Pajak Motor Mati (telat) 4 Tahun ? Ini Besaran Dendanya

Contoh STNK

Contoh STNK

Entah alasannya apa ya seseorang bisa  sampai  bisa telat bayar pajak motor hingga 4 tahun, bahkan ada yang 8 tahun. Coba bayangkan apa si doi ga hidup di zaman ini, di keramaian saat ini, walaupun tinggal di desa setidaknya dia pergi ke kota khan. lewat jalan raya juga bukan? Apa tidak ketemu operasi zebra? Apa tidak kecegat operasi tertib Lalu-Lintas dari Pihak Kepolisian? Atau, mungkinkah dia tinggal di hutan ???

 

Ah entahlah apa alasan bagi mereka yang telat pajak, karena bagi saya pribadi sih bayar pajak adalah tanda kita taat, bahkan ada pepatah modern yang berujar,” Orang bijak-bayar pajak.” Yuu-huu berarti kita-kita yang bayar pajak termasuk orang bijak ya, termasuk penulis..ehmm amiin.

Well… mengutip dari harian tribunjogja.com ada solusi nih bagi mereka-mereka yang telat bayar pajak motor hingga 4 tahun atau lebih, ‘oke, let’s we read carefully‘…

 

Pemerintah memberikan toleransi satu hari kerja pada keterlambatan pembayaran pajak kendaraan. Misalnya, bila dalam masa berlaku notis pajak habis pada tanggal 1, maka pemerintah memberikan toleransi waktu satu hari kerja, yakni tanggal 2, agar pemilik segera menyelesaikan pembayaran pajak kendaraannya. Artinya denda akan berlaku pada tanggal 3, namun jika waktu berlaku habis jatuh pada hari Sabtu, maka denda baru dikenakan pada hari Selasa.

Jika masa toleransi tersebut diabaikan, maka denda akan diberlakukan sebesar 25% dari pokok wajib pajak. Tapi jika pembayaran pajak kendaraan terlambat lebih dari satu bulan, maka pemilik akan dikenakan denda tambahan sebesar 2% dari pokok wajib pajak.  Pemerintah mematok denda maksimal sebesar 48% atau tidak membayar selama satu tahun. Untuk yang lebih dari satu tahun maka estimasi perhitungannya adalah berapa tahun telat lalu dikalikan PKB+SW-JR, lalu ditambah denda/sanksi administrasi untuk PKB maupun SW-JR. Sanksi adm. untuk PKB pertahunnya sebesar 48%, sedangkan sanksi administrasi untuk SW-Jasa Raharja sebesar 32.000/tahun untuk sepeda motor.

Denda ini berlaku untuk semua kendaraan, baik roda dua maupun roda empat.

 

Totok Jaka Suwarta SH

Kasi Pendaftaran dan Penetapan Pajak Kendaraan Samsat Kota Yogyakarta.

Oke, demikian sedikit info, semoga bermanfaat.

NB : silahkan simak komentar dibawah, jika ada rekan-rekan yang ingin menanyakan perihal besaran pajak plus sanksi/dendanya jika lebih dari 1 tahun, terimakasih.

1.768 thoughts on “Pajak Motor Mati (telat) 4 Tahun ? Ini Besaran Dendanya

  1. selamat malam.maaf pak sy mau tanya pajak mobil saya telat 1tahun..dan bulan depan akan masuk pajak yg ke 2.11-05-2017.tolong di hitung pajak + dendanya pak perkiraan habis berapa ya…PKB 1.305.000 SW 143.000.. tks

    Disukai oleh 1 orang

    • Selamat malam Edy, baiklah jika begitu dan jika akan bayar pada bulan depan maka rumusannya sbb : 2 x(PKB+SW-JR) + 47%(PKB) + 100.000 + 100.000_ silahkan dihitung sendiri ya pakai kalkulator

      Suka

  2. Pak minta tlg rumus penghitungannya..
    Mobil plat b beli tahun 2012.. Dr stlh beli blm byr pajak.. Tahun ini mau byr plus ganti plat.. Jadi total bayarny bsk brp ya? Makasih

    Disukai oleh 1 orang

  3. Slamat malam pak, saya minta tolong perhitungkan berapa biaya yang harus saya keluarkan.

    Saya beli motor second Yamaha Mio J 2012 pajak mati dari 2013 tapi plat sampai bulan 11- 2017. Terima kasih

    Disukai oleh 1 orang

    • Slamat malam pak, saya minta tolong perhitungkan berapa biaya yang harus saya keluarkan.

      PKB = 173.000
      SWDKLLJ = 35.000

      Saya beli motor second Yamaha Mio J 2012 pajak mati dari 2013 tapi plat sampai bulan 11- 2017. Terima kasih

      Disukai oleh 1 orang

      • Baiklah Ricky , jika sekalian bayar pajak pas di bulan 11-2017 maka terhitung nunggak selama 4 tahun maka rumusannya sbb : 4 x(PKB+SW-JR) + 47%(4xPKB) + (4×32.000) + 185.000, nah silahkan dihitung sendiri ya pakai kalkulator.

        Suka

    • Baiklah Ricky , jika sekalian bayar pajak pas di bulan 11-2017 maka terhitung nunggak selama 4 tahun maka rumusannya sbb : 4 x(PKB+SW-JR) + 47%(4xPKB) + (4×32.000) + 185.000, nah silahkan dihitung sendiri ya pakai kalkulator.

      Suka

      • Pak berapa bnyk dana jika Sy mau perpanjang STNK yg masanya mati Dr 28-03-2013. Dan perpanjang plat nomer dgn masa matinya. 28-03-2016.
        Kira kenapa berapa ya pak.
        Terimakasih

        Disukai oleh 1 orang

      • Berarti nunggak selama 4 tahun? Jika iya + ganti plat maka rumusannya sbb: 4 x(PKB+SW-JR) + (4xPKB)x47% + 185.000, silahkan dihitung sendiri ya pakai kalkulator!

        Suka

  4. Saya mau tnya kalo motor beat 2012 telat bayar pajak 3 thn dan desember 2017 nanti jatuh tempo ganti stnk dan plat bm motor Kra2 kena berapa ya pak?

    Suka

    • Baiklah Abuzara, jika pajak telat selama 3 tahun + mau balik nama berikut rumusannya: 3 x(PKB+SW-JR) + 47%(3xPKB) + (3×32.000) + 410.000, silahkan dihitung sendiri pakai kalkulator ya!

      Suka

  5. Maaf pak saya beli motor bekas 2011 pajak tidak pernah dibayar sampai sekarang 04- 2017 dan udah ganti plat.. berapa hitungan ganti plat Ama Balik nama.. mahir Maros…

    Suka

    • Baiklah Mahir akan saya kasih rumusannya jika pajak seperti yang kau sampai kan, yang terhitung nunggak selama 6 tahun, dan Pastinya melewati pajak 5 tahunan/ganti plat & rumusannya sbb : 6 x(PKB SW-JR) + 47%(6xPKB) + (6×32.000) + 185.000, silahkan dihitung sendiri ya pakai kalkulator.

      Suka

  6. pak,motor saya vario 125 th 2014.sampai sekarng belom bayar pajak,kena denda berapa,dan berapa besaran yang harus saya bayar pak? mohon pencerannya pak.trimakasih..

    Disukai oleh 1 orang

    • Baiklah Amir. Jika pajak bwlum bayar dari tahun 2014 hingga sekarang 2017, maka terhitung nunggak selama 3 tahun maka rumusannya sbb: 3 x PKB SW-JR + 47%(3xPKB) + (3×32.000) + 25.000, silahkan dihitung sendiri ya pakai kalkulator!

      Suka

  7. selamat pagi pak..
    mohon dibantu,untuk rumusan pajak motor saya mati 3 tahun 8 bulan.tepatnya tgl09-07-2017 nanti pas 4 tahun matinya.
    motor byson plat kt-…ed…..
    PKB 235.500
    SW 35.000
    cara perhitungan 47%nya saya gak ngerti.mohon dibantu saya totalannya berapa pak ya.hari selasa nanti mau saya bayar pajaknya.sekian dan terimakasih.

    Suka

    • Jadi gini Donal,jika begitu dibulatkan saja menjadi 4 tahun, dan rumusannya sbb : (PKB+SW-JR)x 4 + (4xPKB)x47% + (32.000×4) + 25.000, silahkan dihitung sendiri ya pakai kalkulator

      Suka

    • Baiklah Andika, jika begitu maka pajak terhitung nunggak selama 5 tahun+ ganti plat maka rumusannya sbb: (PKB+SW-JR)x5 + (5xPKB)x47% + (5×32.000) + 185.000, nah silahkan dihitung sendiri ya pakai kalkulator!

      Suka

  8. Sore pak saya mau tanya.saya beli kendaraan second vario.di stnk tertulis ditetapkan tgl 27 agustus 2014 berlaku sampai 26 agustus 2015.PKB nya 189.000.kalau saya mau bayar denda nya kira2 sampai berapa ya?makasih sebelumnya

    Disukai oleh 1 orang

  9. Selamat sore pak, saya derry
    saya beli motor mei 2014 jatuh tempo pajak sejak 12 Mei 2015 terhitung 2 tahun dan sudah mau memasuki tahun ke 3 di tgl 12 Mei 2017, bagai mana rumusan nya pak ? apakah jika saya bayar setelah tgl 12 Mei 2017 tetap dikenakan denda 47%(3xPKB) ?

    Disukai oleh 1 orang

    • Selamat sore Derry, untuk memudahkan hitungan dibulatkan saja ke 3 tahun karena selisih juga tidak seberapa, silahkan cari rumusannya dikomentar yang telat 3 taun ya!

      Suka

  10. Mau tanya pak, saya mempunyai kendaraan honda astrea grand tahun 1996, dan telat pajak dari 16-11-2014, akan tetapi ganti plat 2016,
    dan saya cek biaya yang tertera di STNK(lama/telat) PKB = 68.850, SWDKLLJ = 134000,
    Terus saya cek disamsat online kok beda ya pak perhitungannya , yang di online tu
    PKB =52.500, SWDKLLJ = 105.000!! Yang menjadi pedoman perhitungannya itu yang mana ya pak? lalu bagaimana perhitungannya pak? mohon pencerahannya pak

    Disukai oleh 1 orang

    • Untuk rumusannya pajak+denda pertahunnya adalah PKB+SW-JR =pajak + denda 47%xPKB + 32.000_ jadi jika pajak telat selama 3 tahun + ganti plat= 3 x(PKB+SW-JR) + 47%(3xPKB) + (3×32.000) + 185.000, ini juga bersifat estimasi , hanya perkiraan saja, tapi tidak jauh melesetnya. Silahkan dihitung sendiri ya pakai kalkulator.

      Suka

  11. pak motor saya sejak beli di tahun 2012 gak pernah di bayar pajaknya. stnknya pun mati bulan april kemarin, tepatnya 19/04/17. kalo saya mau urus pajak plus perpanjangan plus denda rumusnya bagaimana yah pak? trimakasih

    Disukai oleh 1 orang

  12. Slmt malam Pa. Mau tanya kalo stnk saya mati tgl : 08-07-2014 , terus platnya mati tgl : 08-07-2015
    Cara rumus perhitungan + denda bagaimana ya Pa….terima kasih

    Disukai oleh 1 orang

    • Selamat malam fharel, jika begitu maka terhitung nunggak selama 4 tahun+ ganti plat+dendanya maka rumusannya sbb: (PKB+SW-JR) x4 + (PKBx4)x47% + (32.000×4) + 185.000, silahkan dihitung sendiri ya pakai kalkulator!

      Suka

  13. midi min, saya minta perincian nya. berlaku pjak 05-05-2014 PKB : 142.500 swdkllj :35000 mass berlaku plat 05-05-2018.. jadi brapa total yg harus saya bayar.. mohon penjelasaan nya makasi

    Suka

    • Jika begitu maka terhitung nunggak selama 4 tahun, maka rumusannya sbb : 4x(PKB+SW-JR) + (4xPKB)x47% + (4×32.000) + 25.000, silahkan dihitung sendiri ya pakai kalkulator!

      Suka

  14. Assalamualaikum pak selamat malam
    Sya mau ambil mokas tp telat nya 3 tahun, jika sy asumsikan PKB nya 300rb, brp y pak kira2 biayanya,,, dan sy msih bngung JR itu apa pak.?

    Suka

    • Wa’alaikumussalam, JR atau tepatnya SW-JR itu simpanan wajib jasa raharja besarnya 35 ribu, jika pajak telat selama 3 tahun maka rumusannya sbb : (PKB+SW-JR) x3 + (PKBx3)x47% + (32.000×3)_ silahkan dihitung sendiri ya pakai kalkulator!

      Suka

    • Wa’alaikumussalam, baiklah Putri, jika begitu maka gunakan rumus ini : 5x(PKB+SW-JR) + (5xPKB) x47% + (5×32.000) + 185.000, silahkan dihitung sendiri ya pakai kalkulator!

      Suka

  15. pak saya mau tanya .. saya beli mokas pajaknya mati 2007 trus plat nomor nya mati 2009…saya mau balik nama sekalian …tolong di kalkulasikan habis brapa ya pak

    Suka

  16. Selamat pagi pak, motor saya semenjak beli thn 2012 smpai 2017 blm bayar pajak selama 4 thn, kira2 brp biaya yg hrs saya bayar y pak??? Mksih pak

    Disukai oleh 1 orang

    • Selamat pagi Maulana, jika pajak telat selama 4 tahun+ ganti plat maka rumusannya sbb : 4x(PKB+SW-JR)+ 47%(4xPKB) + (4×32.000) +185.000, silahkan dihitung sendiri ya pakai kalkulator!

      Suka

  17. Assalamualaikum pak..mohon di itungin dong pak.
    Saya punya Vixion taun 2009,telat pajak dari taun 2014 + harus ganti plat,kira” berapa ya pak…terima kasih

    Suka

    • Wa’alaikum salam Aditya, coba di lihat stnk warna coklat, lihat besaran PKB & SW-JR, nah jika pajak telat selama 4 tahun maka rumusannya sbb : 4x(PKB+SW-JR) + 47%x(4xPKB) + (4×32.000) + 185.000, nah silahkan dihitung sendiri ya pakai kalkulator!
      .

      Suka

  18. Assalamualaikum pak..mohon di itungin dong pak.
    Saya punya Vixion taun 2009,telat pajak dari taun 2014 + harus ganti plat,pajak nya kira” 640 ribu pak 😔.kira” berapa ya pak total biaya yg harus keluar…terima kasih

    Suka

  19. Permisi mudah” an mas bisa langsung kasih
    info ke saya, Saya besok mau perpanjang stnk mobil mati 2 tahun , gimana ya perhitungan dendanya? plat saya Jakut sedangkan KTP stnk masih tercantum pemilik tangan pertama. terimakasih

    Suka

    • Baiklah Rizal , untuk rumus perhitungan pajak mobil + denda jika telat selama 2 tahun adalah sbb : 2x(PKB+SW-JR) + 47%(2xPKB) + (2×100.000) + 50.000, tanda bukti kepemilikan (KTP) harus disertakan, jadi ya harus pinjam ktp pemilik.

      Suka

  20. Selamat sore, maaf saya mau tanya.. Motor saya sudah telat pajak dri 2009, PKB 31.500, SW 60.400… Kira-kira pajak tahun ini habis berapa ya pak? Mohon infonya, dan makasih sebelumnya

    Suka

    • Baiklah Suparno, jika begitu maka terhitung nunggak selama 8 tahuntahun & Pastinya melewati pajak 5 tahunan, maka rumusannya sbb ; 8x(PKB+SW-JR) + 47%(8xPKB) + (8×32.000) + 185.000, silahkan dihitung sendiri ya pakai kalkulator!

      Suka

  21. Tolong bantu mas , vario 125 2012 plat B pajak stnk mati dari juni 2016 pkb 199.500 sw 35.000 dan harus ganti plat juga, kalo dihitung berapa yg harus dibayar

    Disukai oleh 1 orang

  22. mohon info nya pak
    motor saya pajak mati dari tahun 2014 rencana saya mau menghidupkan kembali pajak saya pada tahun 2017 ini.
    pada stnk pkb Rp.291.400 dan swdkllj Rp.35.000
    detail yg harus saya bayar berapa ya pak
    ???
    Terimakasih atas waktunya

    Suka

    • Untuk pajak mati dari tahun 2014 hingga 2017, sama dengan nunggak selama 4 tahun maka rumusannya sbb; 4x(PKB+SW-JR) + 47%(4xPKB) + (4×32.000) + 25.000, silahkan dihitung sendiri ya pakai kalkulator!

      Suka

  23. motor saya mio 2011 tp dr awal pajak nya mati , pkb Rp 150.000 swdkllj Rp 35.000 sekalian mau ganti plat nya bagaimana hitungan denda keseluruhan nya thks

    Disukai oleh 1 orang

    • Jika begitu maka terhitung nunggak selama 6 tahun maka rumusannya sbb; 6x(PKB+SW-JR) + 47%(6xPKB) + (6×32000) + 185.000, silahkan dihitung sendiri ya pakai kalkulator!

      Suka

  24. motor saya mio 2011 dari awal pajak nya mati mau sekalian ganti plat no nya , PKB Rp 150.000 SWD RP 35.000 berapa denda keseluruhan nya ya bang thks

    Disukai oleh 1 orang

  25. Pak saya mw tanya,kalo telat bayar pajak selama 3 tahun sama tahun sekarang,itu kira”dendanya berapa ,motor Vixion 2007

    Suka

  26. Pak saya mau tanya,motorsaya stnknya berlaku sampai 29-09-2016.rencana mau saya bulan november 2017 mau saya hidupin,kira2 pajaknya kena brp tahun dan kena biaya brp ya?makasi pa.

    Disukai oleh 1 orang

    • Jika di terhitung nunggak selama 1 tahun lebih 2 bulan, ya maka estimasi rumusannya sbb : 2x(PKB+SW-JR) + 50%xPKB + 2×32.000 + 25.000, silahkan dihitung sendiri ya pakai kalkulator

      Suka

    • Jika pajak telat selama 6 tahun& pastinya melewati pajak 5tahunan/ganti plat maka rumusannya sbb : 6x(PKB+SW-JR) + 47%(6xPKB) + (6×32.000) + 185.000, silahkan dihitung sendiri ya pakai kalkulator!

      Suka

  27. Nice artikel mas.. Pajak saya berlaku sampai april 2011 dan rencana habis lebaran mau saya bayar.. PKB 186.000, SWDKLLJ 35.000, kira2 berapa mas biaya yg harus saya bayar? Terima kasih mas sebelumnya.. 😉

    Disukai oleh 1 orang

  28. selamat pagi.maaf pak sy mau tanya pajak motor saya telat 3 tahun..11-05-2017.tolong di hitung pajak + dendanya pak perkiraan habis berapa ya…PKB 127,500 SW 35.000.. tks

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s