Dishub Yogya Perluas Kajian Jalan Searah

Mas dan mbak sekalian, bukan hanya kota Jakarta saja yang terkena macet, kini kota-kota lainnya seperti seperti Yogyakarta juga ikut-ikutan macet. Untuk mengurangi kesremawutan dan mengurai kemacetan dalam hal ini Dinas Perhubungan Kota Yogyakarta memperluas kajian lalu-lintas searah, bukan hanya pada ruas jalan tertentu, akan tetapi kawasan sebagai salah satu upaya mengurai kepadatan lalu lintas.

“Fokus kajian adalah pada kawasan, bukan mengarah ke ruas jalan tertentu. Oleh karena itu kajian membutuhkan waktu yang cukup lama,” kata kepala Bidang Lalu Lintas Dishub kota Yogyakarta, Golkari Made Yulianto di Yogyakarta Minggu (11/1).

Menurut beliau kawasan yang menjadi obyek kajian lalu lintas searah tersebut meliputii kawasan Tugu, Kotagede, dan Lempuyangan.

“Proses kajian tidak hanya dilakukan oleh Dinas Perhubungan Kota Yogyakarta saja, namun melibatkan akademisi serta pelaku yang berada di kawasan tersebut.” lanjut beliau.

Kajian dilakukan untuk mengetahui volume kendaraan yang melintas, beban jalan, kondisi sosial serta dampak perubahan arus lalu lintas di ruas jalan lain.

“Penerapan jalan searah ini ditujukan untuk mengurai kepadatan lalu lintas. Oleh karena itu, kami tidak ingin perubahan arus lalulintas ini justu menimbulkan kepadatan di ruas jalan lain.” kata beliau.

“Jika muncul kepadatan lalu lintas, maka kondisi tersebut hanya terjadi sesaat, Setelah pengguna jalan beradaptasi maka kepadatan itu akan teruri dengan sendirinya.”

Di kawasan Tugu, salah satu ruas jalan yang menjadi fokus kajian adalah pada jalan AM Sangaji, sedangkan di Kotagede ada di jalan Kemasan dan Mondorakan, dan di Lempuyangan ada di jalan Lempuyangan.

Beliau menyebutkan bahwa,” Pelebaran jalan di Kota Yogyakarta tidak lagi memungkinkan, satu-satunya yang bisa diupayakan adalah dengan cara rekayasa lalu lintas.”

Pada 2014, Dinas Perhubungan Kota Yogyakarta menerapkan perubahan arus lalu lintas menjadi searah di dua ruas jalan yakni jalan Prof Yohannes dan jalan C. Simanjuntak dan mampu mengurai kepadatan di kedua ruas jalan tersebut.

Jalan C. Simanjuntak yang telah searah dari Utara menuu Selatan

Jalan C. Simanjuntak yang telah searah dari Utara menuju Selatan

 

jalan Prof.Yohannes Yogyakarta

jalan Prof.Yohannes Yogyakarta

 

Peta Yogyakarta

Peta Yogyakarta

 

(sumber : tribunjogja.com )

5 thoughts on “Dishub Yogya Perluas Kajian Jalan Searah

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s