Mas dan mbak sekalian, berikut saya akan memberitahukan kepada anda semua sedikit info dan prosedur periksa di sebuah Rumah Sakit Khusus menangani penyakit paru-paru, iya namanya Rumah Sakit Khusus RESPIRA Yogyakarta. Sebelum menjadi sebuah rumah sakit khusus, dahulunya adalah sebuah balai pengobatan dengan sebutan BP4 – Balai Pengobatan Penyakit Paru-Paru, khalayak ramai menyebutnya ‘samalo’. Entah apa ya di balik kata samalo tadi, yang jelas dari dulu kebanyakan orang menyebutnya begitu.  Tempat ini dari dulu semenjak saya masa kecil memang sudah ada, sering lewat didepan balai tersebut di kala berangkat sekolah dasar, dengan bangunan klasik seperti bangunan bergaya Eropa nan elok untuk sebuah bangunan tunggal sebagai balai khusus menangani penyakit paru-paru dan penyakit  dalam yang di dalamnya ada laboratorium, dan tempat periksa dan sarana penunjak pengobatan. Jadi sedari kecil saya dan anak-anak lainnya selalu di peringatkan oleh orang tua kami untuk tidak main di daerah balai tersebut, ya takut tertular, bisa jadi karena banyak penderita penyakit dalam, paru-paru, bahkan TBC.

Rumah ssakit ini berada di wilayah desa Palbapang Bantul, berada di pingir jalan Raya, berada di sudut perempatan Palbapang Bantul. Beralamatkan di Jl. P. Senopati No.4 Palbapang Bantul, dengan nomor telepon 0274-376941-367326.

Setelah terjadi gempa 27 Mei 2006 yang melanda Bantul, Yogyakarta dan sekitarnya, balai ini tak luput dari kerusakan, maka selang waktu tidak begitu lama, mulai dibangun kembali, mungkin karena begitu pentingnya sebuah rumah sakit, terlebih rumah sakit yang khusus menangani dan mengobati penyakit tertentu seperti ‘samalo’ ini. Maka tidak memebutuhkan waktu yang lama datanglah bantuan dari Palang Merah Jepang, dan di tahun 2008 telah jadi sebuah rumah sakit yang megah yang terdiri dari 3 lantai, sebuah gabungan antara Balai Pengobatan Penyakit Paru-Paru Yogyakarta – Unit Bantul – BP4 dan Rumah Sakit Khusus Respira Yogyakarta telah resmi dipergunakan.

Prasasti di Rumah Sakit Khusus Paru RESPIRA bertuliskan "Bantuan dari Palang Merah Jepang"
Prasasti di Rumah Sakit Khusus Paru RESPIRA bertuliskan “Bantuan dari Palang Merah Jepang”

Dan setelah bergabungnya dua Instansi Pemerintah pengobatan yang sama, maka menjadilah sebuah Rumah Sakit Khusus Paru RESPIRA , disamping melayani pengobatan khusus penyakit dala/penyakit paru juga melayani untuk umum, yakni;

-Rawat Jalan :

  • Poliklinik
  • Rontgent
  • Laboratorium
  • Uji Faal Paru
  • EKG
  • USG
  • Konseling;- Berhenti Merokok, Gizi & VCT,
  • Fisiotherapy

-Rawat Inap

Balai Pengobatan Penyakit Paru-Paru Yogyakarta Unit Bantul
Balai Pengobatan Penyakit Paru-Paru Yogyakarta Unit Bantul
Layanan BP4 Yogyakarta Unit Bantul
Layanan BP4 Yogyakarta Unit Bantul

Untuk prosedur bagi yang akan periksa di RS. Khusus Paru RESPIRA adalah pertama pasien mendaftar di bagian pendaftaran (saat ini  berada di ujung selatan), lalu membayar pendaftaran di Kasir (tepat di depan pintu utama masuk), lalu Periksaan tekanan darah dan denyut nadi oleh perawat(sisi Kiri pintu masuk utama), lalu diperiksa Dokter Umun/khusus penyakit dalam/paru (bagian sisi Kiri/depan periksa peraawat), di kasih resep obat, kembali ke Kasir untuk bayar obat, lalu ke Apotek(berada di barat tempat pendaftaran/tangga) untuk minta obat, dan menunggu obat di racik-agak lumayan lama, setelah obat diterima maka selesai sudah berobat di Rumah Sakit tersebut.

Di karenakan saat ini Rumah Sakit sedang dalam proses pembangunan fisik bangunan tahap ke dua atau melanjutkan pembangunan untuk lantai atas tingkat ke dua dan ke tiga, maka pelayanan dan tempat saya raya belum optimal, belum nyaman-masih banyak debu-debu dari bangunan, tempat parkir juga masih di alihkan di halaman lain, dan juga kemungkinan tempat-tempat pelayanan tadi, semisal; tempat pendaftaran, kasir periksa perawat, apotek, bisa jadi bila telah selesai pembangunan fisik, maka akan berubah dan pindah.

BP4 aka RESPIRA Yogyakarta
BP4 aka RESPIRA Yogyakarta, secara fisik saat ini sedang dalam tahap melanjutkan pembangunan lantai dua dan lantai tiga.

Untuk biaya periksa di Rumah Sakit Khusus Paru RESPIRA , telah ditentukan sebagai biaya standar berobat oleh :

Pemerintah Daerah Daerah Istimewa Yogyakarta

Dinas Kesehatan

Rumah Sakit Khusus Paru Respira :

Rawat Darurat/ UGD :

  • Kunjungan UGD : Rp 15.000,00
  • Penggantian Status Rp 1.500,00
  • Pemeriksaan Pengunjung Diagnostik : —-
  • Tindakan Khusus : —-
  • Pelayanan Tindakan kiriman dari dokter luar :—
  • Tindakan “CITO” :—

Rawat Inap Sementara :

  • Rawat inap 1 hari (visite Dr. Umum) : Rp 50.000
  • Rawat inap 1 hari (visite Dr. Spesialis) : Rp 60.000

Intensive Care Respiratory Unit (ICRU) : Rp 160.000,00

  • Tindakan penunjang dan lain-lain : —

Tindakan Medis Diagnostik

Tindakan Medis Terapi

Rehabilitasi Medis

Pelayanan Konsultasi Khusus

Pelayanan Ambulance

 

List Biaya Periksa di RS Khusus Paru Respira Yogyakarta
List Biaya Periksa di RS Khusus Paru Respira Yogyakarta

Untuk biaya awal pendaftaran rawat jalan pasien baru sebesar Rp 7.500,00, (pelayanan; Poliklinik Umum), selanjutnya biaya nya Rp 6.000,00 untuk setiap kali daftar rawat jalan di Poliklinik umum.

Dan biaya pendaftaran rawat jalan pasien baru – pelayanan: Poliklinik Spesialis Paru sebesar Rp 16.500,00

Rumah sakit ini juga melayani pengobatan dimana pasien dengan menggunakan berbagai jaminan kesehatan yang terlingkup dalam BPJS ( Jamkesmas, ASKES PNS, Jamsostek Kesehatan, TNI/POLRI) dengan syarat sebagai berikut :

  1. Foto copy Surat Rujukan dari  PUSKESMAS (berlaku 1 Bulan)
  2. Foto copy Kartu Jaminan yang bersangkutan/ Pasien
  3. Foto ccopy Kartu Keluarga (C1)
  4. Foto copy Kartu Tanda penduduk (KTP) untuk anak: kartu identitas anak/KTP orang tuanya
  5. Jika ada perbedaan penulisan nama, alamat, dan tanggal lahir (walaupun satu huruf saja) maka dilengkapi dengan surat keterangan perbedaan yang dari Kelurahan dengan pengantar RT.

(masing- masing di foto copy rangkap 2 lembar).

Demikianlah mas dan mbak sedikit informasi mengenai Rumah Sakit Khusus Paru Respira Yogyakarta, tentang prosedur periksa, dan biaya periksa di sana, semoga bermanfaat.

Advertisements