Cara Mencari Surat Rujukan di Puskesmas: Syarat penggunaan BPJS-Kesehatan

Mas dan mbak sekalian, saat ini seluruh jaminan kesehatan (yang meliputi Askes untuk PNS, TNI, Polri, pensiunan; maupun Jamkesmas dan Jamkesos = bantuan dari pemerintah untuk masyarakat kurang/tidak mampu, sedang Jamsostek baru akan melebur di awal tahun 2015) yang ada sudah, telah melebur menjadi BPJS-Kesehatan, dalam prakteknya penggunaan BPJS-kesehatan bisa langsung digunakan pada pusat layanan kesehatan yakni di Puskesmas-Pusat Kesehatan Masyarakat, puskesmas lazimnya berada di tingkat kecamatan, dalam arti setiap satu kecamatan akan ada satu puskesmas dan satu puskesmas pembantu. Dengan telah terdaftar menjadi anggota bpjs dan telah memiliki kartu BPJS, saat anda periksa di puskesmad muli dari mendaftar hingga periksa, dengan  anda menyertakan kartu BPJS, maka anda tidak akan pungut biaya periksa di puskesmas tersebut, periksa apapun.

Sekarang ini setiap warga pastilah memiliki kartu sakti-yakni kartu BPJS, dikarenakan sudah menjadi kewajiban bagi setiap warga negara Indonesia. Baik peralihan dari jaminan kesehatan seperti Askes, Jamkesmas, Jamkesos, maupun BPJS-kesehatan yang bersifat mandiri, yakni setiap orang menjadi peserta dengan membayar premi setiap bulannya, bisa anda baca kembali disini.

Namun jika anda akan menggunakan layanan BPJS-Kesehatan guna pemeriksaan lanjutan di Rumah Sakit (baik rumah sakit negeri maupun swasta) yang telah bekerja sama dengan BPJS, maka anda wajib menyertakan surat rujukan. Surat Rujukan  yang di terbitkan oleh Puskesmas maupun Dokter Keluarga anda, meskipun dalam keadaan daruratpun ( masuk melalui UGD/IGD), anda tetap harus menyertakan surat rujukan.

Nah bagaimana cara memperoleh surat rujukan? Untuk memperoleh Surat Rujukan dalam hal ini surat rujukan dari Puskesmas, amatlah mudah mas dan mbak, yang perlu anda lakukan hanya berkunjung ke Puskesmas yang telah di tunjuk oleh BPJS,   atau yang tertera didalam kartu BPJS anda, anda seperti akan periksa biasa di Puskesmas, jadi anda harus mendaftar dulu di ruang pendaftaran Puskesmas, dan bilang jika ingin meminta surat rujukan ke Rumah Sakit yang anda inginkan, lalu anda akan diperiksa oleh dokter, yang nantinya akan memberikan anda surat rujukan sebagai surat pengantar guna memeriksa di Rumah Sakit. Jika anda belum pernah sekalipun periksa di puskesmas tersebut, maka anda juga akan di data sebagai pasien baru, yang akan mendapatkan kartu periksa Puskesmas yang bersangkutan. Dikarenakan anda sudah terdaftar sebagai peserta BPJS, maka anda tidak akan di kenakan biaya apapun/biaya pendaftaran di Puskesmas tersebut.

Tapi bagaimana jika  dalam keadaan darurat/emergensi? ya anda langsung saja ke bagian UGD Puskesmas, dan tidak perlu antri dan bisa langsung mendapat surat rujukan yang bisa langsung di oper/dilanjutkan di rumah sakit.

Baiklah Mas dan mbak sekalian demikian saja sekilas info tentang cara memperoleh Surat rujukan dari Puskesmas, semoga bermanfaat.

pintu gerbang Puskesmas Bambanglipuro menghadap Utara

pintu gerbang Puskesmas Bambanglipuro menghadap Utara

Advertisements

34 thoughts on “Cara Mencari Surat Rujukan di Puskesmas: Syarat penggunaan BPJS-Kesehatan

  1. Assalamu’alaikum
    Anak saya panas d sertai batuk sejak kamis siang. Jumat pagi mulai muncul pilek. Kemudian hari sabtu berobat k pukesmas. Sampe d pukesmas kami mendaftar dan d periksa. Sebenarnya hendak d laborat. Karena jam poli dah hampir tutup (jam 10) tidak jd cek darah. Saya bilang atau d rujuk k rs saja bu ? Di jawab oleh si pemeriksa “lha dirujuk indikasinya apa? Anaknya masih giras ndak nglentuk. Masih mau minum susu. Nanti senin kesini lagi. klw harus opname, bisa opname d sini.” .akhirnya hanya mendapat obat syirup,puyer dan penurun panas d lanjutkan lg. Dan kamipun pulang. Siang jam 11.40 minum obat dr pukesmas dan minum penurun panas. Jam jam 17.30an minum penurun panas. Jam 19. 46 minum obat dr pukesmas. Jam 02an dini hari panas hingga merinding. akhirnya keluarga memutuskan untuk membawa k rs dg mencoba meminta rujukan dr igd pukesmas hari minggu pagi. Semoga dapat pengantar rujukan.

    ## kenapa bgtu sulit meminta rujukannya.. padahal jelas jam faskesnya sudah tidak bisa melayani.

    Liked by 1 person

    • Wa’alaikumussalam warohmatullahiwabarokatuh, sepanjng pengetahua saya prosedural BPJS-Kesehatan memanglah begitu Mbak, jadi jika sekiranya bisa diobati dan ada obatnya di puskesmas maa diobati dulu disana, namun jika perlu tindakan lebih atau obat tidak ada, mak pasti akan dirujuk ke Rumah Sakit. Namun begitu, jika kita kekeh/ ngotot hanya ingin meminta surat rujukan ya dilayani (seperti di puskesmas didaerah saya Bu. Jika puskesmas tersebut melayani IGD, jam faskes pasti berkesinambungan/terus-menerus Bu, Dan jika keadaan darurat/ membutuhkan pelayan UGD/IGD di RS anda bisa langsung menuju ke IGD di RS tersebut, tanpa membutuhkan surat rujukan, info terbarunya begitu.

      Like

  2. Assalamua’laikum
    Selamat malam
    Puskesmas di tempat saya ko di persulit yah padahal ibu saya ada masalah dari umur 15 thn diagnosa jantung bocor uda 2 minggu ini ibu sesak terus tapi ketika periksa di puskesmas TARUMAJAYA dibilang normal aja ko lihat dari tensinya, padahal uda periksa sampe 3x di puskesmas itu,,, “kenapa gak di rujuk ke rumah sakit yg besar buat di periksa jantungnya klo gak bisa disini ibu saya uda turun berat badan sampe derastis masa gak ada penangan? Cuma di kasih paracetamoll, itu juga anak PMR juga bisa” saya bilang gitu, tapi gak ditanggepin diem aja dokternya,,
    Bagaimana lagi saya biar dapet rujukkan lagi? kasihan ibu saya uda sakit bawaan dan uda sakit sesak lama

    Like

    • coba sekali lagi anda datang ke puskesmas tersebut dan di tempat pendaftaran langsung mau minta surat rujukan ingin periksa di RS yang anda inginkan, nanti juga menjalani sesi pemeriksaan di puskesmas tersebut, namun hanya formalitas saja, biasanya terus dikasih rujukan.

      Like

  3. salam kenal mas.saya di kaimana,papua barat ni.mau nanya kalau rujukan antar daerah dan menggunakan kartu jamkesmas apakah tidak dikenai biaya apabila dilakukan operasi dan pengobatan lanjutnya?soalnya saya mau bawa suami saya ke rsud sarjito untuk pemasangan tulang tengkorak buatan. terus apakah harus punya kartu keluarga n ktp jogja ya?MAKASIH.

    Like

  4. assalamualaikum, adik saya lagi rawat jalan di Magelang dengan KIS karena penyakit epilepsi, kalau berobatnya mau di terusin di jakarta dengan kartu KIS bisa gk ya? syarat dan cara mengurusnya gi mana ? terimakasih

    Liked by 1 person

  5. dua minggu yang lalu saya ke puskesmas, sesuai dengan krt bpjs keluarga saya untuk mengantar anak saya periksa, anak saya baru pertama berobat ke puskesmas tsb, setelah antri daftar dll akhirnya anak saya di periksa, pada saat akan diperiksa saya tanya kpd petugas yg memeriksa anak saya.
    “mbak….anak saya baru berobat kali ini, klo misalnya sakit batuknya ini perlu di periksa lebaih lanjut lagi saya bisa yaa minta surat rujukan?”
    si mbak langsung jawab dengan lantangnya, “gak bisa langsung minta rujukan pak, tidak mudah minta surat rujukan, harus diperiksa berulang ulang kali dulu….bisa puluhan kali……”
    begitu mendengar jawaban spt itu, sudah malas utk tanya lebih lanjut lagi. karena kesannya si petugas puskesmas ini tidak bersedia memberikan surat rujukan.

    yang saya tanyakan……..apakah memang seperti itu SOP nya utk pasien yang minta rujukan….???

    Liked by 1 person

      • Pak sy mau tanya jika faskes 1 saya di kel. Jati pulo 2. Tp terlalu jauh dr rmh sy apa bisa sy langsung menu k puskes kec palmerah saja. Trims infonya

        Liked by 1 person

      • Tidak bisa Ika, jika begitu harus melskukan perubahan data pindah faskes 1 dulu, silahkan kunjungi kantor BPJS terdekat untuk melakukan perubahan data.

        Like

      • Assalamualaikum wr.wb…bagai mana bila pasien tersebut belum bisa berjalan pa(stroke)???apakah harus pasien tersebut di bawa ke puskesmas dulu untuk meminta surat rujukan agar bisa kontrol rawat jalan di rumah sakit …

        Liked by 1 person

      • Wa’alaikumussalam wr,wb, jika pasien untuk keperluan kontrol/sehabis opname maka tidak perlu surat rujukan. Namun jika tidak, maka kehadiran pasien di faskes pertama/ puskesmas memang harus, itu untuk memastikan dokter Puskesmas bahwa pasien memang mesti dirujuk di faskes kedua/ RS, begitulah prosedurnya. Jika merasa repot, Bukankah nantinya pasien juga akan di bawa Ke RS?
        Kecuali pasien dlm keadaan darurat/ mengkhawatirkan nyawanya, demam tinggi, kecelakaan, maka bisa langsung ke RS-ke UGG tanpa harus ada surat rujukan.

        Like

  6. Assalamualaikum wr. Wb.
    Saya mau tanya boleh kah meminta rujukan dari faskes 1 langsung ke RS luar kota…
    Karena yang saya alami dari faskes 1 lalu ke RSUD baru keluar kota.. sedangkan RSUD dimintai rujukan sangat sulit..
    Maksih sblumnya

    Liked by 1 person

      • Iya bisa, di Puskesmas (faskes pertama) kita bisa meminta rujukan ke rumah sakit mana saja sebagai faskes tingkat selanjutnya. Asalkan rumah sakit lain kota masih setara dengan tingkatan faskes, (faskes 1=dokter/klinik/puskesmas, faskes 2=RSUD , faskes 3 = RSU ),

        Like

  7. Assalamualaikum wr. Wb.
    Saya mau tanya boleh kah meminta rujukan dari faskes 1 langsung ke RS luar kota…
    Karena yang saya alami dari faskes 1 lalu ke RSUD baru keluar kota.. sedangkan RSUD dimintai rujukan sangat sulit..
    Maksih sblumnyaa

    Liked by 1 person

  8. aslm wr wb
    maaf saya mau tanya.
    anak saya mau cabut gigi yg sudah mau lepas. dikarenakan d faskes 1 tdk ada fasilitas untuk cabut gigi,,saya meminta rujukan untuk ke faskes berikutnya. tentunya dengan periksakan anak saya d faskes 1 dulu. namun setelah d periksakan,, saya tidak di kasih surat rujukan untuk faskes berikutnya. cuma di kasih obat..padahal kondisi anak tidak sakit gigi. katanya harus periksa 2 kali atau 3 kali dulu baru bisa dapat rujukan nya. apakah prosedur nya sudah benar seperti itu ?
    mohon pencerahan nya. terima kasih

    Liked by 1 person

  9. Assalamualaikum
    Gimana caranya minta ronsen ke dokter ya.coz saya udh pernah rawat inap di rs slma 7hari tpi gak di ronsen .dan gx ada penjelasan sakit saya apa. Jdi slma ini saya bingung sebenar nya skit saya itu apa. Gmna ya caranya agar saya tau sakit sya secara jelas sejelas nya .

    Like

    • Wa’alaikumussalam, sebenarnya tindakan medis (semisal rontgen) dilakukan atas pertimbangan dari dokter juga. Dan sebagai pasien juga punya hak untuk mengetahui kondisi nya, yang bisa diwakili oleh keluarga pasien. Terkadang dokter atau perawat memang tidak menjelaskan secara detail kondisi pasien, namun begitu pasien atau keluarga nya bisa menanyakan ke dokter yang menanganinya. Jadi jangan ragu atau takut bertanya ke dokter.

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s