Setelah sebelumnya saya postingkan cara pasang ruji / jari-jari sepeda, kini saya akan menuliskan bagaimana cara menyetel-nya. Memang bab ruji ini agaklah rumit sebenarnya, bisa membikin kita bingung. Butuh keuletan/ketlatenan, atau bahkan untuk bisa memasang ruji saja harus belajar/melihat langsung dari ahlinya. Namun tiada salahnya kita mencoba dan terus mencoba untuk belajar dan belajar.  Dan semoga tulisan saya ini bisa membantu.
Baiklah segera kita mulai saja tentang bagaimana cara menyetel roda sepeda, atau menyetel ruji yang telah terpasang pada peleg/velg. Karena pada dasarnya ruji yang terpasang pada velgyang kita sebut Roda, jika di putar maka pastilah putaran roda atau velg tersebut tidak akan bisa langsung center, pasti oleng atau goyang ke Kanan ataupun ke Kiri, juga bisa mbandul( goyang ke dalam dan ke luar). Untuk mengatasi semua itu, maka kita perlu untuk menyetelnya.
Sebelumnya, berikut saya sampaikan terlebih dulu alat alat yang digunakan, yang hanya terdiri dari 2 alat saja;
1. Alat stel roda sepeda
2. Kunci ruji

Inilah alat stel roda sepeda
Inilah alat stel roda sepeda
inilah kunci ruji sepeda, tampak muka.
inilah kunci ruji sepeda, tampak muka.
Inilah kunci ruji sepeda, tampak punggung.
Inilah kunci ruji sepeda, tampak punggung.

Namun alat stel roda yang punya tentunya ya hanya bengkel sepeda saja, untuk menggantikannya anda bisa menggunakan porok/fork depan sepeda sesuai ukuran roda sepeda yang akan kita stel. Akan tetapi  bisa juga anda gunakan ukuran porok/fork yang lebih besar.

porok/fork epeda sebagai alat alternatif untuk menyetel rod sepeda.
porok/fork epeda sebagai alat alternatif untuk menyetel rod sepeda.

Setelah semua alat tersedia marilah kita memulainya;

1. Pasanglah roda pada alat stel roda atau porok/fork depan, dan kencangkan.

2. Kencangkan mur/kniple ruji secara merata dengan kunci ruji tadi, dengan pedoman lubang dop ban dan memutar, boleh ke kanan atau kekiri, yang penting semua mur/kniple kencang merata. Untuk permulaan cobalah kencangkan dua kali putaran untuk semua ruji. (sekedar mengingatkan; untuk mengencangkan/memasang Mur=putar ke Kanan atau searah jarum jam, untuk mengendorkan/melepas Mur=putar ke Kiri atau berlawanan dengan jarum jam). Selelah dirasa semua ruji kencang, lalu kita bisa memulai menyetel roda.

cara  mengencangkan ruji dengan kunci ruji.
cara mengencangkan ruji dengan kunci ruji.

Putarlah perlahan  roda sepeda ke arah dalam atau berlawanan arah jarum jam. Lihatlah baik-baik bagian-bagian yang goyang. Agar anda tidak bingung, mulailah dari sisi Kanan, lalu sisi Kiri, dan terakhir sisi tengah(mbandul).

Kita mulai dari sisi Kanan, putar perlahan roda yang terpasang pada alat stel/fork. Lihat baik-baik, dan hentikan roda saat velg menyentuh/menyenggol bagian alat stel sisi Kanan(lihat gambar 2.A)

. Lalu kencangkan 2 kniple sebelah kiri, kencangkan 1 atau 2 putaran (lihat gambar 2.B).

Saat roda di putar, bila velg menyentuh bagian alat stel sisi Kanan, maka...
Saat roda di putar, bila velg menyentuh bagian alat stel sisi Kanan, maka…
kencangkan 2 kniple sisi Kiri, bila velg menyentuh bagian alat stel sisi Kanan.
kencangkan 2 kniple sisi Kiri, bila velg menyentuh bagian alat stel sisi Kanan.

Lakukan cara tersebut berulang-ulang untuk mencari bagian -bagian velg  yang menyentuh alat stel sisi Kanan. Namun setelah dirasa cukup center sisi Kanan, bolehlah kita beralih ke sisi Kiri. Caranya sama seperti pada sisi Kanan tadi.

Bila peleg/velg menyentuh bagian alat stel sisi Kiri, maka kita kencangkan 2 ruji bagian Kanan, kencangkan 1 atau 2 putaran.

saat velg menyentuh bagian alat stel sisi kiri, maka....
saat velg menyentuh bagian alat stel sisi kiri, maka….
kencangkan kniple ruji sebelah Kanan, saat velg menyentuh bagian alat stel sisi Kiri.
kencangkan kniple ruji sebelah Kanan, saat velg menyentuh bagian alat stel sisi Kiri.

Lakukan cara tersebut untuk mencari bagian-bagian velg yang menyentuh bagian alat stel sisi Kiri. Bila mana cara ini telah selesai, dalam artian tidak ada lagi velg yang menyentuh, pastilah roda akan terlihat berputar baik / tidak oleng dan center. Dan tinggal satu langkah lagi, yaitu menyetel bagian tengah (mbandul). Saya katakan mbandul (Bahasa Jawa), karena saat berputar ada sebagian roda yang terlihat masuk/menjorok ke dalam, dan ada juga yang terlihat menjorok ke luar.

Mbandul juga bisa diartikan=sisi tengah velg ada yang menjauh dan ada yang mendekat dari bagian alat stel. Dan begini cara menyetelnya,

Putarlah perlahan roda, saat sisi tengah mendekat/menyentuh bagian alat stel, maka tepat disitu/dititik sentuh, pegang 3 ruji, 1 ruji tepat dititik sentuh tadi dan 2 ruji di Kanan-Kirinya, dan kencangkan kniple 1 atau 2 putaran. Lakukan cara ini berulang hingga tiada lagi bagian velg yang mbandul. Namun begitu bilamana masih ada bagian velg yang menjauh dari alat stel/menjorok ke dalam, maka cukup kendorkan 3 ruji pada titik jauh tadi. Nah di sinilah dibutuhkan kesabaran dan ketlatenan kita. Dan saya rasa tidaklah perlu se-center/sesempurna mungkin, penyetelan bisa di nilai cukup, bilamana toleransi oleng kurang dari 2mm. Tingkat ke-center-an bisa dipengaruhi oleh centernya sparepart/onderdilnya juga, bilamana keadaan velg dan boss baik/center, ruji benar-benar sama panjang, maka tidak menutup kemungkinan penyetelan akan berhasil sempurna, tingkat ke-oleng-an nol persen.

Demikianlah yang dapat saya sampaikan tentang cara menyetel roda sepeda, ini sebuah ilmu warisan berharga yang saya peroleh dari almarhum ayah saya, semoga ini menjadi amal jariyah beliau-amalyang tak terputus bagi beliau, amiin. Jika anda bingung atau ada yang ditanyakan silahkan berinteraksi di komentar yach…!!!

Semoga bermanfaat.

porok/fork depan, alat alternative untuk stel roda sepeda.
porok/fork depan, alat alternative untuk stel roda sepeda.
alat stel roda sepeda
alat stel roda sepeda
alat stel roda sepeda
alat stel roda sepeda

(www.kusnantokarasan.com)

Advertisements