Akhirnya Ervani Bebas, kasus sosmed Facebook

Ervani di balik jeruji

Ervani di balik jeruji

Mas dan mbak sekalian, masih ingatkah anda akan sebuah kasus yang menyangkut Facebook di Bantul beberapa bulan lalu? sebuah kasus pidana khusus tentang UU ITE dan pencemaran nama baik yang dituduhkan kepada Ervani Emi Handayani. Yang juga pernah saya tulis, silahkan di baca ulang disini.

Yahhh …akhirnya Ervani Senin kemarin (5/1), bisa bernapas lega setelah Majelis Hakim memutuskan tidak terbukti bersalah dan dinyatakan bebas melalui Surat putusan Nomor 196/Pidana Khusus.

Bebas dari dakwaan yang sempat dijatuhkan kepadanya yakni tiga pasal, diantaranya pasal 45 ayat 1 Juanto, pasal 27 ayat 3 UU ITE tahun 2010 dan pasal 310 dan pasal 311 KUHP, semuanya tidak terbukti.

“Terdakwa tidak di tahan sehingga tidak ada perintah untuk membebaskannya. ” papar Hakim Ketua Sulistyo, Majelis Hakim berpendapat, tidak ada unsur pencemaran baik dalam postingan Ervani.

Kata-kata yang ditulis hanya merupakan keluh kesah Karena suaminya telah dipecat. Pernyataan terdakwa, kata Sulistyo , bukan bermuatan penghinaan, pencemaran nama baik, maupun fitnah. Unsur dengan sengaja men distribusikan seperti yang tertuang dalam pasal 45 ayat 1 Juanto, pasal 27 ayat 3  UU ITE juga tidak terpenuhi.

Sulistyo menambahkan, dakwaan ke tiga yakni pasal 311 KUHP juga tidak terbukti, keluh kesah Ervani di Facebook tidak memenuhi unsur pencemaran nama baik, melainkan hanya kritik semata.

 

“Ketiga pasal yang didakwakan tidak terbukti, fakta di persidangan dan keterangan para saksi juga tidak mengungkapkan bahwa postingan Ervani mencemarkan nama baik.”

 

Ervani kasus facebook

Ervani kasus facebook

Putusan bebas yang dibacakan oleh Ketua Majelis Hakim disambut tepuk-tangan oleh para pendukung Ervani di luar sedang. Jaksa sebelumnya menuntut hukuman 5 bulan kurungan, 10 bulan percobaan, dan denda Rp 1 juta subsider 3 bulan kurungan.

 

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s