Pajak Motor Mati (telat) 4 Tahun ? Ini Besaran Dendanya

Contoh STNK

Contoh STNK

Entah alasannya apa ya seseorang bisa  sampai  bisa telat bayar pajak motor hingga 4 tahun, bahkan ada yang 8 tahun. Coba bayangkan apa si doi ga hidup di zaman ini, di keramaian saat ini, walaupun tinggal di desa setidaknya dia pergi ke kota khan. lewat jalan raya juga bukan? Apa tidak ketemu operasi zebra? Apa tidak kecegat operasi tertib Lalu-Lintas dari Pihak Kepolisian? Atau, mungkinkah dia tinggal di hutan ???

 

Ah entahlah apa alasan bagi mereka yang telat pajak, karena bagi saya pribadi sih bayar pajak adalah tanda kita taat, bahkan ada pepatah modern yang berujar,” Orang bijak-bayar pajak.” Yuu-huu berarti kita-kita yang bayar pajak termasuk orang bijak ya, termasuk penulis..ehmm amiin.

Well… mengutip dari harian tribunjogja.com ada solusi nih bagi mereka-mereka yang telat bayar pajak motor hingga 4 tahun atau lebih, ‘oke, let’s we read carefully‘…

 

Pemerintah memberikan toleransi satu hari kerja pada keterlambatan pembayaran pajak kendaraan. Misalnya, bila dalam masa berlaku notis pajak habis pada tanggal 1, maka pemerintah memberikan toleransi waktu satu hari kerja, yakni tanggal 2, agar pemilik segera menyelesaikan pembayaran pajak kendaraannya. Artinya denda akan berlaku pada tanggal 3, namun jika waktu berlaku habis jatuh pada hari Sabtu, maka denda baru dikenakan pada hari Selasa.

Jika masa toleransi tersebut diabaikan, maka denda akan diberlakukan sebesar 25% dari pokok wajib pajak. Tapi jika pembayaran pajak kendaraan terlambat lebih dari satu bulan, maka pemilik akan dikenakan denda tambahan sebesar 2% dari pokok wajib pajak.  Pemerintah mematok denda maksimal sebesar 48% atau tidak membayar selama satu tahun. Untuk yang lebih dari satu tahun maka estimasi perhitungannya adalah berapa tahun telat lalu dikalikan PKB+SW-JR, lalu ditambah denda/sanksi administrasi untuk PKB maupun SW-JR. Sanksi adm. untuk PKB pertahunnya sebesar 48%, sedangkan sanksi administrasi untuk SW-Jasa Raharja sebesar 32.000/tahun untuk sepeda motor.

Denda ini berlaku untuk semua kendaraan, baik roda dua maupun roda empat.

 

Totok Jaka Suwarta SH

Kasi Pendaftaran dan Penetapan Pajak Kendaraan Samsat Kota Yogyakarta.

Oke, demikian sedikit info, semoga bermanfaat.

NB : silahkan simak komentar dibawah, jika ada rekan-rekan yang ingin menanyakan perihal besaran pajak plus sanksi/dendanya jika lebih dari 1 tahun, terimakasih.

Iklan

1.765 thoughts on “Pajak Motor Mati (telat) 4 Tahun ? Ini Besaran Dendanya

    • Oke Fai, mudahnya jika pajak telat selama 4 tahun maka tinggal kita mengkalikan 4 pajak tahunan motor jupiter kamu plus ditambah denda 2 x PKB, plus tambahan biaya ganti plat/stnk sebesar 90ribu.

      Suka

  1. aslkm mas say mau tanyak mntr sya mati sejak bln 10 2014 mau saya her kan bln ini ,,pkb nya 165.000 swdnya 35 ,,
    tolng bantuanya sya harus byr brapa

    Disukai oleh 1 orang

    • Baiklah Koko, jika telat 3 tahun dan besaran pajak segitu, dengan rumus perhitungannya sbb 3 x (PKB+SW) + 3x 50%(PKB)= 3 x (750.000+143.000) + 3 x 50%(750.000)= 1.179.000+1.125.000=2.304.000

      Suka

    • Baiklah Koko, jika telat 3 tahun dan besaran pajak segitu, dengan rumus perhitungannya sbb 3 x (PKB+SW) + 3x 50%(PKB)= 3 x (750.000+143.000) + 3 x 50%(750.000)= 1.179.000+1.125.000=2.304.000

      Suka

    • Jika terakhir bayar pajak thn 2011 hingga tahun ini/2016 maka terhitung nunggak selama 5 tahun, dan rumusnya sbb: 5 x (PKB+SW) + 5 x 50%(PKB) + ganti plat sebesar 90ribu = 1.282.000+473.500+90.000=1.845.500

      Suka

  2. Pak mohon bantuannya:
    pajak terakhir di stnk 24-05-2012
    PKB 150.000
    SWD 35.000

    mohon penerangan perhitungannya pak…terima kasih

    Suka

    • Baiklah Mufid, jika terakhir bayar pajak th 2012 hingga tshun ini/2016, maka terhitung nunggak selama 4 tahun dan rumus perhitungannya sbb : 4 x (PKB+SW) + 4 x 50%(PKB )= 4 x (150.000+35.000) + 4 x 50%(150.000)= 750.000+300.000=1.050.000

      Suka

      • Terima kasih atas infonya, mau tanya sekali lg pak.. ini stnk nya daerah Bekasi Utara dan akan di balik nama…
        bisa dihitungin gak pak klo mutasi ke tangerang kota berapa, kalau ke jakarta timur kena brp ? Pak boleh minta CP nya gak pak.. (kirim ke email saja ya pak)

        Suka

    • Bsik Deden, jika pajak telat dr th 2014, maka terhitung nunggak selama 2 tahun, jika melewati pajak 5tahunan/ganti STNK/plat ada tambahan biaya sebesar 90ribu, dan rumusannya sbb: 2 x (PKB+SW) + 2 x 50%(PKB) + 90.00 = 2 x (213.500+35.000) + 2 x 50%(213.500) + 90.000 = 497.000 + 213.500 + 90.000= 800.500

      Suka

  3. punten pak mau nanya.
    pajak sudah telat 3 tahun, pkb 295 dan sw 130.
    kira-kira kalo saya mau bayar pajak nya, saya kenak denda brapa ya pa?
    makasi

    Suka

    • Jika telat 5 tahun, maka tinggal mengalikan 5 pajak tahunan nya, ditambah denda pertahunnya sebesar 50%, jika melewati pajak 5 tahunan ditambah biaya sebesar 90ribu.

      Suka

  4. motor sanex saya mati mei 2010, nah itu sudah 6 tahun, itu kalau perpanjang kira” berapa ya? adakah seperti pemutihan gitu? karna selama ini motor digudang, baru mau dioprasikan kembali, mohon pencerahannya, makasih

    Disukai oleh 1 orang

    • Jika pajak telat selama 6 tahun maka rumusnya pajak tahunan (PKB+SW) di kali 6, ditambah denda pertahunnya 50% dari PKB (6 x 50%(PKB), + tambahan biaya pajak 5 tahunan sebesar 90ribu. Untuk pemutihan memanglah tidak ada jadwal rutin, itu tergantung kebijakan dinas terkait setempat.

      Suka

  5. Ass mas kusnanto, tolongin ya cara menghitung pajak mobil telat 3 tahun sedangkan STNK habis bulannya 12 tahunnya 2016. Terimakasih mas. (salam Djoko.s)

    Suka

  6. Assalammualaikum. Mas Kusnanto, berapa ya beaya yang saya siapkan kalau PKB 1.925.000, swdkllj 143.000 jika telat 3 tahun dan STNK habis bulan 12, tahun 2016, mohon penerangan terima kasih

    Suka

    • Wa’alaikumussalam Baiklah mas Djoko Seputro saya coba hitungkan estimasi biaya jika pajak telat 3 tahun dengan besaran segitu, maka rumusnya sbb; 3 x (PKB+SW) + 3 x 60%(PKB) = 3 x (1.925.000+143.000) + 3 x 50%(1.925.000) = 6.204.000 + 2.887.500 = 9.091.500

      Suka

  7. Maaf mas mau nanya… Motor saya Platnya KT dan motornya ada di sulsel kemudian saya mau mutasi ke Sulsel . Motornya keluaran 2010 dan belum pernah bayar pajaknya semenjak 2010. Tepat bulan November 2016 nanti udah 6 tahun… kira kira biayanya berapa yah ? Makasih sebelumnya…

    Disukai oleh 1 orang

  8. Bos motor saya revo thn 2010 g bayar pajak 6 tahun terus harus ganti plat..kira kira total nya berapa y..mohon bantuan nya..

    Suka

    • Baiklah bro Aris Marpiana, jika telat bayar pajak selama 6 tahun dan pas ganti plat maks rumusnya begini, 6 x pajak tahunan (PKB+SW) + denda 6 x 50%(PKB) + tambahan biaya ganti plat 90ribu. Begitu hitungannya bro.
      ..

      Suka

  9. mas klo mobil thn2010 pkb 3.200.000 sw 152.000 mati pajak 3thn mau mutasi n balik nama + pajak 5tahunan kira2 habis brapa ya mas makasih banyak sebelumnya

    Disukai oleh 1 orang

  10. Pak mohon bantuan nya,jika pkb 154.500/swd 35.000 stnk mati tnggl 23_08_2015,,brpa bsaran yg hrus sya byar bila dngan gnti pemilikn (mutasi)?…..

    Suka

    • Wa’alaikumussalam David, jika begitu maka rumusnya begini; 4 x (PKB+SW) + 4 x 50%(PKB) + 90.000 = 4 x 142.500+35.000 + 4 x 50%(142.500) + 90.000= 710.000 + 285.000 + 90.000= 1.085.000

      Suka

    • Wa’alaikumussalam, baiklah Devi saya coba bantu estimasi biaya nya jika begitu nunggak selama 6 tahun, denda pertahunnya sebesar 50% dari PKB, melewati pajak 5 tahunan ada biaya tambahan 90.ribu. Dan rumusannya sbb,; 6 x (PKB+SW) + 6 x 50%(PKB) + 90.000 = 6 x (300.000+168.000) + 6 x 50%(300.000) + 90.000 = 2.808.000 + 900.000 + 90.000 = 3.798.000

      Suka

      • Padahal rencana besok pagi mau ngurus pajaknya…. Tadinya prediksi saya paling paling 2,5 dah tak siapi2.500.000 ,tp kok biaya membengkak segitu yaaa.. Mohon maaf ad info solusi g yaa.. Pemutihan ato gmn..?nuwun

        Suka

  11. Mohon bantuanya maz,motor saya terakhir bayar pajak 01-2013 dan platnya habiz 01-2015.pkb 160.500 swd 35.000.kira2 brapa maz yang harus disiapkan?

    Disukai oleh 1 orang

    • Jika begitu maka telat 3 tahun, dan jika melewati pajak 5 tahunan ada tambahan biaya sebesar 90ribu, dan rumusannya sbb 3 x (PKB+SW) + 3 x 50%(PKB) + 90.000 = 3 x (160.500+35.000) + 3×50%(160.500) + 90.000 = 586.500 + 240.750 +90.000=917.250

      Suka

  12. Pak motor saya jupiter mx thun 2011 kurang lebih pajak mati 5 tahun .
    Pkb .rp 210
    SWDKLLJJ,rp 25

    Kira kira berapa ya pak
    Mohon bantuannya-
    Makasi

    Disukai oleh 1 orang

    • Baiklah Rief abdie, jika pajak telat selama 5 tahun dengan biaya segitu maka, perhitungannya sbb 5 x PKB+SW) + 5 x 50%(PKB) = 5 x (210.000+25.000) + 5 x 50%(210.000) = 1.175.000 + 525.000 = 1.700.000, jika melewati pajak 5 tahunan/ganti plat ada tambahan biaya sebesar 90ribu

      Suka

  13. Pak saya mau nanya Kalo motor saya satria fu mati 3 tahun pkb 267800,,, trs swdkllj 35000 berapa ya pajak yg harus saya bayar ama mau balik nama makasihhh ya Pakk…

    Suka

  14. Tolong dbantu Pak,
    Saya pnya motor yamaha mio j,
    Pkb = 148.500
    Swdkljj = 35.000
    Posisi pajak susah telat 4 th 1 blan, kira2 brapa Pak besaran yg harus saya bayarkan,
    Terimakasih..

    Disukai oleh 1 orang

  15. *malem om kusnanto, mohon bantuannya, saya bru bli kendaraan, di stnk terahir banyar pajak 28-08-2012 plat nya pun udah mati thun lalu, rencana mau saya perpanjang total habisnya kira2 berapa ya om kalo PKB 2.362.500 sama SW 143.000

    Disukai oleh 1 orang

    • Baiklah Fauzan, jika begitu maka terhitung nunggak selama 4 tahun, denda pertahunnya 50% dr PKB dan jika melewati pajak 5 tahunan/ganti plat/stnk ada tambahan biaya sebesar 130ribu, dan perhitungannya sbb: 4 x (PKB+SW) + 4 x 50%(PKB) + 130.000 = 4 x (2.362.500+143.000) + 4 x 50% (2.362.500) + 130.000 = 10.022.000 + 4.725.000 + 130.000 = 14.877.000.

      Suka

  16. malem om kusnanto, mohon bantuannya, saya bru bli kendaraan, di stnk terahir banyar pajak 28-08-2012 plat nya pun udah mati thun lalu, rencana mau saya perpanjang total habisnya kira2 berapa ya om kalo PKB 2.362.500 sama SW 143.000

    Disukai oleh 1 orang

    • Baiklah Fauzan, jika begitu maka terhitung nunggak selama 4 tahun, denda pertahunnya 50% dr PKB dan jika melewati pajak 5 tahunan/ganti plat/stnk ada tambahan biaya sebesar 130ribu, dan perhitungannya sbb: 4 x (PKB+SW) + 4 x 50%(PKB) + 130.000 = 4 x (2.362.500+143.000) + 4 x 50% (2.362.500) + 130.000 = 10.022.000 + 4.725.000 + 130.000 = 14.877.000

      Suka

    • Baiklah Dedi, jika segitu maka terhitung nunggak selama 5 tahun, sedangkan denda pertahunnya sebesar 50% dr PKB, jika melewati pajak 5tahunan/ganti plat/stnk ada tambahan biaya sebesar 90ribu, dan akumulasi rumus perhitungannya sbb: 5 x (PKB+SW) + 5x 50%(PKB) + 90.000, silahkan dikalkulasi sendiri ya!

      Suka

  17. Mohon bantuannya mas
    Motor saya honda gl 125 k thn 82
    Pkb : 16.800
    Sw : 12.000
    Terakhir kna pjak thn 99
    Jika saya mau menghidupkan pjaknya kmbli kira-kira biayanya brpa?

    Disukai oleh 1 orang

    • Jika begitu berarti nunggak pajak selama 17 tahun, ya kalo hitungannya berarti 17 x (PKB+SW) ditambah dendanya 17 x 50%(PKB) sepertinya melewati pajak 5 tahunan 3 kali jadi ditambah 90ribu x 3. Silahkan dikalkulasi sendiri ya

      Suka

  18. mas kus tolong dibantu, sudah saya hitung malah jadi ribet hasilnya hehe.
    ninja rr 2010
    terakhir bayar pajaknya 30 agustsus 2013. sampai sekarang belum di bayar 2016. (ganti plat)
    PKB 504.000
    SWDLLKJ 35.000

    denda yang harus saya bayar berapa mas. trims sebelumnya 🙂

    Disukai oleh 1 orang

    • Baiklah Bernad akan saya coba bantu estimasi akumulasi pajak+dendanya, jika begitu maka terhitung nunggak selama 3 tahun, denda 50%(PKB/th) + ganti plat(90.ribu) dan rumusannya sbb: 3 x (PKB+SW) + 3 x 50%(PKB) + 90.000= 3 x (504.000+35.000) + 3 x (504.000) + 90.000 = 1.617.000 + 756.000 + 90.000 = 2.463.000

      Suka

  19. Maav mohon pencerahaan nya mas kemarin saya beli motor keluaraan tahun 2012 …..pajak STNK sampe dengan 2013 ….sama sekali blum bayar pajak…plat no sampe 2017….saya berniiat untuk ganti plat sama balik nama..trus plat motor saya jakbar sementara saya tinggal di jaksel…kira kira brapa saya urus semua nya …terima kasih

    Suka

  20. Mas saya mau tanya klo pajak motor telat 5 tahun, dari beli baru
    Dtambah balik nama kira2 brp ya.?
    Pkb : Rp 148.500
    SWDKLLJ : Rp 35.000
    BBN KB : Rp 990.000
    Mohon pencerahannya mas.
    Soalnya wktu ngambil mtor atas nma orang lain.
    Totalnya brp kira2 ?

    Disukai oleh 1 orang

    • Jika pajak telat selama 3 tahun dan melewati pajak 5 tahunan, maka rumusannya sbb; 3 x (PKB+SW) + 3 x 50%(PKB) + 90.000 = 3 x (227.500+35.000) + 3 x 50%(227.500) + 90.000 = 787.500 + 787.500 + 90.000 = 1.218.750

      Suka

      • Assalamualaikum
        Mas saya punya vespa tua thn 65, dari stnk terlihat bahwa pajak terakhir bayar juni 1992 sebesar Rp 18.850 / thn.
        Kalau saya ingin membayar pajak s/d saat ini bagaimana perhitungannya? Atau kah dapat diputihkan?
        Bagaimana supaya stnk tersebut valid & berlaku kembali.
        Terima kasih utk pencerahannya.
        Wassalam

        Disukai oleh 2 orang

      • Wa’alaikumussalam, perhitungan pajak plus dendanya jika telah nunggak selama lebih dari 1 tahun maka kita tinggal kita mengaliksn berapa tahun kita munggak dengan pajak tahunan, jika misal terakhir bayar pajak pada th 1992 hingga sekarang maka terhitung nunggak selama 24, maka rumusnya : 24 x (PKB+SW), untuk denda pertahunnya sebesar 50% dari PKB. Jika melewati pajak 5 tahunan maka tambahan biaya sebesar 90.000. Ya begitulah perhitungannya. Memang lebih ringan jika ada dispensasi yakni jika ada pemutihan, kita di bebaskan dari denda, tapi perhitungannya tetap seperti tsb diatas yakni Berapa kali kita nunggak dikali PKB+SW, dan kita juga tidak tau kpn diadakan pemutihan, karena itu merupakan hal preogratif masing-masing samsat. Coba konsultasi kan ke samsat setempat. Untuk memvalidkan stnk ya membayar lunas pajak.

        Disukai oleh 1 orang

  21. Mas, tolong dong di itung apabila pajak telat 4 tahun, PKB nya 225.000, SWDKJJL 35.000, lalu denda apa aja yg akan di kenakan….terima kasih

    Suka

    • Baiklah Mona, jika kita telat bayar pajak lebih dr 1 tahun maka denda pertahunnya sebesar 50% dari PKB, perhitungannya jika telat selama 4 tahun rumusannya sbb; 4 x (PKB+SW) + 4 x 50%(PKB), itu lah rumusnya, silahkan dikalkulasi sendiri ya

      Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s