Pajak Motor Mati (telat) 4 Tahun ? Ini Besaran Dendanya

Contoh STNK

Contoh STNK

Entah alasannya apa ya seseorang bisa  sampai  bisa telat bayar pajak motor hingga 4 tahun, bahkan ada yang 8 tahun. Coba bayangkan apa si doi ga hidup di zaman ini, di keramaian saat ini, walaupun tinggal di desa setidaknya dia pergi ke kota khan. lewat jalan raya juga bukan? Apa tidak ketemu operasi zebra? Apa tidak kecegat operasi tertib Lalu-Lintas dari Pihak Kepolisian? Atau, mungkinkah dia tinggal di hutan ???

 

Ah entahlah apa alasan bagi mereka yang telat pajak, karena bagi saya pribadi sih bayar pajak adalah tanda kita taat, bahkan ada pepatah modern yang berujar,” Orang bijak-bayar pajak.” Yuu-huu berarti kita-kita yang bayar pajak termasuk orang bijak ya, termasuk penulis..ehmm amiin.

Well… mengutip dari harian tribunjogja.com ada solusi nih bagi mereka-mereka yang telat bayar pajak motor hingga 4 tahun atau lebih, ‘oke, let’s we read carefully‘…

 

Pemerintah memberikan toleransi satu hari kerja pada keterlambatan pembayaran pajak kendaraan. Misalnya, bila dalam masa berlaku notis pajak habis pada tanggal 1, maka pemerintah memberikan toleransi waktu satu hari kerja, yakni tanggal 2, agar pemilik segera menyelesaikan pembayaran pajak kendaraannya. Artinya denda akan berlaku pada tanggal 3, namun jika waktu berlaku habis jatuh pada hari Sabtu, maka denda baru dikenakan pada hari Selasa.

Jika masa toleransi tersebut diabaikan, maka denda akan diberlakukan sebesar 25% dari pokok wajib pajak. Tapi jika pembayaran pajak kendaraan terlambat lebih dari satu bulan, maka pemilik akan dikenakan denda tambahan sebesar 2% dari pokok wajib pajak.  Pemerintah mematok denda maksimal sebesar 48% atau tidak membayar selama satu tahun. Untuk yang lebih dari satu tahun maka estimasi perhitungannya adalah berapa tahun telat lalu dikalikan PKB+SW-JR, lalu ditambah denda/sanksi administrasi untuk PKB maupun SW-JR. Sanksi adm. untuk PKB pertahunnya sebesar 48%, sedangkan sanksi administrasi untuk SW-Jasa Raharja sebesar 32.000/tahun untuk sepeda motor.

Denda ini berlaku untuk semua kendaraan, baik roda dua maupun roda empat.

 

Totok Jaka Suwarta SH

Kasi Pendaftaran dan Penetapan Pajak Kendaraan Samsat Kota Yogyakarta.

Oke, demikian sedikit info, semoga bermanfaat.

NB : silahkan simak komentar dibawah, jika ada rekan-rekan yang ingin menanyakan perihal besaran pajak plus sanksi/dendanya jika lebih dari 1 tahun, terimakasih.

Advertisements

1,560 thoughts on “Pajak Motor Mati (telat) 4 Tahun ? Ini Besaran Dendanya

  1. Assalamualaikum pak,,sya mau bayar pajak motor 3 tahun 2 bula pak ..cuman sya kurang tau brpa sama dendanxa…Pjk mtor sya 174 pak…tolong penjelasannxa…thankz ya pak…

    Liked by 1 person

    • Wa’alaikumussalam, silahkan di lihat STNK warna coklat baris kedua itu dinamakan PKB, baris ke empat itu namanya SW, lalu gunakan rumus berikut ini jika pajak nunggak selama 3 tahun : (3XPKB) + (3xSW) + 47%(3xPKB) + (3×32.000)

      Like

    • Maaf saya belum bisa bilang benar atau salah, karena belum tau, besaran pajak nya berapa, tapi Jika semua sesuai yang tertera pada bukti yang ada(ada kwitansi), ya bisa di bilang begitu.

      Like

  2. assalamu’alaikum pak..pak saya baru bayar pajak abis 2.554.000 telat 4 tahun sekalian ganti plat per tgl 5 januari 2017 motor beat tahun 2011 bulan november..apa bener bgtu pak ???

    Liked by 1 person

  3. assalamu’alaikum om, saya punya kawasaki binter pajak telat dari tahun 2003, rencana mau saya aktifkan kembali STNK ya, dgn jumlah :
    * pajak = Rp20.000
    * SWDKLLJ = Rp35.000

    mohon di bantu pencerahanya, karena saya awam masalah pajak motor.. kondisi STNK hilang..trims

    Liked by 1 person

    • Wa’alaikum salam Hifier, jika STNK hilang proses nya dibuatkan STNK pengganti dulu, dengan melakukan proses pelaporan kehilangan di kantor pos polisi. Jika sudah punya STNK pengganti baru bisa di lakukan pengurusan pajak. Untuk jika pajak telat 13 tahun maka rumusannya sbb: 13 x (PKB+SW) + 47%x(13xPKB) + (13×25.000) + (13×32.000) + (2×160.000)

      Like

  4. Pak, maaf minta bantuan tolong hitungkan kisaran pajak mobil honda accord 1991. STNK mati 3 tahun. pajaknya kalau tidak salah 700.000. saya sekalian ingin balik nama. Kira-kira habis berapa, ya? Terima kasih.

    Liked by 1 person

  5. Assalamualaikum Pak kus..saya mau bayar pajak tgl 16 feb 2017,PKB=253.750,SWDKLLJ=35.000,pajak berlaku sampai 24 agu 2013,stnk berlaku sampai 24 agu 2016 berapa mesti dibayar..tolong ya pak.

    Like

  6. Permisi mas.. saya punya motor ninja rr, pajaknya mati 3 tahun.
    besaran PKB nya 346.500
    besaran SW nya 35.500
    kira-kira akan kena pajak berapa ya kalu saya bayarkan? trimakasih.

    Liked by 1 person

  7. Saya mau bayar pajak motor yg 5 tahun tdk pernah dibayar… Sekalian ganti plat dan balik nama… Besar pajak 154.000 dan swkdkllj 35.000. Berapa total denda pajak yg harus saya bayar berikut ganti nama

    Liked by 1 person

  8. pak mau minta tolong, saya punya kendaraan sejak mei 2012 hingga januari 2017 belum dibayar pajaknya. bagaimana rumusannya jika saya bayar bulan ini atau bulan mei mendatang ( pas stnk habis )? mohon bantuannya. terima kasih.. smoga sehat selalu

    Liked by 1 person

  9. saya baru sempat waktu untuk menghitung. tp saya bingung dgn nominal 32.000, 160.000 dan 25.000. oia maaf sebelumnya pak kus, kendaraan yang saya maksud mobil bukan motor. mohon pencerahannya. trima kasih smoga sukses selalu

    Liked by 1 person

    • Oh jika mobil maka , nominal 32.000 itu di ganti dengan 10.000 ini denda SW-JR /tahun, 160.000 diganti 250 itu untuk biaya administrasi STNK & plat, lalu 25.000 di ganti 50.000 untuk biaya pengesahan STNK.

      Like

  10. Pagi pak kus sya mau tanya kn mtor sya plat hbis januari 2017 ini sya mau ganti tpi msalahnya stnk sya hilang trs pajak mulai 2014 mati itu gmna ya cara ngurusnya… sya samsat jaksel…

    Liked by 1 person

    • Pagi juga Rifki, berarti harus dicarikan STNK pengganti dulu, tanpa STNK tidak bisa dilakukan. Pertama melaporkan kehilangan STNK di kantor / pos polisi, nanti akan diberi petunjuk langkah2 selanjutnya.

      Like

  11. Assalamu’allaikum pak ..nuwun sewu kulo gadah motor REVO jatah ganti plat tahun 2014 juga stnk telat misal kulo perpanjang maleh kaleh kulo ganti plat sedoyo niku telas pinten njeh sakniki..nyuwun tulong bantuanipun kulo mboten mudeng babagan muniko pak.nuwun

    Liked by 1 person

  12. Assalamu’alaikum mas,
    Maaf mau tanya untuk PKB 225000 dan SWDKLLJ 35000.

    Klw pajak mati 5 tahun dari motor baru thn 2012 sampai sekarang belum saya pajakin di Karenakan KTP TDK bisa di pinjamkan.
    Sekalian mutasi balik nama untuk saat ini kira2 biaya keseluruhan sampai brp yah ms?
    Motor Depok mau mutasi balik nama ke Lampung ms.

    Makasih ms.
    Salam
    Deni

    Liked by 1 person

  13. pak saya mau tanya pajak motor saya telat4 tahun kira2brpa iy trs pajaknya ad kenaikan g iy soalnya saya dengar pajak di thn 2017ad kenaikan.sedangkan motor saya telat pajak dr th2013.motor saya satria fu.terimakasih

    Liked by 1 person

    • Tidak ada kenaikan pajak, hanya ada tambahan biaya pengesahan STNK sebesar 25.000, tapi jika telat denda tetap ada, untuk pajak yang telat 4 tahun, dihitung saja pakai rumus ini : 4 x PKB SW + 47(4xPKB) + (4×32.000) + 25.000.

      Like

  14. Barusan saya hitung ms dengan
    Pkb 225.000
    Sw 35.000

    5 x (PKB+SW) + 47%(5xPKB) + (5×32.000) + 185.000+ mutasi+balik nama=500.000 = 2.756.000

    Apa benar ms hitungan saya,,,,mohon koreksi ny y ms, maaf sebelumnya ms.

    Liked by 1 person

  15. Assalamualaikum pak saya mau tanya
    Mobil saya great corrola 1993.
    Terakhir bayar pajak oktober 2012, harus ganti plat nomor per oktober 2016.. Rencana bayar 23 januari 2017 ini pak berapa biaya yang harus di bayar?
    PKB = 867.500
    Swd = 133.000

    Terima kasih pencerahanya
    Wassalamualaikum

    Liked by 1 person

  16. siang P’Kus,
    PKB 2.040.000
    SW 143.000
    Pajak terakhir agustus 2015 – january 2017. terlambat 1 tahun 5 bulan. karena uda 5 tahun sekalian mau ganti plat dan BBN juga ke nama sendiri. bisa tolong hitung kan denda dan biaya yang harus saya bayarkan?

    terima kasih atas bantuan nya.

    Liked by 1 person

  17. Mau tanya om.
    gini, kan sya (tangan kedua) punya motor new jupiter bekas thun 2010, diSTNK msih tertera kepemilikan tangan pertama (sudah pindah luar pulau dan tdk tau keberadaannya). Sedangkan sya tdk bayar pajak STNK selama 4 tahun (sejak 2014) karna di STNK tertera nama ybs (tangan pertama), dan juga masa berlaku plat nomor & stnk nya adalah 05.2015. jdi gimana ya om solusinya? Apakah sya bisa ‘harus’ bayar pajak terlebih dahulu sampai 2016 karna stnk sya mati thn 2015 (tanpa KTP ybs), atau ada solusi lain bgi yg pernah mengalami?
    mohon bantuannya dan terima kasih.

    Liked by 1 person

    • Jadi solusi nya memang harus balik nama, dan pembayaran pajak+dendanya bisa sekaligus saat balik nama tersebut, untuk perhitungannya sbb : biaya balik nama sekitar 500 ribu, pajak telat 4 tahun+dendanya: 4 x PKB SW + 47%(4xPKB) + (4×32.000) + 25.000, silahkan dikalkulasi sendiri ya pakai kalkulator.

      Like

  18. Salam, pak mohon pencerahannya, saya baru saja beli motor rx king th 2001 (plat B jakbar, stnk terakhir berlaku s/d feb 2006,berapa biaya untuk balik nama (saya di sukabumi, F kodya), dan menghidupkan kembali surat2nya,.

    Liked by 1 person

  19. Selamat pagi pak Kusnanto
    saya punya mobil bekas taxi tahun 2009, pajak 1.800.000.
    pertanyaan saya kalo pajak mati 3 bulan dan mau balik nama sekalian, kira-kira denda yang saya terima berapa ya pak.

    Mohon tanggapannya, terima kasih

    Liked by 1 person

  20. Assalamu’alaikum pak
    Kira2 kalau saya mau balik nama total biaya nya berapa ya pak…
    Untuk pkb nya sebesar 130500 dan pajak terakhir di tgl 9 agust 2016
    Terus butuh ktp pemilik asli tdk soalnya saya belinya tdk langsung pemilik.. terima kasih
    Wassalam

    Liked by 1 person

  21. Minta bantuannya
    Jatuh tempo 02/08/2015
    STNK : 02/08/2015
    PKB : 150.500
    Swdkllj : 35.000
    Plat nomor mati + sekalian balik nama.
    Berapa ya pak total biaya nya

    Liked by 1 person

  22. Mohon pencerahan pak. Kemarin dapat balasn dari samsat kayak gini
    MSPJK:26-11-2013,KE:1,PKB:1.245.400,JR:243.000,PARKIR:50.000,Sah STNK:50.000,.
    Kira2 habis berapa ya ngidupin, ganti plat + balik nama soalnya udah sktr 5 tahun mati

    Liked by 1 person

  23. Assalamualaikum pak..
    Saya mau tanyak pak minta tolong di hitungkan y pak nominalnya biar sya cocokan prhitungan bpk dan saya cz saya takut slah jg pak..
    Ini rinciannya pak..
    Telat : 3th
    Pkb : 153.000
    Sw : 35.000
    Speda : mio j th 2013
    Itu nminal pjak yg hrus sya byar brp y pak ?
    Trimksh pak..

    Liked by 1 person

  24. Assalammualaikum wr wb..
    Motor honda supra tahun 2006
    Pajak mati dr tahun 2012
    Pkb : 124000
    Sw : 35000
    Rencana Sekalian ingin balik nama kepemilikan.. Berapa total serta rincian biaya yg harus sy bayar ya pak?
    Mohon bantuan dan infonya.. Terima kasih

    Liked by 1 person

  25. Assalamualaikum pak selamat malam, maaf bisa tolong hitungkan berapaa total pajak & denda yg harus saya bayarkan jika telat 3 tahun? Pkb 203.000 swdkllj 35.000, soalnya saya kurang paham… Mohon di jawab, terimakasih

    Liked by 1 person

  26. Assalamualaikum pak selamat malam, maaf ganggu waktunya. Maaf pak tolong hitungkan berapaa total pajak & denda yg harus saya bayarkan jika telat 5 tahun? Pkb 182000 swdkllj 38.000, soalnya saya sudah hitung,. .minta tolong hitung total nya saja pak.

    Liked by 1 person

    • Wa’alaikumussalam Surya, jika pajak telat selama 5 tahun+denda + ganti plat/stnk , maka untuk hitungannya gunakan saja rumus ini: 5 x PKB SW + 47%(5xPKB) + (5×32.000) + 185.000, silahkan dihitung (pakai kalkulator) sendiri ya. !!

      Like

  27. malem pak, kalau pajak saya telat dari 2013, dan stnk berlaku sampai januari 2017 ini. maka itungan nya apakah benar seperti ini 4 x (PKB+SW) + 47%(4xPKB) + (4×32.000) + 25.000.
    terima kasih sebelumnya

    Liked by 1 person

    • Jika begitu maka pajak telat selama 6 tahun+denda+ ganti plat, maka rumusannya sbb : 6x(PKB+SW) + 47%(6xPKB) + (6×32.000) + 185.000, silahkan dihitung sendiri ya pakai kalkulator.

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s