Service Pompa Angin

Mas mbak sekalian, terkadang pompa angin yang berada di rumah kita tidak berfungsi dengan optimal, hanya suara angin yang mendesisi kencang yang keluar, angin tidak bisa masuk ke dalam ban. Jika begitu, biasanya klep yang ada di dalam tabung panjang pompa, yang ada di ujung as pompa telah lembek. Maka dari itu egerlah membeli lklep yang baru, klep bisa anda dapatkan pada toko onderrdil sepeda, baikuntuk klep tabung besar (biasa untuk pompa ban sepeda), maupun klep tabung agak kecil(biasa untuk pompa ban motor, yang ada tabung keci warna merah berada di bawah). Klep ukuran besar warnanya coklat(untuk pompa ban sepeda), dan klep ukuran agak kecil warna hitam(untukpompa tbungpompaban motor)

Gambar pompa angin konvensional

Gambar pompa angin sebelah kanan (ada tabungnya) untuk pompa ban motor, dan sebelah kiri untuk pompa ban sepeda.

Mas mbak sekalian, inilah cara mengganti klep, pertama tama, buka tutup pompa yang berada di bagian atas pompa gambar 2

Tutup pompa untuk membuka bagian dalam /klep.

Gambar 2. Tutup pompa untuk membuka bagian dalam /klep.

Kendorkan ke arah kiri atau berlawanan dengan arah jarum jam, guakan tangan dan lapisilah kain gar tidak licin. Namun bila susah atau berat maka gunakan kunci inggris maupun kunci pipa.

Tutup pompa telah terbuka

Setelah tutup pompa bisa terlepas(lihat gambar 3) lalu tariklah as pompa hingga seluruh as keluar, maka kita akan mendapati ujungnya ada klep yang ditahan oleh baut(gambar 4).

penampakan perdana klep lama pada pompa

Gambar 4. Penampakan perdana klep lama pada pompa

 

klep pompa yang sudah ttidak berfungsi

klep pompa yang sudah rusak dan tidak berfungsi dengan optimal

 

gambar klep pompa sepeda

gambar klep pompa sepeda

Lalu gantilh klep yang telah rusak tadi dengan klep baru dengan cara melepas baut yang menahan klep pada as tadi.

pasang klep baru pada as pompa tangan

pasang klep baru pada as pompa

 

mengencangkan baut as pompa

gambar 6. mengencangkan baut as pompa

lalu kencangkan kembali baut penaha klep gambar 6.

berilah oli pada klep baru agar mudah pemasangan dan licin saat penggunaan hariaan berikutnya

Gambar 7. berilah oli pada klep baru agar mudah pemasangan dan licin saat penggunaan hariaan berikutnya

Jangan lupa beri gemuk atau oli bekas pada klep baru yang baru saja di pasang tadi (lihat gambar 7) agar mudah pemasangan kembali dan agar lebih lisin saat di gunakan memompa.

Memasang kembali as pompa yang telah dipasang klep baru

Gambar 8. Memasang kembali as pompa yang telah dipasang klep baru

Pasang kembali as pompa yang telah di ganti klep baru (lihat gambar 8)

pompa telah di perbaiki

pompa telah di perbaiki

Kencangkan kembali penutup pompa, maka pompa telah selesai di perbaiki dan siap di gunakan kembali.

65 thoughts on “Service Pompa Angin

  1. Maaf gan, utk kasus pompa angin yg klepnya terlepas didalam tabung bagaimana solusinya ya?? Mohon petunjuknya..
    Terimakasih utk responnya..
    🙂

    Suka

  2. Bang mau tanya. Pompa ban ane rusak setelah itu saya ganti klep dgn petunjuk di atas tetapi waktu d tekan terasa berat dan tak bisa keluar anginnya ?

    Disukai oleh 1 orang

    • Maaf…menurut pengalaman saya, dibawah tabung tidak terpasang klep. Mengakalinya cukup dengan ban dalam bekas dipotong melingkar sebesar ukuran lingkaran tempat drat tabung, bukan lubang angin. Jadi sewaktu kita pompa angin masuk ke tabung dan tidak bisa keluar lagi lewat lubang angin dari handel klep pompa.

      Suka

    • nah itu mas , jika tidak ada tabungnya maka hanya bisa di pakai untuk memompa ban sepeda ontel saja, karena fungsi dari tabung adalah lebih meringankan beban tenaga dalam memompa. pompa yang ada tabungnya bisa digunakan untuk memompa ban sepeda ontel dan sepeda motor, tinggal mengganti ujungnya saja.

      Suka

  3. owh gtu mas ya.. tpi sya lhat & prnah pompa ban spda motor sya dbengkel pinggir jlan probolinggo..pompanya itu gk da tabungnya tpi dpkek pompa ban motor sya enak n gk da hambatan sma skali..cm dselang pompanya itu kyak da ganjelannya(sambungan)..qra2 pa ya mas??ktanya sih cop ban speda motor.bner gk itu mas.

    Suka

    • pomp tanpa tabung memang bisa untuk pompa ban motor, namun akan terasa berat banget memompanya, karena tekanan ban motor lebih besar dr ban sepeda, iya betul cop atau colokan di ujung selang, itu tinggal ganti ujung selangnya, beli di toko onderdil sepeda ada mas.

      Suka

    • Selama kerikil bisa diambil, madih bisa di perbaiki. Memang agak susah ngambil kerikil tsb. Mungkin bisa dilepas pipa pompanya dulu, sisi bawah pompa dicantum, pipa dilepas pakai kunci pipa, nanti terus dipasang kembali dan diberi lem.

      Suka

  4. Mas Kusnanto, saya punya pumpa tabung, dibuat memompa kok malah angin dari ban malah habis….tapi kalau dibuat mompa ban dalam aja posisi diluar…angin mau mengisi, ayang harus diganti?
    Sueon

    Suka

  5. mau nanya mas Kus. saya baru beli pompa sepeda, pada saat ujung cop pompa dicolokan ke pentil, lalu kita tekuk bagian atas cop, pompa ditekan tapi keras sekali dan terasa membal kembali keatas, itu kenapa ya?? padahal baru saja beli…makasih byk sebelumnya.

    Disukai oleh 1 orang

  6. saya sudah ganti klep. tapi saat sudah di pasang kok saat di tarik ke atas udara nyedot, dan pas d pompa udaranya kluar. jadi saat d pompain ke ban itu angin ga masuk2 karena nyedot trus masuk lagi… begitu trrus.. gmn cara mengatasinya?

    Disukai oleh 1 orang

  7. Mas pompaku baru q ganti klep dan ukuranya pun pas…. Tapi kenapa wktu ditarik keatas anginya nyedot jd angin gak bisa masuk keban…. Mohon solusinya mas kus,,,, maturnuwun

    Suka

  8. Pompa nya baru beli, coba pertama tekan ke bawah berat. Terus langsung mental ke atas. Ga bisa coba dulu pas beli di toko. Ga kepikiran juga karena pompa diplastik kemasannya. Tak kira sudah pasti oke. Ban sepeda terbilang baru (seli polygon metro 3.0)
    Apa benar check valve dan bola kecilnya terlepas ??
    Nuwun

    Suka

  9. Hehe…bermanfaat banget…
    pompa sy rusak..pas dibongkar dh amburadul dalemnya gatau urutan masangnya..
    googling searching nemu tulisan ini..
    Makasih banget mas Kusnanto..

    Disukai oleh 1 orang

Tinggalkan komentar