“Pendidikan Anak Usia Dini adalah suatu upaya pembinaan yang ditujukan kepada anak sejak lahir sampai dengan usia enam tahun yang dilakukan melalui pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut.” (pasal 1, ayat 14, UU RI Nomor 20 Tahun 2003, tentang Sistem Pendidikan Nasional)

PAUD menjadi sebuah awal pendidikan pra sekolah yang seakan menjadi menu wajib bagi para orang tua untuk pendidikan bagi buah hati mereka di masa kini. Dulu orang orang belum mengenal apa itu PAUD. Sebelum masuk jenjang Sekolah Dasar(SD), taunya orang-orang awan ya cuma sekolah Taman Kanak-Kanak (TK). Akan tetapi masa sekarang ini sekitar 1 dekade akhir inilah PAUD(pra TK) mulai di kenal, dan mulai di terapkan dalam dunia pendidikan di Negara kita. Pemerintah kita pun telah mengatur tentang PAUD, pada Bab VI Bagian Ketujuh pasal 28 ayat 1-6 di dalam Undang Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Walaupun kiranya materi pelajarannya pun hanya bermain dan bernyanyi, akan tetapi disinilah awal-mula anak mulai diperkenalkan dengan dunia pendidikan, dunia belajar-mengajar, dengan adanya guru sebagai pengajar dan murid-murid sebagai pelajar. Disamping itu, juga anak akan di perkenalkan dengan bersosialisasi dan berinteraksi dengan anak-anak lain yaitu teman-teman PAUDnya. Itulah nilai penting dari sekolah PAUD.

Nah, di dusun Karasan ada sebuah sekolah Satuan PAUD Sejenis atau disingkat dengan SPS, yang dinamakan dengan SPS “Tunas Melati”

sisi depan sekolah PAUD SPS Tunas Melati Karasan Palbapang
sisi depan sekolah PAUD SPS Tunas Melati Karasan Palbapang

DSC01973

DSC01971

SPS Tunas Melati jika disesuaikan dengan UU SisDikNas, maka akan sesuai dengan pasal 28 ayat 4, yaitu Pendidikan anak usia dini pada jalur pendidikan nonformal berbentuk Kelompok Bermain(KB), Tempat Penitipan Anak(TPA), atau bentuk lain yang sederajat.

Karena SPS(Satuan PAUD Sejenis) merupakan salah satu jalur pendidikan yang sederajat dengan KB, atau TPA tadi.

SPS Tunas Melati di dirikan pada 06 Juni 2008, dan telah terdaftar pada Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini Nonformal dan Informal(PAUDNI) Pusat, dengan;
NPSN: 69813135
No. Ijin: 243/SPS/I/2011
Tanggal Ijin: 04 Januari 2011
Status: Swasta
Status Kepemilikan: Pemerintah Pusat
Alamat: Karasan 03
Kelurahan: Palbapang
Kecamatan: Bantul
Kabupaten: Bantul
Propinsi: DI Yogyakarta.

No. SK Operasional: 243/I/2013
Tanggal Operasional: 08 Januari 2013.

Dikelola oleh,
Kepala/Ketua : Ibu RUBIYEM, A.Ma. Pd
Sekretaris: Ibu SRI FATONI, SE
Bendahara: Ibu SAMIASIH.
Dan tim pengajar, Ibu RUBIYEM A.Ma, Pd dan Ibu SRI FATONI, SE.

(sumber Ditjen PAUDNI & UU Sisdiknas)

SPS TUNAS MELATI mempunyai jadwal belajar selama 2 hari dalam 1minggu, yaitu hari Selasa dan Kamis, dengan jam belajar selama 2jam, mulai pukul 08:00WIB-10:00WIB.

Arena tempat bermain di halaman SPS TUNAS MELATI KARASAN.
Arena tempat bermain di halaman SPS TUNAS MELATI KARASAN.
Arena bermain di halaman SPS TUNAS MELATI KARASAN.
Arena bermain di halaman SPS TUNAS MELATI KARASAN.

Demikianlah sedikit informasi tentang SPS TUNAS MELATI yang berada di Karasan, Palbapang, Bantul, Yogyakarta.
Semoga bermanfaat.

 

Advertisements