Adik Bayi Usia 4 Bulan, Saatnya Imunisasi Polio 3, -DPT/HB-3

Contoh Gambar grafik KMS

Contoh Gambar grafik KMS

images bayi

 

Ayah-Bunda yang berbahagia, senangnya ya anda sekalian saat-saat ini, saat usia buah hati anda menginjak usia 4 bulan. Dimana si buah hati lagi lucu-ucunya menanggapi panggilan namanya, menanggapi senyum kita, terkadang si doi tertawa terkekeh menanggapi gurauan kita, cuat-cuet merancau nyaring, memiring badannya, yang akan mulai tengkurap.  Duhhh…. riangnya hati kita yach.

Seluruh keluarga; baik kakaknya, kakek-neneknya, pak dhe-bu dhenya, paman-tantenya turut gembira tentunya.

Perlu kita ingat ya ayah-bunda, Saat usia 4 bulan adalah saatnya kita berkunjung ke Bidan, PUSKESMAS, ataupun Rumah Sakit, saatnya si d-bay( adik bayi) kita berikan Imunisasi. Si adik bayi akan diberikan 2 suntikan pada paha kanan dan kiri. Dengan 3 macam imunisasi, yakni; Polio 3, DPT dan HB-3. Seperti yang telah kami lakukan (17/09) pada putri kami yang telah berusia 4 bulan-9 hari. Kami mengunjungi Bidan Handayati Ringinharjo Bantul yang telah biasa merawat si adik bayi dan bundanya, dari mulai awal kehamilan, persalinan, hingga saat ini.

Saat akan diberikan imunisasi di usia 4 bulan ini, yang biasa di awali di timbang,  berat badan bertambah secara signifikan, mulai merangkak naik sesuai garis tengah pada grafik KMS (Kartu Menuju Sehat). Berat badan=5,9 Kg, jika di lihat pada grafik KMS, terletak pada warna hijau tua, berada di posisi tengah, yang bisa di artikan putri kami dalam keadaan berat badan normal, “Alhamdulillah”.

Saat ini kami sangat bersyukur, karena pada awal kelahiran putri kami (anak ke-dua) termasuk kategori dalam BBLR (berat badan lahir rendah). Jika di lihat pada grafik KMS terletak pada garis warna orange, dimana garis tersebut berada pada garis paling bawah. Saat itu kami agak was-was juga, namun setelah menjalani berbagai metode dan beragam masukan, seiring berjalannya waktu, putri kami mengalami pertumbuhan yang signifikan dan bisa di bilang mengalami perkembangan yang normal. (Untuk lebih jelasnya bisa anda baca lagi disini)

 

Baiklah ayah-bunda yang berbahagia, demikianlah sekelumit tentang pemberian Imunisasi pada balita usia 4 bulan, semoga jadi pengingat dan bermanfaat.

Advertisements

One thought on “Adik Bayi Usia 4 Bulan, Saatnya Imunisasi Polio 3, -DPT/HB-3

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s