Enduro adalah…

Mas dan mbak pecinta roda dua dimana saja anda berada, kata enduro pasti sudah tidak asing di telinga anda, ya itu adaah sebuah merk oli khan brosist??? Sebuah merk oli racing, yup itu benul juga, namun kali ini saya akan membicarakan tentang arti enduro sesungguhnya.

Enduro

Enduro adalah merupakan salah satu bentuk dari olah raga sepeda motor yang melaju pada dominan jalan off-road. Enduro terdiri dari banyak rintangan yang berbeda dan penuh dengan tantangan. Jenis perlombaan enduro yang terkenal dan terpola dalam kejuaraan dunia Enduro adalah melaju dengan kartu-waktu enduro pada rute yang sama dengan tingkatan hitungan yakni melaju  pada catatan waktu melawan jam.

Stefan Merriman empat-kali juara dunia dengan Yamaha

Stefan Merriman empat-kali juara dunia dengan Yamaha

Catatan-waktu enduro

Pembalap KTM pada Enduro de Dinant tahun 2007

Pembalap KTM pada Enduro de Dinant tahun 2007

Dalam tradisi catatan-waktu enduro, pembalap meninggalkan bersama dalam group-group atau barisan, dan setiap barisan memulai pada beberapa menit. Sebuah obyek dari envent-event ini adalah untuk mengundang  pada sebelum-penetapan tempat-tempat persetujuan untuk jadwal yang tepat. Kedatangan awal maupun terlambat mengakibatkan skor pembalap mendapat  hukuman. Sepanjang sehari di sana juga akan di sediakan waktu-waktu untuk mengisi bahan bakar dan memperbaiki mesin. Hukuman diberikan selama tidak memenuhi ketetapan waktu atau untuk  bantuan-keluar ketika tidak diijinkan.

Sebuah jalan dari kejuaraan dunia harus ada setidaknya 200km dan maksimal 30% dari panjang tersebut dapat berada pada jalanan aspal. Peraturan American Motorcycle Asssociation (AMA) berbeda dengan dipatuhi ke jalan panjang dan faktor tidak tetap lainnya. kecepatan simbang, tipe tanah lapang, dan yang lain-lain). Peraturan dari badan persetujuan daerah juga dapat mempengaruhi peraturan untuk khusus jalannya  enduro.

Enduro melawan  rally

Secara kebetulan pecinta roda dua acapkali bingung antara perbedaan kedua jenis perlombaan ini, yakni antara enduro dan rally, tapi dalam komunitas sepeda motor off-road internasional, istilah ‘enduro’ mengarah pada kekhususan pada perlombaan ‘catatan waktu’. Rally, pada lain istilah adalah cukup sederhana sebuah rangkaian  tentang  sebuah start dan finish, dan para  pesertamencoba membalap untuk  mencapai waktu tercepat dari start ke finish. Seperti sebuah lomba yang mungkin lebih pendek dari total keseluruhan balapan, dalam hal ini lomba akan diulang dalam beberapa waktu, dengan setiap pengulangan menjadi menyerah pada setiap lap. Seperti rangkaian boleh juga menjadi sangat panjang seperti para peserta yang tak pernah menutupi tanag yang sama sebanyak  dua kali.

Bagian tertentu  dalam kebingungan  akar kata dari sebuah fakta bahwa rally dan enduro menyebar dua pengucapan qualitas; mereka terbiasa menyamakan kepanjangan pada kondisi yang terbanyak dari balap sepedamotor dan mereka menutupi medan off-road  yang bermacam-macaam, biasa tanpa mengulangi beberapa bagian dari medan dalam jalan dari perlombaan. Contoh dari rally seperti termasuk Baja 500 dan Baja 1000, yang di kenalkan dan di laksanakan  oleh SCORE Internasional dan  dimiliki oleh  yang paling terkenal yaitu balapan  off-road jarah-jauh.  Balapan off-road itu menjangkau beberapa hari yang berlipat dan itu mempunyai perbedaan jenis dari tingkatan. beberapa diantaranya adalah diukur waktu dan yang lainnya tidak, biasanya ditujukan pada seperti rallies (atau rallyes) atau rally rame-rame (sebuah istilah meluas digunakan pada Inggris Raya bahwa ini adalah sama arti dengan rally off-road) begitu seperti pada Rally Dakar.

Motor E2 'jumping' dalam Arratzu, Spanyol

Motor E2 ‘jumping’ dalam Arratzu, Spanyol

 

Sepedamotor

Sepedamotor enduro adalah dikhususkan untuk olahraga alam, dengan suspensi dalam dari campuran motor motocross dengan ciri-ciri yang di butuhkan untuk menjadikannya resmi di pakai pada jalan umum. Mesin biasanya terdiri dari satu-silinder dua-tak antara 125 dan 300 cc, atau empat-tak antara 250 dan 50 cc.

Kejuaraan Dunia Enduro atau World Enduro Championship dan beberapa kejuaraan lainnya saat ini dikategorikan sepedamotor enduro hingga tiga kelas: Enduro 1 (100 ke 125 cc 2-tak  atau 175 – 250 cc 4-tak), Enduro 2 ( 175 ke 250 cc 2-tak atau 290 – 450 cc 4-tak), Enduro 3 ( 290 ke 500 cc 2-tak atau 475 – 650 cc 4-tak)

Motor kleas E2 WEC (World Enduro Championship)

Motor kelas E2 WEC (World Enduro Championship)

 

Perlombaan

Perlombaan-perlombaan besar dalam jadwal kalender enduro termasuk World Enduro Championship (WEC), the International Six Days Enduro (ISDE), dan beberapa kejuaraan nasional. Badan dunia yang menangani untuk enduro adalah Federation Internationale de Motocyclisme (FIM). Di Amerika Serikat , badan pengurus nasionalnya adalah American Motorcycle Association (AMA). Di Inggris Raya, badan pegurus nasionalnya adalah Auto-Cycle Union.

Samuli Aro mengendarai KTMnya dalam Kejuaraan Dunia

Samuli Aro mengendarai KTMnya dalam Kejuaraan Dunia

 

World Enduro Championship

World Enduro Championship (WEC) telah di mulai sejak tahun 1990, peninggalan European Enduro Championship, yang mana telah dipertandingkan sejak tahun 1968. Kejuaraan ini berlangsung dibawah FIM dan biasanya terdiri dari sekitar delapan atau sembilan Grand Prix yang tersebar di seluruh jagat raya. Perlombaan-perlombaan ini terbagi menjadi dua hari (dan dua balapan yang berbeda) dari menjelang point penyerahan jkejuaraan dunia. Tiap babak terdiri dari test motocross dan test extreme dalam tambahan untuk test enduro.

Di musim 2008,  Mika Aloha dari Honda memenangi kelas Enduro 1, Johnny Aubert dari Yamaha meraih kelas Enduro 2, dan Samuli Aro dari KTM memenangi gelar keempatnya di kelas enduro 3.

 

ISDE

International Six Days (ISDE) telah diselenggarakan semenjak tahun 1913, dan iniadalah perlombaan off-road tertua yang pernah diselenggarakan dalam kalender FIM. Perlombaan yang membawa bersama para pembalap terbaik utukmewakili negara mereka, dan ini acapkali ditujukan sebagai sebuah “Piala Dunia dari Enduro” atau sebuah ” Olimpiade dari Sepedamotor”.

 

AMA perlombaan nasional dan daerah

American Motorcycle Association adalah badan utama yang disetujui untuk balap sepedamotor dari segala jenis di Amerika. Seri AMA seringkali dapat disamakan dengan seri FIM. Persatuan enduro pesisir timur  terdapat banyak kelas diadu jenis motor dan pembalap demografis yang diikuti pembalap terqualifikasi untuk memilih kelas dalam bertanding.

Tiap kelas (A, B, C) diadu hingga kelas-cadangan mengandalkan pada tipe mesin. Beberapa contoh  termasuk “C 4-tak”, “C-Veteran”, “B 2 Stroke Light”, B 2 Stroke Heavy”, dan yang lainnya… Biasanya berbicara, disana ada penghargaan pada kedua perlombaan dan tingkatan musim untuk setiap kelas-cadangan. (sebagai contoh; “Saya telah menjuarai kelas Ringan B 2-tak dalam perlombaan ini…”)

Berikut adalah daftar dari kelas motor:

  • Kelas AA – Tingkat paling ulung dari pembalap, sama seperti “kelas A,” namun siapa yang bersaing untuk poin seperti bagian dari Kejuaraan Nasional Enduro AMA. Sebagai contoh, Mike Lafferty dia yang 7-kali menjuarai AMA Nasional, bersaing dalam kelas AA.
  • Kelsa A – Kelas ini juga terdapat pembalap-pembalap tercepat, tapi mereka tidak bersaing untuk poin seperti pada bagian dari   Kejuaraan Nasional. Penghargaan mereka adalah dibatasi oleh AMA Region dalam kompetisi mereka. Mereka peserta amatir, walaupun mereka memiliki tingkatan ketrampilan yang seimbang dengan beberapa pembalap pada kelas AA.
  • Kelas B – Kelas ini tingkat kedua dari ketrampilan pembalap ( satu langkah atas dari tingkatan pemula kelas C). Pembalap-pembalap “diperkenalkan/dipromosikan” oleh AMA ketika mereka telah menerima jumlah tertentu dari poin/nilai (nilai perkenalan//promosi berbeda dari nilai yang mereka peroleh selama balapan; poin balapan adalah buruk, seperti sasaran ke finish, sebuah perlombaan dengan  sedekat mungkin dengan poin 0, mengingat title/poin promosi adalah penghargaan pada akhir dari setiap perlombaan mengandalkan pada seberapa bagus tiap pembalap menunjukkan – penggunaan ganda dari tatanama “nilai-nilai” dapat seringkali membingungkan pada sisi luar para pemerhati, karena pengertian dari pemilikan poin relatif kepada para pembalap diatas pada seri adalah biasanya positif).
  • Kelas C – Ini adalah kelas tingkatan pemula dimana semua pembalap-pembalap baru berawal. Seluruh pembalap memulai sebagai pembalap kelas C dan jika mereka melanjutkan ke pesertaannya dalam perlombaan dan mmpu finish, maka mereka akan kemungkinan besar  di promosikan kekelas-B setelah 2 atau 3 musim. Pembalap-pembalap pengecualian akan membuat melompati kelas -B setelah musim pertama mereka karena mereka akan mendapat kumpulan dari poin yang dibutuhkan cukup cepat.

Karena dari macam-macam hadiah adalah memungkinkan, pembalap-pembalap suatu waktu tersungkur pada karung pasir.

 

Kepopuleran

Kepopuleran dari macam-macam enduro secara luas oleh benua, pedalaman, daerah, dan perlombaan oleh jenis lomba. Beberapa populer perlombaan terlepas dari pengkategorian seoerti halnya perlombaan enduro lebih dulu mereka jatuh hingga kategori dari balapan off-road itu yang dikenal sebagai balapan rally ataupun rally raid.

Simone Alborgoni dalam WEC GP turki 2010

Simone Alborgoni dalam WEC GP turki 2010

Selingan-selingan

Dalam tambahan ke rallly dan rally raid, akan ada balapan off-road lain yang sangat mirip dengan enduro tapi ini berbeda disana mereka  tidak membutuhkan perlombaan catatan-waktu dan disana mereka seringkali didukung oleh badan lain dimana enduro yang utama didukung banyak badan-badan.

Satu contoh di Amerika Serikat adalah Grand National Cross Country (GNCC), yang mana mendekati mirip hare scrambles, seperti pada Erzberg Rodeo asal Austria dari Enduros, namun itu dlam rangkaian lebih pendek yang boleh jadi dari beberapa mile/kilometer di sepanjang pengulangan selama beberapa lintasan. GNCC adalah terkenal untuk tingkatan tinggi dari kompetisi  ATV (empat-roda gigi kendaraan off-road) dalam penambahan ke kompetisi sepedamotor.

Pembalap-pembalap Enduro yang terkenal :

  • Mika Ahola – lima-kali juara dunia
  • Samuli Aro – lima-kali juara dunia
  • Dick Burleson – delapan-kali juara nasional AMA dan AMA (anggota dari Motorcycle Hall Of Fame)
  • Andy Caldecott
  • Ivan Cervantes – tiga kali juara dunia
  • Carl Cranke -lima-kali ISDE medali emas dam anggota AMA Motorcycle Hall or Fame
  • John Deacon
  • Paul Edmondson – empat kali juara dunia
  • Anders Eriksson tujuh-kali juatra dunia
  • David Knight – dua-kali juara dunia
  • Mike Lafferty – multiple juara nasional AMA
  • Fabrizio Meoni – pemenang Rally Dakar
  • Stefan Merriman – empat-kali juara dunia
  • Stephane Peterhansel – multiple juara dunia dan pemenang rally Dakar
  • Xavier Pons
  • Mario Rinaldi – empat-kali juara dunia
  • Richard Sainct – pemenang Rally Dakar
  • Giovanni  Sala  – enam-kali juara dunia
  • Juha Salminen -12-kali juara dunia
  • Petteri Silvan – lima-kali juara dunia
  • Malcolm Smith
  • Kari Tiainen – tujuh-kali juara dunia
  • Billy Uhl – lima-kali ISDT medali emas dan AMA anggota dari Motorcycle Hall of Fame

 

Demikian mas dan mbak segala tentang Enduro, semoga bermnfaat.

 

(sumber : Wikipedia )

Iklan

2 thoughts on “Enduro adalah…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s