Pajak Motor Mati (telat) 4 Tahun ? Ini Besaran Dendanya

Contoh STNK

Contoh STNK

Entah alasannya apa ya seseorang bisa  sampai  bisa telat bayar pajak motor hingga 4 tahun, bahkan ada yang 8 tahun. Coba bayangkan apa si doi ga hidup di zaman ini, di keramaian saat ini, walaupun tinggal di desa setidaknya dia pergi ke kota khan. lewat jalan raya juga bukan? Apa tidak ketemu operasi zebra? Apa tidak kecegat operasi tertib Lalu-Lintas dari Pihak Kepolisian? Atau, mungkinkah dia tinggal di hutan ???

 

Ah entahlah apa alasan bagi mereka yang telat pajak, karena bagi saya pribadi sih bayar pajak adalah tanda kita taat, bahkan ada pepatah modern yang berujar,” Orang bijak-bayar pajak.” Yuu-huu berarti kita-kita yang bayar pajak termasuk orang bijak ya, termasuk penulis..ehmm amiin.

Well… mengutip dari harian tribunjogja.com ada solusi nih bagi mereka-mereka yang telat bayar pajak motor hingga 4 tahun atau lebih, ‘oke, let’s we read carefully‘…

 

Pemerintah memberikan toleransi satu hari kerja pada keterlambatan pembayaran pajak kendaraan. Misalnya, bila dalam masa berlaku notis pajak habis pada tanggal 1, maka pemerintah memberikan toleransi waktu satu hari kerja, yakni tanggal 2, agar pemilik segera menyelesaikan pembayaran pajak kendaraannya. Artinya denda akan berlaku pada tanggal 3, namun jika waktu berlaku habis jatuh pada hari Sabtu, maka denda baru dikenakan pada hari Selasa.

Jika masa toleransi tersebut diabaikan, maka denda akan diberlakukan sebesar 25% dari pokok wajib pajak. Tapi jika pembayaran pajak kendaraan terlambat lebih dari satu bulan, maka pemilik akan dikenakan denda tambahan sebesar 2% dari pokok wajib pajak.  Pemerintah mematok denda maksimal sebesar 48% atau tidak membayar selama satu tahun. Untuk yang lebih dari satu tahun maka estimasi perhitungannya adalah berapa tahun telat lalu dikalikan PKB+SW-JR, lalu ditambah denda/sanksi administrasi untuk PKB maupun SW-JR. Sanksi adm. untuk PKB pertahunnya sebesar 48%, sedangkan sanksi administrasi untuk SW-Jasa Raharja sebesar 32.000/tahun untuk sepeda motor.

Denda ini berlaku untuk semua kendaraan, baik roda dua maupun roda empat.

 

Totok Jaka Suwarta SH

Kasi Pendaftaran dan Penetapan Pajak Kendaraan Samsat Kota Yogyakarta.

Oke, demikian sedikit info, semoga bermanfaat.

NB : silahkan simak komentar dibawah, jika ada rekan-rekan yang ingin menanyakan perihal besaran pajak plus sanksi/dendanya jika lebih dari 1 tahun, terimakasih.

Iklan

1.765 thoughts on “Pajak Motor Mati (telat) 4 Tahun ? Ini Besaran Dendanya

  1. Maaf pak mau nanya klo mobil telat pajak 4 tahun dan pas bulan februari kmrin masa berlaku 5 tahunan mati mobil thn 90 brpa biaya yg harus sy bayarkan ? terima kasih atas saran dan infonya..

    Disukai oleh 1 orang

  2. Maaf pak mau nanya klo mobil telat pajak 4 tahun dan pas bulan februari 2015 kmrin masa berlaku 5 tahunan mati mobil thn 90 brpa biaya yg harus sy bayarkan ? terima kasih atas saran dan infonya..

    Disukai oleh 1 orang

    • perhitungan pajak kendaraan bermotor(mobil/motor) telat 2 tahun = 2 x pajak tahunan + denda 48% dari pajak tahunan + biaya pajak 5 tahunan (formulir =Rp 10.000,-, biaya penerbitan STNK=Rp 75.000,-, Biaya penerbitan TNKB/Plat nomor=Rp 50.000,-).

      Suka

  3. Pak kalau telat 4 tahun, namun sebelum mati nopolnya (lima tahun) kita ganti plat baru hitungannya sama dengan yang di atas? terimakasih

    Suka

    • iya, pajaknya dibayar dulu, hitungannya ya berapa kali telat, di tambah denda (kurang dari 2 tahun =25%, lebih dari 2 tahun =48 %). jika ganti plat tambah sekitar Rp 90 ribu (untuk motor) & Rp 135ribu (untuk mobil)

      Suka

      • Iya denda 48% adalah denda total selama 2 tahun atau 24 bulan , sebenarnya denda telat adalah 25% itu jika telat 1hari, lali jika telat satu bulan maka dendanya= 25% +2%, 2% adalah denda tambahan perbulannya. jadi semisal telat 3 bulan=25%+6%. Dimaksimalkan 2 tahun/24bulan dimana =48%, namun jika lebih dari 2 tahun malah denda tetap 48%. Terimakasih kembali, semoga bermanfaat.

        Suka

  4. Pak Kusnanto, bisakah memberi contoh dengan perhitungan yang terperinci? Misalnya ada yang terlambat membayar pajak sepeda motornya sampai 4 tahun, dan melewati pergantian STNK dan plat nomor. Jika besar PKB adalah (misal) Rp200.000,- dan SWDKLLJ Rp 35.000,- maka berapa jumlah yang harus dibayarkan seluruhnya? Maturnuwun…

    Disukai oleh 1 orang

  5. mas maf ya sya numpang naya,,,saya bru bli motor supra fit thun 2006 ,bpkb ada,,tpi stnk hilang,dan sya bingung karna stnk hilang di tambh sudah telat samsat 1 tahun,,apa saja yg hrus say lakukan untuk mendpt stnk baru dan sudah di samsat,,tambahan lagi,,apa bisa saya urus sekalian untuk samsat 5 thunya karna tahun depan sudah hrus di ganti plat motor nya,,gimna mas kusnanto???trimaksi mhn komentnya,,

    Disukai oleh 1 orang

    • langkah utama dan pertama adlh anda mengurus kehilangan stnk terlebih dulu. Silahkan lapor kehilangan ke polres setempat, nanti akan dibuatkan BAP dan akan diberi petunjuk langkah selanjutnya.
      Untuk byr pajak nanti saja jika sudah ada stnk baru sebagai stnk pengganti yg hilang.

      Suka

  6. ada lagi mas,,saya juga punya temn beli mobi bekas sampe sekarang masih bingung knpa dengan surat stnk dia,,karna mobil tersebut thun 2011,dan dan di beli tahun ini,,tpi sudah turun mesin alias ganti plat baru,,dan di plat tersebut yg bru tertera ganti platny tahun 2019 untuk selnjutnya,,..apa bisa yg pemeilik pertama ganti planya 4 thun ?buknya 5 thun,,dia takut kalau itu mobil bodong surat2nya,,..

    Disukai oleh 1 orang

    • silahkan dicek dan dicocokkan nomor rangka dan nomor mesin antara STNK, BPKB dan yang ada pada kendaraan, jika semua(ketiganya) sama bisa diartikan asli. Untuk riwayat penggantian atau perubahan nama/lainya bisa dicek di BPKB.
      Keaslian STNK terlihat pada detail hologramnya.

      Suka

  7. mas saya punya motor pajaknya mati dari tahun 2011 dan juli besok harus ganti stnk dan plat nomor kalo pkb tahunannya 200 ribu. kira2 berapa ya uang yang harus saya siapkan buat ngurusnya.
    terima kasih

    Disukai oleh 1 orang

  8. jika pajak mati terhitung th 2011, berarti telat 4tahun maka kena denda 48%, hitungannya = 4 x pajak tahunan(200rb) + denda 48% dari pajak tahunan(200rb) + pajak 5 tahunan sebesar 90rb.

    Suka

  9. Maaf pak..saya mau tanya ..motor saya spacy thn 2012 ,sejak awal belum saya pajak sampai sekarang ,,trus stnk saya juga hilang sudah 2thn …kebetulan saya sudah punya dana skrg…kalau saya mau mengurus pajak ,dan stnk skalian ,kira2 habis berapa ya pak ?? Untuk pajak tahunan saya tidak tahu ,soalnya belum pernah pajak dan stnk jg hilang…motor saya spacy 2012 ,110cc..trimakasih pak

    Disukai oleh 1 orang

    • yang pertama harus diurus adalah kehilangan STNKnya dulu, jadi anda membuat laporan kehilangan di kantor polisi, hingga mendapatkan STNK pengganti. Untuk urusan pembayaran pajak setelah mendapatkan STNK pengganti.

      Suka

  10. gan ini saya baru beli motor tahun 95 an nah nie motor gak bayar pajak 10 tahun mati dari tahun 2006 gimana gan kira” abis berapa duit ya kalo balik nama sama mutasi dari jaktim ke jakut itu hitungnya gimana

    Disukai oleh 1 orang

    • Kalo itungannya banyak banget tuh boz, pertahun dihitung 1, jika telat 10 thun ya = 10 x pajak tahunana + denda 2 x 48% dari pajak tahunan + 2 x pajak 5 tahunan, nunggu pemutihan aja, mutasi/balik nama itu biayanya 2/3 nilai pajak.

      Suka

  11. Assalamu alaikum,mau tanya kalo motor shogun 2002 pajatj mati 4 tahun,trus mau d bbn tapi faktur pembelhan tdk ada.apa bisa d proses bbn nya,trima kasih

    Disukai oleh 1 orang

  12. gini mas, pajak sy udah telat 2 tahun lebih 1 bulan,
    tapu masalahnya, bbrp hari yg lalu, stnk sy ktinggalan di kantong dan kecuci sm istri sy, alhamdulillah stnk nya slamat, tp kertas pajaknya hancur tak bersisa… dan spt sy bilang di atas, pajak sy mati 2 tahun 1 bulan… klo begitu apa sy bisa langsung bayar pajak di samsat kabupaten tanpa mengurus surat kehilangan, ??? hehe, setau sy kok gak ada orang ngurus “surat kehilangan pajak kendaraan ” ….

    Disukai oleh 1 orang

  13. pak.,saya baru mau beli motor bekas. Tapi motor tsb telat pajak selama 8 thn. Saya bermaksud ingin langsung balik nama. STNK motor tsb hilang tp copy nya ada.
    Pertanyaan saya,apa yg hrs saya lakukan utk balik nama tsb & bagaimana tentang stnk nya.?

    Suka

    • yang anda harus lakukan adalah mencari/ membuat kembali STNKnya, tanpa stnk asli tidak bisa, bisa dengan jalan alasan stnk hilang/rusak, dengan begitu anda akan melakukan proses pelaporan tentang stnk dan menerbitkan stnk baru sebaga stn yang hilang/rusak.

      Suka

  14. Pajak tahunan spd motor saya sebesar1564500 dan jatuh tempo pd tgl 7-6-2015 waktu mau menjeleng idul fitri pajak lupa terbayarkan berati saya telat 1 bln lebih berapa uang denda yg harus aku bayar .matur suwun

    Suka

    • Jika pajak tahunan sepedamotor anda Rp 1.564.500, dan telah telat 1 bulan lebih maka akan terkena denda sebesar 25% + 2%+27%, jadi perkiraan hitungan pajak tahunan + denda = Rp 1.564.500 + 27% dari Rp 1.564.500 (Rp422.415)= Rp 1.986.915. Bisa kurang dari itu jika pajak tersebut termasuk SW-Jasa Raharja.

      Suka

  15. pak., saya bru beli motor bekas(second) jenis Rx king thn 2004
    Masa berlaku pajak : 16 Agust 2008
    Masa berlaku STNK : 16 Agust 2012
    BBN-KB = Rp 120.000
    PKB = Rp 195.000
    SWDKLLJ = Rp 26.600 (pokok) + Rp 19.000 (Sanksi Adm)
    Jumlah =Rp 341.600
    Total Jumlah = Rp 360.600
    Dri masa berlaku pajak & masa berlaku STNK hingga saat ini,belom prnh dibayarkan.
    Pertanyaan saya :
    *Berapa smua biaya yg hrs saya persiapkan utk pembayaran pajak & denda pajak dan termasuk utk biaya BBN motor tsb.?
    #note:”STNK motor tsb hilang,namun ada fotocopy nya.”
    *Apakah dgn copy STNK tsb qt bisa melakukan BBN thdp motor itu.?
    Terima kasih atas infonya..

    Disukai oleh 1 orang

  16. pro micky mickael: untuk semua proses pajak ataupun balik nama, wajib menyertakan surat kendaraan asli (BPKB dan STNK), jadi saya sarankan mencarikan stnk pengganti dulu, dgn proses kehilangan.

    Suka

  17. BPKB asli utk motor yg saya beli ada namun STNK nya kata sipemilik sebelumnya itu hilang tp ada fotocopy nya.,nah berdasarkan dari copy STNK tsb saya bisa lihat daftar biaya pokok & jumlah total pajaknya.Saya juga sdh menyocokkan nomor mesin & nomor rangka motor dgn yg tertera di BPKB & STNK adalah sama.dan saya juga sdh cek ke satlantas dibagian Blokir Registrasi & hasilnya motor tsb tdk ada masalah selain tunggakan pajak.
    Yg saya tdk tahu jumlah total smua biayanya berapa yg hrs saya siapkan dana utk proses hingga balik nama..?(smua rincian harga diatas berdasarkan yg tertulis disurat copy STNK)

    Disukai oleh 1 orang

    • iya betul bro, tapi persyaratan utama memanglah harus ada STNK asli. ga bisa jika cuma fotocopy nya, Oke saya coba hitungkan perkiraan biaya pajaknya , untuk penunggakan pajak lebih dari 2 tahun dendanya 48%, pajak 5 tahunan sekitar 90 ribu, tinggal kita kalikan berapa tahun tunggakan pajak dikali pajak tahunan ditambah denda 48% dari pokok wajib pajak, jika melewati pajak lima tahunan ditambah 90 ribu, jika balik nama biaya sekitar 500ribu.

      Suka

    • bea balik nama sekitar 500 ribu, bayar pajak telat lebih dari 2 tahun kena denda 48%, hitungannya : berapa tahun telat dikali pajak tahunan ditambah denda ditambah pajak 5 tahunan ditambah biaya balik nama.

      Suka

    • biaya balik nama sekitar 500 ribu, denda telat lebih dari 2 tahun 48% dari pokok wajib pajak, hitungannya bayar pajaknya = berapa tahun telat bayar pajak dikali pajak tahunan ditambah denda 48% ditambah pajak 5 tahunan (90ribu) ditambah biaya balik nama.

      Suka

  18. Mas mau tanya
    saya baru beli motor nouvo z
    Tapi pajak telat 4 tahun lewat 4 bulan
    sama plat juga telat 4 bulan
    PKB 148500 dan
    SWDKLLJ 35000
    sama balik nama dan mutasi dari jakpus
    ke kota bekasi takut gk cukup uangnya

    Terima kasih

    Suka

  19. Assalamualaikum, mas mau tanya saya liat di google kok perhitungannya dendanya per tahun sendiri2 yaa, pajak motor saya telat 2th pkb nya 226rb

    Suka

    • Wa’alaikumussalam warohmatullah, menurut referensi yang saya peroleh, perhitungan denga pajak kendaraan bermotor adalah, 25% telat 1 hari, jika masuk bulan berikutnya dendanya 25 % + 2%, bulan berikutnya lagi di tambah, 25% + 4%,, terus begitu hingga mencapai maksimal 2 tahun , dendanya 48%. jika lebih dari 2 tahun maka dendanya tetap 48%, begitulah informasi yang saya peroleh mbak/mas kyky.

      Suka

      • Mas mau nanya kalo stnk hilang trus mau bikin baru lgy kira2 biaya brpa ya ,, trus pajaknya mati 2 th kena dendaya berapa ya mas ,, mtor ya mio j,,

        Suka

  20. Gan mw tnya ane kan pnya motor yamaha fiz mati dr bulan januari 2008
    Pkb 76500
    Bbn 51000
    Jasa raharja 35000
    Kira2 ane harus byr brp gan.?

    Suka

    • berarti telat 7th ya, jika telat pajak 2th/lebih kena denda 48%, plus melewati pajak yang 5tahunan, jadi perkiraan hitungan pajaknya= 7 x pajak tahunan atau pkb + 48% dr pajak tahunan + pajak 5 tahunan (sekitar 90ribu).

      Suka

  21. malam pak,, motor saya supra fit x 2008, dan th 2013 saya blm byr pajek , kira kira brpa pak saya harus bayar, skalian ganti plat nmr, makasih

    Suka

    • jika dari tahun 2013 belum bayar pajak berarti anda telat bayar pajak 2 tahun , maka dikenakan denda sebesar 48% dari PKB, maka kisaran hitungannya sbb; 2 x PKB tahunan + denda 48% dari PKB tahunan + pajak 5 tahunan/ganti plat sebesar 90ribu.

      Suka

  22. Assalamu’alaikum..
    Saya mau tanya pak ??
    Motor saya sudah telat bayar pajak selama 2 thn,berapa rupiahkah biaya yang harus saya bayar beserta dengan dendanya ?mohon rincianya dengan detail,terimakasih.
    Wassalamu’alaikum..

    Suka

  23. selamat siang
    saya mau tanya nih
    motor telat bayar pajak selama 3 tahun dari tahun 2012-2015. biaya pajak pertahun itu sebesar Rp 234.500,-. terus klo mau bayar pajak dan balik nama itu kena biaya berapa yah? trimakasih

    Disukai oleh 1 orang

  24. Pak mtr saya nouvo tahun 2002
    Saya mau tanya mtr saya kan mtr bekasi mau saya mutasi sama balik nama ke jakarta utara tapi stnk saya hilang tapi saya ada foto copy stnk ya pa terus pajak saya mati 8 tahun pajak tahuan saya 120.000

    Itu yg harus saya bayar berapa pak dan gimna cara saya untuk menghidup kan pajak saya pak

    Suka

    • Karena segala urusan tentang tentang perpajakan maupun balik nama kendaraan harus menggunaan BPKB dan STNK asli, tanpa itu tidak bisa dilakukan, maka anda harus mengurus/ mencarikan STNK pengganti/duplikat terlebih dulu.

      Suka

  25. Min mohon bantuannya, motor ane vario techno 2010 telat 4 taun & oktober nanti 5 tahun…kalo nanti oktober ane mau perpanjang kira2 kena biaya berapa ya ? Biaya PKB Rp.175.500, mohon bantu itungin ya min, saya masih bingung nih. Hehehe

    Suka

    • jika pajak motor telat 5 tahun,PKB=175.500 perkiraan perhitungannya sbb; 5 x 175.500 + 48%(175.500) + pajak 5 tahunan (90.000) atau jika dikalkulasi= 877.500 + 84.240 + 90.000 = 1.051.740

      Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s