Gambar sawah

Panen Padi

Mas-mbak sekalian, inilah saat-saat yang di tunggu-tunggu para petani, ialah saat panen tiba. Bila padi terlihat telah menguning, bulir-bulir banyak yang menunduk adalah tanda-tanda padi telah tua, tiba saat untuk di panen. Bila secara hitungan hari telah 90 hari lebih. maka baiknya dan biasanya air telah di hentikan mengairi. Agar beberapa hari kedepan, tanah sedikit mengeras yang nantinya mempermudah saat proses pemanenan, kaki tidak mudah terperosok dan tidak membuat belepotan lumpur.

Kini, proses panen agak lebih cepat dari yang dulu-dulu. Dulu di anai-anai, ibu ibu memangkas dahan bagian atas sekitar satu jengkal telapak tangan, lalu di gilas dengan kaki. Ini jelas akan memakan waktu yang lama, namun kini sudah ada mesin perontok padi. Bahkan sebenarnya telah ada mesin modern pemanen padi dengan mesin, dengan memotong batang sekaligus merontokkan bulir padi. Tapi sayang belum sampai di tempat kami.

Proses panen padi yang konvensional dan manual adalah dengan memotong batang padi bagian bawah dengan sabit, di sisakan satu jengkal telapak tangan. Batang padi lalu di kumpulkan dan di gilas dengan alat penggilas yang kami namai dengan ” alat EREK”. alat penggilas berputar dengan cara di kayuh layaknya sepeda ontel, llha wong ada rantai dan pedal sepeda. Namun ada juga yang telah di pasangi dengan motor penggerak mesin bensin. Jadi banyak mengurangi tenaga kaki untuk mengayuh. Penggilas berputar dengan gerigi-gerigi dari paku menggilas dahan padi dan mrontokan bulir-bulir padi lepas dari dahannya, hingga bulir-bulir padi  jatuh ke depan dan bawahnya.

Setelah proses penggilasan selesai, maka akan  menyisakan tumpukan jerami, akan sangat beruntung bila ada yang mengambil untuk pakan ternak sapi, namun bila tidak jerami ya harus di jemur dan di bakar.

Bila proses penggilasan telah selesai, maka padi atau yang kita sebut dengan gabah basah akan menumpuk, lalu di kumpulkan dan di masukkan ke kantung-kantung agar mudah untuk membawanya. Bila gabah basah telah sampai rumah segera saja  di jemur di bawah terik matahari hingga benar-benar kering. Proses penjemuran padi/gabah hingga kering, membutuhkan waktu 3 hari.

 

Bila gabah atau padi telah benar-benar kering maka padi atau gabah bisa di proses giling untuk menjadikannya beras. Nah setelah menjadi beras, maka  siap untuk di masak ,, maka jadilah nasi untuk kita makan….hmmmm nyummy………

 

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s