mesin akan mati secara otomatis

Cara mengaktifkan Teknologi Idling Stop System

untuk mengaktifkannya, anda hanya perlu mengubah posisi button switch ke kondisi Idling Stop (tekan ke bawah). Maka lampu hijau yang terdapat pada speedometer akan menyala secara otomatis, itu tanda bahwa sistem ISS sudah dapat dilakukan. Ketika motor anda berhenti selama 3 detik dan sistem ISS berfungsi, maka lampu hijau tersebut akan berkedip, sebelum nantinya akan menyala sempurna kembali ketika anda mulai menarik tuas gas.

Dengan adanya teknologi ISS ini, jumlah emisi bahan bakar yang berhasil dikurangi dapat mencapai 7% dibandingkan dengan yang tanpa teknologi ISS, berdasarkan pengujian oleh Honda menggunakan metode ECE R40. Namun ternyata pada acara Fun Ridding ternyata Vario Techno 125 CBS ISS mampu menempuh jarak hingga 76,1 kilometer per liternya. Dan dapat disimpulkan bahwa dengan teknologi ISS mampu lebih irit hingga 37% dari Vario Techno pendahuluny.

 

(sumber : hondacengkareng.com)
Iklan

4 thoughts on “Membedah Teknologi Idling Stop System (ISS) pada Motor Honda

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s