Daftar Harga motor Minerva di Yogyakarta Januari 2015

kusnantokarasan.com – Walau badan terasa capek karena sudah kerja seharian, namun didukung dengan hati yang senang ingin mendapatkan info dan menyebarkan kepada pembaca blog ini.

Begitu pulang kerja langsung meluncur ke arah Utara atau  ka arah kota Jogja, Menuju ke Jalan Magelang, daerah Kranggan Yogyakarta (sekitar barat pasar Kranggan/ sebelah Barat Tugu lancip Jogja). Jalan Magelang 12A adalah sebuah Plaza Minerva Indonesia dimana merupakan dealer Utama dan bengkel Resmi dari merek produk sepedamotor Minerva-Sachs Germany. Showroom yang tidaklah terlalu luas namun di dalamnya penuh dengan motor-motor produk minerva, diantaranya minerva RX 150, R 150 VX, Megelli naked 250, X Road 150 S, dan GTR 150. Minus Madass tidak keliatan, juga Megelli 250 RE maupun Megelli 250 .

Dan berikut daftar Harga OTR motor-motor Minerva di Yogyakarta bulan Januari 2015 :

  1. GTR 150 : Rp 15.300.000
  2. X-Road 150 : Rp 16.000.000
  3. MadAss : Rp 17.250.000
  4. RX 150 : Rp 22.750.000
  5. Megelli Naked 250 : Rp 23.500.000
  6. R 150 New VX  Rp 18.000.000

 

minerva X-Road 150 S

Minerva X-Road 150 S

minerva RX 150 terbaru

minerva RX 150 terbaru

minerva Megelli naked 250

minerva Megelli naked 250

minerva GTR 150

minerva GTR 150

minerva R150 New VX

minerva R150 New VX

…semoga bermanfaat.

Iklan

Wow Minerva RX150 ternyata Keren Man!!!

kusnantokarasan.com – Akhirnya dapat kesempatan juga berkunjung ke dealer ‘the 0nly one’ di Jogja, Plaza Minerva Indonesia(Yogyakarta) – Showroom yang sekaligus bengkel Utama motor Minerva-Sachs Germany. Yupz, cuma sekedar ingin liat-liat doang, produk minerva Rx 150 produk lama dari minerva, eee ternyata sudah ada yang terbaru RX150.. dan wow keren banget ternyata. Lebih keren dari sekedar gambarnya.

Berbadan bongsor, ya segedhe Ninja 250 FI maupun R25. Benar-benar tertegun melihatnya, dengan banyak perubahan sana-sini, fairing yang porty dan elegan mirip R25, tampang depan dengan konsisten dual keen eyes alias dua lampu, dan bentuk buritan/sisi belakang lebih lebar dan  meruncing mirip Ninja 250 karbu. Jian bener-bener tampang motor sport terkini deh.

minerva RX 150 terbaru

minerva RX 150 terbaru

minerva RX 150

minerva RX 150

Tampak depan minerva RX 150

Tampak depan minerva RX 150

Gimana masbro dan mbaksist, ga salah khan penilaian saiya??? Bener-bener gagah menurut saya. Coba deh anda liat langsung motornya di showroom terdekat anda.

Satu pandangan pribadi saya bahwa, minerva seakan kembali dari lesunya, yang sebelumnya, sejarahnya minerva RX150 awalnya mirip Honda CBR 150 yang pertama (CBR kecil), lalu minerva melakukan penyegaran pada minerva RX150 dan megeli 250 hadir dengan lampu depan dua/dual keen eyes, yang menyelisihi trend dan melawan arus, dimana saat itu lagi heboh-hebohnya model sport dengan lampu depan  tunggal yakni kawasaki Ninja 250 R (ninja 250 pertama/karburator), dimana menjadi model motor sport yang paling sempurna (menurut saya), Honda pun turut menghadirkan produk model sport-nya yaitu CBR 150 dan CBR 250 dengan lampu depan tunggal/satu.

So, saat ini menurut saya waktunya kembalinya minerva akan berjaya. dengan dihadirkannya minerva RX 150 terbaru. dengan berbagai fitur baru, yakni proyektor pada lampu depan, speedometer digital, lampu belakang LED, knalpot yang sporty, mesin berpendingin air/Radiator, lengan ayun berbahan Alumunium diecast model banana. Untuk lebih mengenalnya, berikut spesifikasinya:
Panjang x lebar x Tinggi : 1.960 x 730 x 1.060 mm
Jarak Sumbu Roda : 1.340 mm
Jarak Terendah ke tanah : 140 mm
Berat Kosong : 139 kg
Beban Maksimum : 150 kg
Isi Tangki BBM : 14,2 liter
Suspensi Depan : Teleskopic
Suspensi Belakang : Link Type Monocross
Type Rangka : Twinspar Frame
Rem Depan dan Belakang : Disc Brake
Ukuran Ban deoan : 110/70-17 Tubeless
Ukuran Ban Belakang : 130/70-17 Tubeless
Tipe Mesin : 149,8 SOHC 2-katup, 4-langkah, pendingin cair
Pola Pengoperasian Gigi : One way type 5-speed
Jenis Kopling : Basah, Multi-plate
FInal Gear : 15/44
Diameter x Langkah : 57,3 x 57,8 mm
Daya Maksimum : 14,8 HP/ 10.000rpm
Torsi Maksimum : 11,1Nm/8.500 rpm
Perbandingan Kompresi : 10,7:1
Sistem pengapian : CDI
Speedometer : Digital
Lampu Depan : Lo Beam 12V/55W x 1, Hi Beam 12V55W x 1
Tipe Baterai : 12V – 9A

 

Untuk warna tersedia 4 warna pilihan pada minerva RX 150:

Putih

minerva RX 150 warna Putih

minerva RX 150 warna Putih

Kuning

minerva RX 150 warna kuning

minerva RX 150 warna kuning

Merah

minerva RX 150 warna Merah

Hitam

minerva RX 150 warna Hitam

minerva RX 150 warna Hitam

Untuk harga di Yogyakarta, minerva RX 150 ini dibanderol Rp 22.75o.ooo, bisa anda dapatkan dari dealer dan bengkel resmi satu-satunya di Yogyakarta yakni Plaza Minerva Indonesia yang beralamatkan di Jl. Magelang 12A Kranggan Yogyakarta.

minerva RX 150, keren dari samping ya

minerva RX 150, keren dari samping ya

minerva RX 150 tampak belakang

minerva RX 150 tampak belakang

 

Well , geduwel mas dan mbak sekalian demikian sedikit ulasan tentang  Minerva RX 150, spesifikasi dan harga di Yogyakarta, semoga bermanfaat.

Pilih Ban Tubeless atau Ban biasa?

aneka ban

aneka ban

kusnantokarasan.com – mas dan mba sekalian, ban adalah piranti yang menutup velg, pada roda, dan ban adalah bagian penting dari kendaraan darat  yang difungsikan untuk mengurangi getaran yang disebabkan ketidakteraturan pemukaan jalan, melindungi roda dari aus dan kerusakan, serta memberikan kestabilan antara kendaraan dan tanah untuk meningkatkan percepatan dan mempermudah pergerakan. (Wikipedia)

Mas dan mbak sekalian, banyak dari pengendara (termasuk penulis) yang belum paham benul (bener dan betul) akan pemakaian antara ban  tubeless dan ban biasa (dengan ban dalam). Kalo sekedar penampakan dari luarnya sih saya bisa sedikit menilai dan membandingkan, jika ban tubeless itu tampilan alur/motif  lebih variatif dan menarik (imho- and cmiiw) dibandingkan dengan ban yang biasa. Apalagi yang suka jenis ban kering dimana alurnya-alurnya jarang.

Dari segi penafsiran pasti juga beragam, bahkan masih banyak yang keliru, dimana ban tubeless pasti lebih baik dari ban biasa.. Padahal, baik atau tidaknya sebenarnya tergantung dari segi tempat/medan penggunaan motor. Tidak selamanya ban tubeless lebih bagus, jika penggunaan tidak tepat medannya, malah bisa merugikan.

Ada beberapa hal yang direkomendasikan dalam pemakaian ban tubeless. Pada dasarnya ban tubeless bukannya tidak bisa  bocor, melainkan ban tubeless tidak langsung kempes jika terkena benda tajam semisal paku maupun pecahan kaca. Namun begitu, jika sudah terkena benda tajam ya baiknya segera di bawa ke tukang tambal ban untuk ditambal.

Mengapa ban tubeless tidak langsung habis anginya jika terkena benda tajam? Itu karena ban tubeless dibuat lebih tebal dan  lebih padat, Jika anda sering melewati jalan yang rusak ataupun jalan yang tidak rata, lebih baik menggunakan ban biasa. Memaksakan memakai ban tubeless dalam kondisi seperti itu sama saja merusak pelek dan ban pun juga cepat rusak.

Ban tubeless cocok dipakai dijalan perkotaan, dengan kondisi jalan yang rata halus dan mulus. Untuk bermanuver atau menikung, ban ini lebih ‘menggigit’  dan stabil pada kecepatan tinggi. Maka ban tubeless ini memang cocock sekali digunakan pada ajang balap motor di sirkuit.

Velg dengan model jari-jari sebenarnya tidak cocok di pasang ban tubeless, ya cocoknya velg model racing, yang pastinya lebih rapat, dimana jika velg model jari-jari pasti ada banyak celah-celah lubang diantara lubang-lubang kniple-nya. Ya meskipun saat ini bisa diakali, tapi itu khan namanya dipaksakan.

Ban tubeless tidak cocok untuk jenis motor matic ataupun motor bebek, karena ban tubeless lebih berat dibanding dengan ban biasa, ini jelas akan mengurangi performa dan menambah beban daya mesin.

Dari segi harga, jelas ban tubeless lebih mahal dibandingkan dengan harga ban biasa, jika dikalkulasi bisa beda antara 30-50 %. (welovehonda.com)

Demikian sedikit tentang perbandingan antara ban tubeless dan ban biasa, semoga bermanfaat.

 

 

 

UMK (Upah Minimum Kabupaten/Kota) Di DIY Tahun 2015

ilustrasi pekerja swasta/buruh pabrik

ilustrasi pekerja swasta/buruh pabrik sedang pulang kerja.

kusnantokarasan.com – mas dan mbak sekalian, saya dapat informasi menarik nih dari situs Disnakertrans Yogyakarta, tentang besar UMK (Upah Minimum Kabupaten/Kota) di Daerah Istimewa Yogyakarta tahun 2015, dimana lazimnya UMK adalah besaran gaji buruh dalam satu bulan. Boleh jadi  buat acuan nich bagi para pekerja swasta/buruh pabrik yang berada di Yogyakarta khususnya, dan bagi luar Yogya, ya setidaknya anda mengetahui berapa to besar gaji buruh di Jogja.

Berikut kutipannya;

Surat Keputusan Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Nomor 252/KEP/2014 tentang Upah Minimum Kabupaten/Kota Tahun 2015 di Daerah Istimewa Yogyakarta, tertanggal 27 Oktober 2014 telah terbit dan berlaku mulai 1 Januari 2015, dengan besaran Upah Minimum di masing-masing Kabupaten/Kota adalah sebagai berikut:

  1. UMK Kota Yogyakarta Rp 1.302.500
  2. UMK Sleman Rp 1.200.000
  3. UMK Bantul Rp 1.163.800
  4. UMK Kulon Progo Rp 1.138.000
  5. UMK Gunung Kidul Rp 1.108.249

Harapan Pemerintah dengan ditetapkannya UMK DIY Tahun 2015 agar dilaksanakan oleh para pengusaha sesuai dengan regulasi yang ada. Bagi pengusaha yang belum mampu melaksanakan pembayaran upah pekerja sebesar upah minimum dapat mengajukan permohonan penangguhan pelaksanaan UMK paling lambat 10 hari sebelum diberlakukannya UMK Tahun 2015.

Penangguhan pelaksanaan upah minimum dapat dilakukan oleh perusahaan sesuai Kepmenakertrans RI Nomor 231/Men/2003 tentang Tata Cara Penangguhan Pelaksanaan Upah Minimum yaitu dengan mengajukan surat permohonan penangguhan pelaksanaan upah minimum kepada Kepala Disnakertrans DIY dengan dilengkapi persyaratan sebagai berikut :

  1. Naskah asli kesepakatan tertulis antara pengusaha dengan pekerja tentang penangguhan upah minimum
  2. Laporan keuangan perusahaan yang terdiri dari neraca, perhitungan rugi/laba, beserta penjelasannya untuk dua tahun terakhir (bagi perusahaan yang telah berbadan hukum harus sudah diaudit oleh oleh akuntan publik)
  3. Salinan akta pendirian perusahaan
  4. Data upah pekerja menurut jabatan
  5. Jumlah pekerja seluruhnya dan jumlah pekerja yang ditangguhkan upahnya
  6. Perkembangan produksi dan pemasaran dua tahun terakhir, serta rencana produksi dan pemasaran dua tahun mendatang

Dinaskertrans DIY membuka Posko Pelayanan Penangguhan UMK sampai dengan 20 Desember dengan alamat : Jl. Lingkar Utara, Maguwoharjo, Depok, Sleman Telp/Fax. (0274) 4462714 atau (0274) 885036. Seksi Pengupahan Bidang HIPTK.

Pelayanan sesuai jam kerja

Hari Senin s/d Kamis, Pukul 08.00 – 16.00 WIB
Hari Jum’at Pukul 08.00 – 14.30 WIB

Kami menghimbau kepada para pengusaha yang akan menangguhkan pelaksanaan upah minimum agar segera mengajukan berkas permohonan penangguhan, dengan batas waktu sampai dengan tanggal 20 Desember.

 

Demikian informasi dari kami, semoga dapat bermanfaat.

Kepala Seksi
Pengupahan dan Kesejahteraan Tenaga Kerja
Dinaskertrans DIY

R. Darmawan, SH.MH

 

Demikianlah mas mbak sekalian tentang Upah Minimum Kabupaten/Kota di DIY Tahun 2015, semoga bermanfaat.

ilustrasi pekerja sedang bekerja di dalam pabrik

ilustrasi pekerja sedang bekerja di dalam pabrik

 

sumber berita : Disnakertrans Yogyakarta, gambar : google

Jangan Khawatir masa berlaku Kartu Kuning – 2 Tahun

kusnantokarasan.com – mas dan mbak sekalian, salah satu syarat dalam melamar suatu pekerjaan adalah Kartu Kuning/ AK 1. Dokumen ini bisa didapatkan pada Dinas ketenagakerjaan setempat. Adapun persyaratan untuk memperoleh Kartu Kuning adalah sebagai berikut :

  1. Fotocopy KTP sesuai domisili
  2. Fotocopy Ijazah terakhir
  3. Pas Foto berwarna ukuran 3×4 sebanyak 2 lembar
  4. Pemohon datang sendiri untuk mengurusnya

Sebaiknya Kartu Kuning di buat setelah pemohon lulus sekolah atau lulus kuliah, agar proses mencari kerja tidak repot dikemudian hari.

Jika ada lowongan pekerjaan yang diminati pemohon bisa langsung melampirkan Kartu Kuning ini. Dan tidak perlu khawatir akan masa berlaku kartu ini, karena sekarang kartu ini bisa digunakan selama 2 tahun. Jika sudah habis masa berlakunya, maka bisa diperpanjang lagi. Pengurusan pembuatan kartu ini pun amatlah mudah, tidak memerlukan surat permohonan, tidak dipungut biaya, hanya pemohon harus datang sendiri untuk mendaftar kartu ini.

Dengan mengurus yang dilakukan oleh dinas terkait, pada umumnya sangat menguntungkan bagi para pencari kerja. Dikarenakan pendataan sudah ‘real time’ , sehingga data tersebut dapat diakses oleh para pencari kerja baik di dalam maupun di luar DIY, website yang dikelola oleh Dinas ketenaga Kerjaan juga sudah mempunyai jaringan di seluruh Indonesia.

Dinas Sosial, Tenaga kerja dan Transmigrasi (Dinsosnakertrans) Kota Yogyakarta.

contoh kartu kuning/ AK 1

contoh kartu kuning/ AK 1